Tuesday, 20 October 2015

Opak Cimanggung, Camilan Lintas Zaman

Opak Cimanggung, Oleh-oleh Khas Cimanggung
Image By :
 republika.co.id
Opak, bagi sobat warga Jawa Barat  tentu tidak asing lagi dengan makanan ringan khas daerah Priangan yang satu ini, opak. Ya, opak yang digolongkan sebagai makanan ringan atau camilan ini memang menyebar dan digemari di hampir seluruh pelosok Jawa Barat, khususnya di daerah Priangan. Di Sumedang pun, terdapat beberapa daerah yang mempunyai hasil produk unggulan dari camilan khas yang mempunyai rasa yang gurih ini, salah satunya adalah Kecamatan Conggeang dengan salah satu opaknya yang terkenal yaitu Opak Oded.

Selain Kecamatan Conggeang, di Sumedang, Kecamatan Cimanggung adalah tempat berikutnya yang mempunyai produk unggulan dari cemilan bernama opak ini. Di Kecamatan Cimanggung, produk unggulan makanan ringan berbentuk bulat pipih yang lekat dengan tekstur renyah dan rasa yang gurih ini dikenal dengan nama Opak Cimanggung. Dan sama halnya seperti opak dari Conggeang, meski dibuat dari beras ketan, sebagai makanan ringan tentu Opak Cimanggung tidak akan begitu mengenyangkan meski dimakan dalam jumlah yang banyak.

Opak Cimanggung banyak dijual di Jalan Raya Cicalengka - Nagreg, tepatnya di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, Ya, karena Kecamatan Cimanggung merupakan salah satu daerah di Sumedang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung. Di tempat ini, sobat bisa melihat toko-toko berjejer di pinggir jalan menjajakan berbagai camilan tradisional, dimana salah satu camilan tradisional yang bisa sobat jumpai di sini adalah opak ketan Cimanggung.

Dan karena itulah, meski opak ini berasal dari Cimanggung yang notabene masih termasuk daerah Sumedang, Opak Cimanggung justru lebih mudah dijumpai di toko-toko di Kabupaten Bandung dan pinggiran Jalan Raya Cicalengka-Nagreg (Kabupaten Bandung), daripada di pusat Kabupaten Sumedangnya sendiri.

Makanan ringan ini juga dapat ditemukan di kawasan Terminal Leuwi Panjang dan Pasar Kosambi, Kota Bandung. Dan seperti kebanyakan opak dari daerah lainnya, Opak Cimanggung juga menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen di acara-acara hajatan, ia selalu dipesan jika akan ada acara hajatan di sekitaran daerah Cimanggung. 

Cara pembuatan Opak Cimanggung sebetulnya relatif sama dengan cara pembuatan opak pada umumnya, yaitu dibuat dari beras ketan yang ditanak, lalu ditumbuk sampai halus. Yang membedakannya dengan opak ketan biasa adalah kualitas bahan yang digunakan, dimana Opak Cimanggung, menggunakan beras ketan yang benar-benar dipilih dengan baik, dan tidak bercampur dengan beras biasa.

Selain itu, santan kelapa yang dipakai untuk membuat Opak Cimanggung adalah satu banding satu (untuk satu liter beras ketan yang dipakai membutuhkan satu buah kelapa), sementara opak yang lain tidak menggunakan santan, biasanya hanya menggunakan kelapa parut. Tumbukan berasnya pun diusahakan sehalus mungkin, sangat halus. Kesemua faktor tesebut tentu sangat mempengaruhi hasil akhirnya nanti ketika opak sudah dibakar, ini yang menjadikan kualitas Opak Cimanggung lebih bagus dibanding opak dari daerah lain.

Ada kisah membanggakan dibalik keberadaan Opak Cimanggung ini, yang menarik, kisah tentang Opak Cimanggung ini memberikan sedikit gambaran pada kita bahwa ia sudah ada sejak zaman kerajaan dulu. Ini berarti, kuliner ini tetap terjaga eksistensinya dari zaman dulu hingga sekarang, dan ia, Opak Cimanggung, sudah menjadi makanan ringan lintas zaman yang tetap eksis hingga saat ini.

Dikisahkan, saat Sumedang masih berstatus sebagai sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Sumedang Larang, makanan berbahan dasar beras ketan yang lekat dengan rasa gurih ini dulunya merupakan penganan favorit raja dan para pangeran di kerajaan tersebut. Sehingga dulu, makanan ringan ini biasa disajikan di istana setelah sebelumnya khusus dipesan dari daerah yang sekarang bernama Cimanggung.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

Opak Cimanggung emang aje gile banget kang, sejak jaman minum susu sampai kuda narik delman opak Cimanggung tetap saja namanya Opak Cimanggung..hehe


EmoticonEmoticon