Tuesday, 14 June 2016

Curug Cikidang dan Potensinya

Curug Cikidang di Desa Bangbayang, Situraja
(instagram : @subhanmldi)
Selamat pagi, siang, sore, malam para pecinta alam. Pada artikel sebelumnya, admin coba mengajak sobat untuk mengeksplore salah satu air terjun di Desa Bangbayang yang mempunyai keunikan tersendiri, dimana air terjunnya tidak tercurah tapi menyusur batu, Curug Cipelah namanya. Nah, pada kesempatan kali ini, admin ingin mengajak sobat untuk mengeksplorasi “tetangga” dari Curug Cipelah tersebut, ya, di lokasi tersebut memang ada dua air terjun yang bisa dikatakan cukup berdekatan.
Masih di lokasi yang sama yaitu di Desa Bangbayang Kecamatan Situraja, tidak begitu jauh dari Curug Cipelah kita bisa menemukan air terjun lainnya, Curug Cikidang namanya. Curug Cikidang, berbeda dengan Curug Cipelah yang mempunyai aliran air cenderung slow, pelan, Curug Cikidang ini berbentuk air terjun tunggal dengan guyuran air yang deras. Deburan suara khas di dasar air terjun akan sangat terasa di curug ini. Bonusnya, sama dengan di Curug Cipelah, jika beruntung di lokasi curug ini berada sobat akan ditemani burung-burung liar dengan suaranya yang khas. Jika dikembangkan, bukan tidak mustahil kedua curug tersebut menjadi daya tarik atau potensi wisata Desa Bangbayang.

Sobat berminat datang ke lokasi? Rutenya cukup mudah, dari arah kota, dari jalan utama menuju Kecamatan Situraja, sebelum sampai di pusat kecamatan sobat akan menemukan belokan ke arah kanan, belokan tersebut jadi jalan ke Ambit, hingga ke Desa Bangbayang. Patokannya, belokan tersebut menjadi tempat mangkal ojek, jalannya sedikit menanjak. Setelah sampai Bangbayang, untuk memastikan sobat bisa bertanya pada warga dimana letak Curug Cikidang.

Menuju air terjun yang dimaksud, setelah sampai Bangbayang sobat terus saja melanjutkan perjalanan hingga jalan yang bisa dilalui kendaraan mentok. Nanti akan ada dua jalan, nah di sini sobat akan mengambil rute yang berbeda dengan jalan menuju Curug Cipelah. Ya, seperti admin pernah ceritakan sebelumnya, jika kita mengambil jalan sebelah kiri kita akan sampai ke Curug Cipelah, sedang untuk sampai ke Curug Cikidang ini, sobat harus mengambil jalan yang sebelah kanan.

Bagaimana, sobat? Tertarik untuk mengunjungi Curug Cikidang di Desa Bangbayang ini? Jika iya bolehlah langsung dijajal, tapi jangan lupa sopan santun pada alam dan penduduk sekitar, jangan dirusak dan dikotori, kita jaga bersama keindahan alam Sumedang ini sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan pemilik semesta alam. Jangan corat-coret, jangan buang sampah sembarangan, kalaulah tak mau dibilang kampungan.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

wih keren kang. Banyak juga curug di sana, ke sumedang baru ke curug sabuk aja. :)

Terima kasih kang...iya kang, sayang curug2nya kebanyakan belum terekspose


EmoticonEmoticon