Friday, 27 November 2015

Ujung Jaya Sumedang Lautan Trail

Ujung Jaya Sumedang Lautan Trail
Ujung Jaya Sumedang Lautan Trail. Image By : news.motorplus-online.com
Hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 22 Novembeer 2015 besamaan dengan digelarnya lomba Pacuan Kuda di Kecamatan Sumedang Utara, di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujung Jaya juga digelar perhelatan besar berupa gelaran Adventure Trail. Gelaran itu terbilang mengejutkan, karena tanpa diduga-duga, Event yang diadakan oleh Trail Medang Kahiang (TMK) bertajuk Hajatan Trail Medang Kahiang (TMK) 2015 itu dibanjiri ribuan adventurer, total sekitar 1.600 trail adventurer hadir pada acara itu.

Kehadiran 1.600 biker penjelajah alam bebas dengan motor trailnya itu menjadikan Ujung Jaya Sumedang sebagai lautan trail !! Moment yang bisa dibilang luar biasa dan jarang terjadi di Sumedang. Hebatnya, perhelatan ini diadakan oleh kalangan masyarakat desa sendiri sebagai penyelenggara. Karena animo warga yang cukup besar terhadap olahraga ini, itu bukanlah hal yang mustahil.

Pada event ini, selain doorprize yang disediakan berupa 1 unit mobil Vitara, 3 unit motor jenis matic, 3 kulkas, 3 TV, dan puluhan doorprize lain, para peserta juga diberikan kejutan di sepanjang jalur lintasan area, karena area yang dilalui sarat akan nilai-nilai edukasi, yaitu sejarah Sumedang di masa lalu.

Ya, jalur lintasan sepanjang 50 km yang melalui Cisaat, Buyut, Jakim, Cipeuteuy, Batununggal, Rangkong dan Kondang itu merupakan lintasan yang penuh dengan nilai historis, yaitu sejarah tentang peninggalan Kerajaan Medang Kahiyangan (252-290 M) dan Kerajaan Gunung Karang Padjajaran yang dipimpin seorang ratu perempuan bernama Ratu Dewi Imbang Rasa. Itu tentu membuat event ini semakin mengasyikkan bagi para adventurer, dan menambah kepuasan mereka ketika melibas jalur yang penuh tantangan di sepanjang lintasan itu.

Atusiasme para bikers dalam event tersebut memperlihatkan, Desa Cibuluh khususnya dan Kecamatan Ujungjaya umumnya memiliki potensi yang besar bagi pengembangan jenis olahraga motor trail ini, atau dengan kata lain, wilayah itu merupakan wilayah potensial yang layak investasi bagi para investor yang bergelut di bidang olahraga motor trail.

Ditambah lagi, daerah Ujungjaya akan semakin ramai jika proyek-proyek besar seperti tol Cisumdawu, Bandara Internasional Kertajati di Majelangka, Waduk Jatigede, dan jalan rel kereta api jalur Bandung-Cirebon telah selesai dikerjakan, karena semua proyek tersebut sangat dekat dengan wilayah kecamatan Ujung Jaya, belum lagi kawasan Ujung Jaya memang direncanakan akan dijadikan kawasan Industri oleh Pemkab Sumedang.

Jika semua proyek pembangunan nasional itu sudah selesai dikerjakan, uga Ujung Jaya jadi Nagara sepertinya akan benar-benar terwujud, Ujung Jaya jadi negara, dalam artian Kecamatan Ujungjaya akan berkembang pesat menjadi Kota Metropolis Khusus, kota besar yang menjadi pusat bisnis di perbatasan Sumedang dengan Majalengka dan Indramayu. Dan itu tentu, juga menjadi peluang bagi olahraga motor trail di Kecamatan Ujung Jaya untuk terus berkembang.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

4 komentar

motornya keren2 kang ,,,, mantap tuh bisa b\gbung dg bikers mania ... :D

Hadiahnya itu lo ,kok keren tenan. Itu peserta ditarikan uang pendaftaran kagak ?
Pesertanya sampai ribuan , salut untuk panitianya yang sukes menyelenggarakan event seperti ini.

sama saya salut gak? kalau saya keren gak? hhe


EmoticonEmoticon