Wednesday, 21 October 2015

Suatu Sore di Waduk Jatigede

Menjelang Sore di Waduk Jatigede
Menjelang Sore di Waduk Jatigede
Gambar di atas merupakan photo Pemandangan Waduk Jatigede yang masih dalam proses penggenangan, semenjak resmi digenangi pada tanggal 31 Agustus 2015. Waduk Jatigede, waduk yang dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang ini sebenarnya pembangunannya telah direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Namun karena banyak mendapat tentangan dari masyarakat sekitar, pembangunannya pun dibatalkan. Baru kemudian pada tahun 1990-an, rencana pembangunan Waduk Jatigede ini kembali mengemuka.

Langkah pertama yang dilakukan oleh pemerintah adalah merelokasi masyarakat yang tinggal di wilayah calon genangan. Relokasi pertama dilakukan pada tahun 1982. Tapi setelah itu, pembangunannya pun tersendat kembali hingga waktu yang lama dan baru bisa terealisasi penggenangannya tanggal 1 Agustus 2015. Dengan demikian, waduk yang menjadi waduk terbesar ke-2 di Republik Indonesia ini merupakan waduk dengan masa pembangunan terlama di dunia semenjak direncanakan sampai terealisasi.
Melihat Genangan Waduk Jatigede Dari Ketinggian.
Image By : instagram @sang_aero

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

9 komentar

senja yang temaram karena matahari mulai tenggelam berdiri di sudut waduk Jati gede, sambil merenungkan nasib yang merana karena sang kekasih hati telah di rebut prialain memang menelangsakan hati pisan ya kang

eta foto gabogoh anu anyar nyak?

kenalan donk ama cewe yg di photo itu ,,,,hihihihihihihi Pissssss ,,,,

wah..wah.. piraku Mang ? ... lain ah jigana mah... :D hehehe

Saya tahunya baru Waduk Jatiluhur saja kang hehehee... blm tahu Waduk Jatigede :D

Iya, itu foto kabogoh batur nu anyar tauk :D

Kenalan sama saya aja dulu ya mas, hhe..

Iya kang, sepertinya itu wajar, karena memang waduknya juga belum betul-betul jadi kang...belum terisi penuh :)


EmoticonEmoticon