Saturday, 16 July 2016

Megahnya Curug Cibitung, Desa Cikareo Selatan

Curug Cibitung di Desa Cikareo Selatan
(facebook.com/asep.sofian.129?ref=br_rs)
Selamat pagi, siang, sore, malam para pecinta alam. Pada artikel kali ini admin ingin kembali mengajak sobat untuk mengeksplore salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Sumedang. Akan ke daerah mana kita kali ini? Setelah pada artikel terakhir tentang air terjun kemarin kita membahas Curug Cikidang di Kecamatan Ganeas, kali ini kita akan kembali ke Kecamatan Wado, tempat dimana terdapat salah satu curug yang sangat indah bernama Curug Cakra.


Ya, Kecamatan Wado tidak disangka-sangka ternyata memiliki banyak air terjun/curug yang sangat indah. Sayang, keberadaan air terjun-air terjun yang menjadi potensi wisata di kecamatan ini masih kurang terekspose ke luar, padahal, keindahannya tidak kalah, bahkan mungkin lebih indah dari air terjun lain yang sudah sejak lama dikenal sebagai objek wisata di Kabupaten Sumedang, seperti Curug Cinulang atau Curug Gorobog misalnya.

Di Kecamatan Wado, salah satu air terjun indah yang terlihat begitu megah tersebut sala satunya adalah Curug Cibitung, yang terletak di Desa Cikareo Selatan, Kecamatan Wado. Pertama kali melihatnya saja, admin jamin, sobat akan langsung terkagum-kagum! Karena memang air terjun ini terlihat begitu megah ditengah pemandangan yang hijau ranau.

Airnya terjunnya tercurah begitu deras. Jangan heran kalau di tempat ini pendengaran sobat akan sedikit terganggu, karena gemuruh airnya begitu kuat dan mengalahkan suara-suara lain di sekitarnya. Jika ingin mengunjungi curug ini, admin sarankan untuk mengunjunginya di musim penghujan, tentu, agar airnya tercurah lebih besar dan kemegahan air terjunnya lebih terasa. Pada foto di atas, kebetulan debit air terjunnya sedang tidak begitu besar.

Memiliki ketinggian sekitar tiga puluh meter, potensi wisata di Desa Cikareo Selatan Wado ini sebetulnya terhitung mudah dicapai, medan jalannya tidak sulit untuk ditaklukkan. Jika ingin mengunjunginya, patokan pertama yang bisa digunakan adalah kantor Desa Cikareo Selatan-nya sendiri. Dari situ, sobat tinggal mengambil jalan lurus ke arah Cimirun, Cibitung.

Menggunakan kendaraan bermotor, jika sobat mengambil arah yang benar, tidak sampai dua puluh menit dengan kecepatan kendaraan sedang, gemuruh air terjun akan langsung terdengar di kejauhan, pertanda Curug Cibitung ini sudah sangat dekat. Jika sudah begitu, kita tinggal ikuti saja arah suaranya, air terjunnya cukup dekat dengan jalan.

Bagaimana, sobat? Tertarik untuk mengunjungi Curug Cibitung di Desa Cikareo Selatan ini? Jika iya bolehlah langsung dijajal, tapi jangan lupa sopan santun pada alam dan penduduk sekitar, jangan dirusak, jangan dikotori, kita jaga bersama keindahan alam Sumedang ini sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan pemilik semesta alam. Jangan corat-coret, jangan buang sampah sembarangan, kalaulah tak mau dibilang kampungan.

*special thanks to facebook Asep Sofian

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

air terjun yang indah ya kang, kapan bisa kesana nih... (o)

agak beda ya sama curug kebanyakan
bikin saya pengen ke cikareo
dijemput dong


EmoticonEmoticon