Thursday, 19 November 2015

Berwisata Sambil Berobat di Cipanas Cileungsing

cipanas cileungsing
Cipanas Cileungsing, ramai saat musim iburan
Pemandian air panas Cileungsing, pemandian air panas yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi bagi warga Sumedang dan sekitarnya. Ya, pemandian air panas Cileungsing atau Cipanas Cileungsing yang terletak di Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang ini nyatanya memang selalu dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai kabupaten seperti Majalengka, Indramayu, Subang, Cirebon, hingga Karawang.

Pemandian air panas yang terletak di kaki gunung Tampomas, sebelah utara kota Sumedang ini memang menarik karena air yang mengalir di tempat tersebut mempunyai panas alami, bukan panas buatan. Itu terbukti dengan bau belerang yang sangat menyengat. Air panas belerang sendiri dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit utamanya penyakit kulit. Karenanya tak heran jika banyak yang berkunjung ke tempat ini, banyak diantara pengunjung selain bertujuan unyuk wisata, juga mempunyai maksud untuk mengobati penyakitnya.
Alternatif selain berendam air panas
Di sekitaran Desa Cilangkap, mata air panas muncul di lebih dari 10 titik, dimana hampir setiap titiknya dimanfaatkan untuk dijadikan tempat wisata. Namun demikian, pemandian air panas Cileungsing yang juga kerap disebut "Cipanas Cileungsing" ini paling ramai dikunjungi wisatawan, karena selain tempatnya yang strategis, air panas yang mengalir juga terhitung deras. Dengan debit air panas kurang lebih 50 liter perdetik, dan lokasinya yang berada di pinggir jalan, itu jadi daya tariknya. Apalagi air panas yang ada sangat panas terutama yang baru keluar dari mata air. Siapa tak ingin berendam air panas sambil menikmati indahnya pemandangan di kaki gunung?

Sekedar saran, jika sobat berminat untuk berkunjung, sebaiknya hindari hari-hari "nyalse" yaitu hari-hari libur atau hari raya, karena dipastikan tempat ini akan penuh. Jika nekat, ada kemungkinan sobat akan berebut dengan ratusan orang untuk berjejal di tempat yang sama. Tapi jika tak keberatan dengan suasana seperti itu, tentu tidak mengapa. Jika ingin benar-benar nyaman berendam di kolam renang, atau tidak mau mengantri pancuran, sobat bisa datang pada hari kerja, atau malam hari ketika pengunjung tidak terlalu banyak.

*image by IG @cipanas_cileungsing

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.


EmoticonEmoticon