Wednesday, 23 December 2015

Menjelang Senja Di Gunung Karang

Gunung Karang, Sumedang
Di Sumedang, Gunung Karang merupakan salah satu gunung yang relatif mudah didaki oleh para pegiat alam atau wisatawan minat khusus. Itu karena, gunung yang hanya berketinggian 1.200 meter ini bisa dikatakan lebih mudah dijajal ketimbang gunung-gunung lainnya yang ada di Sumedang, Gunung Tampomas atau Kareumbi misalnya. Dengan mendaki gunung ini, kita bisa menikmati sensasi yang sama dengan mendaki gunung-gunung besar, untuk melihat keindahan dan keunikan alam Sumedang yang seolah tiada habisnya.

Namun meski relatif mudah ditaklukkan, bukan berarti gunung ini biasa-biasa saja. Ya, Gunung Karang ini mempunyai vegetasi hutan yang beragam karena masih satu bentangan dengan Gunung Tampomas, itu pula yang menyebabkan gunung ini seringkali disebut sebagai anak Tampomas atau puncak palsu Tampomas. Fauna yang hidup di gunung ini juga sangat beragam, di sini banyak terdapat banyak binatang asli Tampomas, seperti monyet, lutung, burung pancawarna, dan burung anis. Beberapa binatang mamalia dan reptil lainnya juga masih ada di kawasan ini.

Jika sobat berminat datang ke tempat ini, sobat tidak akan terlalu kesulitan, apalagi bagi sobat yang pernah melihat galian pasir di Cibeureum pasti sudah sedikit punya gambaran tentang jalannya. Ya, rute jalan menuju Gunung Karang Sumedang bisa ditempuh dari situ. Setelah melewati Galian C di Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, maka akan ada hutan pinus, dari situ sobat tinggal menuju arah utara dan langsung akan menemukan jalan setapak menuju Gunung Karang. Dari situ, hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai ke puncak dan bersiap menapaki jalur boulder atau batu besar yang memang menjadi salah satu daya tarik Gunung Karang ini.

Photo By @adena_ture

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.


EmoticonEmoticon