Saturday, 1 October 2016

Tentang Gunung Surian

Menjelang Sore di Waduk Jatigede
Waduk Jatigede masih dalam tahap pengisisan, Gunung Surian masih utuh belum terendam
By facebook.com/groups/tandang/
Tentang Gunung Surian, Sumedang - Sobat, pernah berkunjung ke Waduk Jatigede Sumedang? Jika iya, sobat pasti akan melihat sebuah pulau kecil di area genangan waduk. Mendatangi bendungan Jatigede dari arah manapun, terutama dari daerah hulu bendungan, gugus daratan tersebut akan terlihat dengan jelas. Daratan tersebut sejatinya bukanlah sebuah pulau, melainkan sebuah gunung yang terendam.

Gunung Surian, adalah nama gunung tersebut. Sebelum bendungan Jatigede diairi, Gunung Surian berwujud sebuah bukit yang berada di sekitaran Desa Jemah, dan berada sangat dekat dengan aliran sungai Cimanuk. Saat Jatigede digenangi, bukit dengan ketingggian 315 meter (menurut data geoview.info) di atas permukaan laut itu tidak terendam seluruhnya. Itu menjadikan kira-kira seperempat bagiannya muncul ke permukaan dan tampak seperti sebuah pulau.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

saya terlibat banget waktu waduk ini menjelang dibangun.
tapi saya belum pernah ngelihatnya langsung, coba.
nah kalo gunung surian saya beberapa kali dengar, tapi ya itu, belum pernah kesana

Haiyu atuh kang kita ke sana bareng-bareng :D


EmoticonEmoticon