Saturday, 24 October 2015

Memandangi Tampomas

Photo Gunung Tampomas Dari Perbatasan Kabupaten
Photo Gunung Tampomas Dari Perbatasan Kabupaten
Gunung Tampomas, merupakan gunung yang sangat melegenda di Kabupaten Sumedang, ia menyimpan berbagai cerita, baik cerita rakyat maupun sejarah. Gunung ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif, karena dulunya merupakan gunung berapi, tidak heran tanah yang berada di sekitar gunung ini sangat subur dan penuh dengan keanekaragaman hayati, dan juga kaya akan sumber daya pasir. Sayang, karena itu pulalah gunung ini banyak dieksploitasi dan menyebabkan berbagai kerusakan di sebagian besar kaki gunungnya.

Dengan ketinggian 1684 meter mdpl dan letaknya yang berada di tengah-tengah Kabupaten Sumedang, yaitu berdiri di atas beberapa kecamatan (Kecamatan Cimalaka, Kecamatan Conggeang, Kecamatan Paseh, Kecamatan Buahdua, dan Kecamatan Tanjungkerta) menjadikannya tampak gagah berdiri sebagai benteng alam Sumedang. Oleh karenanya, gunung yang menjadi favorit para pendaki dan pecinta alam ini bahkan masih dapat terlihat dari Kabupaten lain, seperti gambar di atas merupakan photo pemandangan Gunung Tampomas yang diambil dari Gunung Kareumbi di perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

Gunung Kareumbi mah atuh caket sareng bumina Mang Lembu nya Kang ? ... ah.. boa2 Kang Jery sareng Mang Hadi teh Salembur nya hehehee

Memang salembur kang, orang Sumedang, tapi beda Kecamatan :D
Iya kang, Gunung Kareumbi luas sekali, membentang dari Pamulihan sampai Cimanggung, bahkan sampai Garut dan Bandung...


EmoticonEmoticon