Saturday, 1 August 2015

Berwisata Ke Kampung Toga

Wisata Keluarga di Kampung Toga
Wisata Keluarga di Kampung Toga
Kampung Toga, merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sumedang. Pada hari minggu ataupun pada moment-moment liburan tertentu seperti libur Idul Fitri, tempat ini hampir selalu diserbu pengunjung. Tidak heran, karena selain letaknya dekat dengan pusat kota, akses menuju ke tempat wisata ini juga sangat mudah.

Jaraknya yang hanya sekitar 2 km dari pusat kota ke arah selatan, memungkinnya dijangkau bahkan oleh mereka yang hanya melintas di kota Sumedang. Tempatnya tidak begitu jauh dari jalan utama, villa-villa nya pun bahkan sudah bisa dilihat dari jalan raya. Tak hanya itu, jika ada wisatawan yang belum mengetahui Makam Cut Nyak Dien dan akan berwisata ke tempat wisata ini, maka secara otomatis akan langsung mengetahui letak Makam Cut Nyak Dien, karena akses jalan ke Kampung Toga ini satu jalur dengan ke Gunung Puyuh, tempat Cut Nyak Dien dimakamkan.

Sebenarnya, Kampung Toga tidak terdiri dari satu tempat wisata, namun terdiri dari beberapa tempat wisata atau istilahnya adalah kawasan wisata terpadu. Di kawasan wisata terpadu ini, tersedia berbagai macam fasilitas rekreasi, uniknya semuanya ditunjang oleh suasana pedesaan khas bumi Parahyangan yang hijau dan asri, sesuai dengan konsep Kampung Toga sebagai kawasan wisata berwawasan lingkungan. 
Salah satu Kolam Renang Kampung Toga
Salah Satu Kolam Renang Kampung Toga
Beberapa fasilitas wisata yang bisa dinikmati diantaranya adalah kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, lesehan, sampai tempat pertemuan (meeting), dan ruang terbuka. Selain itu, di kawasan ini juga dilengkapi fasilitas outbond berupa olah raga dirgantara seperti paralayang dan gantole. Bagi yang ingin menjelajahi lebih jauh, di daerah ini juga kita bisa mengunjungi Curug (air terjun) Sabuk, Curug Haurlawang, Benteng Belanda Pasirlaja, Benteng Belanda Pasirkolecer, dan Makam Cut Nyak Dien seperti yang telah disebutkan tadi.

Lekatnya ciri khas bumi Parahyangan bisa dilihat dalam beberapa hal, pertama tentu pada kontur kawasan tempat wisatanya. Tempat wisata ini dibangun di atas bukit, sehingga dibangun seolah bertrap-trap dan untuk menjelajahi satu tempat dan lainnya kita diharuskan untuk mendaki. Bahkan untuk kolam renang pun tidak terdiri dari satu tingkat, tapi terdiri dari beberapa kolam renang yang dibangun dalam lahan bertrap-trap, mirip sawah terasering yang bertingkat dengan sengkedannya. 

Ciri khas kedua, keadaan alam yang hijau, ya, selain kawasan wisatanya yang memang sudah "hijau", dari atas puncak bukit Toga ini kita bisa melihat hamparan pesawahan, perkebunan dengan panorama khas tatar Sunda, dan dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Sumedang, sebuah paduan yang sempurna. 
Villa Kampung Toga Sumedang
Image By : kampungtoga.com
Sedikit naik ke puncak bukit Toga, keluarga yang ingin bersantai bisa mencoba memancing di danau buatan di atas bukit, mancing bersama keluarga di atas perahu tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Danau buatan ini dikelilingi kebun buah-buahan, dan juga sebuah taman yang terdiri dari Tanaman Obat Keluarga, karena sejatinya nama Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.

Dan, tentunya semua pemandangan akan lebih berkesan jika bisa menikmatinya dari ketinggian, dengan olah raga dirgantara berupa paralayang tentunya pemandangan yang bisa dilihat akan lebih menarik lagi, tidak usah takut, karena disini juga telah disiapkan trainner yang berlisensi bagi mereka yang ingin belajar paralayang dan Master Tandem untuk mereka yang sekedar ingin menikmati indahnya panorama Kampung Toga dari udara.

Lelah berpetualang atau capek setelah kukucuprakan bermain air ? bisa langsung coba memesan menu ala Parahyangan, ya,  karena disini juga tersedia aneka makanan dan minuman ala bumi Parahyangan yang disajikan di saung lesehan bernuansa alam terbuka. Masih capek ? malas pulang ? dengan dilengkapai fasilitas 20 buah villa berbagai tipe, tentu bisa juga kalau mau langsung menginap disini.

Bermottokan One Stop Adventure, Kampung Toga memang menyajikan beraneka ragam kegiatan wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung, mulai dari wisata di darat, air,sampai dengan udara. Bagi Sobat yang ingin mencoba petualangan wisata di Kampung Toga ini, bisa datang langsung ke jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan.
Kegiatan Paralayang di Kampung Toga
Image By : 
m.inilah.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

7 komentar

beberapa kali pernah berwisata ke kampung Toga nan indah permai dengan pemandangan menakjubkannya kang, malah waktu pacaran di Toga inilah pertama kali bisa mencium bibir sang pacar yang kini telah jadi ibue si GeoTroy...karena suasan Toga, bibirnya jadi terasa sangat manis kaya madu kang, maklum beliau suka makan Ubi MADU Cilembu sugan mah ya....

Saya orang Subang belum pernah sama sekali berwisata ke Kampung Togo Kang Jery. kalau Mang Lembu mah orang situnya kalau gak kesitu mah berarti kebangetan deh hehhe :D

Orang Sumedang versus Orang Sumedang. jadi hapal betul nuansa dan keindahan tempat wisata Kampung Togo nya ya Kang+Mang? Kalau saya gak tau apa apa cuma mlongo.. lalu saya mesti ngomnong apa lagi coba Mang..? wow gitu ..? hehhe salam silaturrahimKang Jery kumaha kabar na meuni pleng teu aya warta sareng beja :)

Pengalaman kang cilembu itu...haddeuh...

Salam juga kang karrys, kabar baik, kumaha sawalerna ? iya nih kamana aja atuh :)

Kesini atu geura kang, nanti ditemenin wisata ke kampung toga :)

Keren euy, bangga jadi orang sumedang. :D

Pastinya kang, harus itu mah atuh :)


EmoticonEmoticon