Wednesday, 23 September 2015

Pisang dan Petai, Hasil Pertanian Unggulan Kecamatan Surian

Pisang, Hasil Pertanian Unggulan
Dari Kecamatan Surian
Kecamatan Surian merupakan kecamatan yang berada di ujung di Kabupaten Sumedang, ia berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu. Lokasinya yang berada jauh dari pusat Kabupaten Sumedang di Kota Sumedang, ditambah dengan keadaan infrastruktur jalan yang buruk menjadikan Kecamatan Tanjungmedar ini jarang terekspose. Kendati demikian, sebenarnya kecamatan ini mempunyai potensi pertanian yang sangat bagus, bahkan sudah memiliki hasil pertanian unggulan.

Kecamatan Surian mempunyai hasil pertanian yang cukup beraneka ragam, beberapa diantaranya yang diunggulkan adalah pisang dan petai.  Pisang banyak dipilih petani untuk ditanam karena berbuah sepanjang musim, sedangkan petai dipilih karena masyarakat banyak yang suka. Selain dijual di Sumedang, hasil pertanian tersebut juga dijual ke beberapa daerah di kabupaten lain.

Salah seorang petani dari Dusun Ciri, Desa Surian, Kecamatan Surian, yaitu Wasim mengatakan, mengingat hasil pertanian berupa pisang (kapas, cere, raja, ambon, dan lainnya) mudah rusak, hasil pertanian tersebut hanya dijual ke tempat terdekat yaitu Kabupaten Subang. Sementara untuk petai selain dijual ke Kabupaten Subang juga dijual ke Indramayu, Bandung, dan Sumedang sendiri. 

“Sayangnya, petai panennya satu tahun sekali, jadi kita terhitung jarang  ke Sumedang, padahal Sumedang rumah kami sendiri,” kata Wasim.

Wasim menambahkan, tanah di Kecamatan Surian yang relatif lebih subur dari tempat lainnya di Kabupaten Sumedang menjadikannya kaya akan hasil pertanian. Saking suburnya tanah, petani tidak harus memakai pupuk untuk menanam tanaman jenis apapun. 

“Kecuali untuk petani yang berada, mugkin sekali-sekali pakai pupuk juga,” tambah Wasim.

Menurut Wasim, tanah yang subur di Kecamatan Surian tersebut menjadikannya potensial untuk dikembangkan. Petani yang menggunakan alat-alat konvensional saja bisa mengembangkan berbagai produk pertanian, apalagi jika tanahnya digarap dengan sungguh-sungguh dan menggunakan sistem pertanian modern. Letak Kecamatan Surian yang relatif sulit dijangkau dari Sumedang (kota) karena jarak tempuh yang jauh dan infrastruktur jalan yang buruk menjadikan hal tersebut sulit terwujud.

“Sepertinya sulit (mewujudkan hal itu), sekarang saja kita seringnya jual pisang dan petai ke Subang dan Indramayu karena akses jalannya lebih bagus dan lebih dekat ketimbang ke Sumedang. Petaninya juga bergerak sendiri-sendiri, tidak terorganisir dalam kelompok-kelompok tani,” pungkas Wasim

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

kecamatan Surian yang bersebalahan dengan Kabupaten Subang memang memiliki potensi Pisang dan petai yang luar biasa, apalagi jika pada musim panen raya petai semua petai yang ada di subang dan sumedang dipasok dari kecamatan surian

Penggemar petai pasti hapal hal tersebut ya kang...hhe


EmoticonEmoticon