Tuesday, 29 December 2015

SMAN 1 Sumedang, Santai, Serius, Sukses

SMAN 1 Sumedang
SMAN 1 Sumedang. Image By : instagram @afuuristagram12
SMA Negeri (SMAN) 1 Sumedang, sekolah menengah atas yang berada tepat di pusat kota Sumedang ini tercatat mulai berdiri sejak awal-awal masa revolusi di Indonesia. Ya, SMA yang menyandang predikat sebagai sekolah lanjutan tingkat atas pertama di Kabupaten Sumedang ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958.

Tidak hanya itu saja, ternyata sekolah ini juga tercatat sebagai sekolah lanjutan tingkat atas ketujuh yang didirikan di Jawa Barat, dan menjadi yang ke kedua puluh tujuh di negara Indonesia pada saat itu. Oleh karenanya, tidak heran jika banyak tokoh yang dikenal sekarang, mulai dari politikus sampai artis asal Sumedang, merupakan alumni dari SMA ini

Karena itu, tidak heran jika sekolah ini menjadi salah satu sekolah lanjutan favorit di Sumedang, ibarat pepatah tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi, begitu pula dengan sekolah ini, rentang umurnya yang lebih tua dari sekolah lanjutan tingkat atas lainnya di Sumedang menjadikannya punya daya tarik tersendiri. Banyak siswa-siswi lulusan sekolah menengah pertama yang berlomba-lomba masuk ke sekolah ini.

Sama seperti SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Sumedang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran untuk kelas reguler, dan dua tahun untuk kelas akselerasi, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Dari tahun ke tahun, meski dengan luas lahan yang relatif terbatas, SMA ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya dari berbagai segi.

Fasilitas yang tersedia di sekolah ini antara lain adalah Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, dan Laboratorium Bahasa. Sedangkan ekstrakulikulernya antara lain adalah Karate, Boxer, Taekwondo, Sepak Bola, Futsal, Basket, Pramuka (ASDS), Paskibra, DKM (Dewan Kemakmuran Mesjid), KIR ADINIRA (Kelompok Ilmiah Remaja), dan PADUS ADINIRA (Paduan Suara).

Bagi para alumni, pasti tidak akan pernah lupa moto belajar di sekolah ini yaitu Santai, Serius, Sukses. Moto tersebut juga terselip dalam Mars SMAN 1 Sumedang yang seringkali dinyanyikan dalam berbagai moment atau event yang diadakan di sekolah. Berikut Mars SMAN 1 Sumedang/SMANSA ;

Wahai pemuda, wahai pemudi
Siswa SMAN 1
Kita selaku generasi muda
Generasi penerus
Berat pertanggung-jawaban kita
Sepanjang masa
Marilah kita giat bekerja
Untuk nusa bangsa
Aturlah waktu untuk belajar
Santai, Serius, Sukses
SMAN 1 Sumedang
Graha Adinira SMAN 1 Sumedang. Image By : plimbi.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

Kalau yang nomor satu biasanya sekolah unggulan. Sekolahnya berdiri dari tahun 1958 berarti sudah meluluskan banyak siswa ya.. sukses selalu buat SMANN 1 Sumedang


EmoticonEmoticon