Thursday, 23 April 2015

Curug Cipadayungan Dan Potensinya

Pengunjung Sedang Mandi di Curug Cipadayungan
Curug Cipadayungan Belum Ditata Dengan Baik
Curug Cipadayungan merupakan air terjun yang berukuran relatif kecil yang berada di dekat Bumi Perkemahan Cipadayungan, Curug Cipadayungan dan Bumi Perkemahan Cipadayungan sendiri berada dalam satu lingkup wana wisata,  yaitu Wana Wisata Cipadayungan. Curug Cipadayungan sedari dulu dipercaya  mempunyai daya tarik wisata, kendati demikian hal tersebut sampai sekarang belum dimaksimalkan. Bagaimana keadaan Curug Cipadayungan sekarang ?? Berikut ulasannya

Sangat sejuk, itulah kesan pertama yang Admin rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di dekat air terjun ini berada, udara sejuk bercampur dinginnya uap air yang berhamburan kesegala penjuru membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Curug Cipadayungan, begitulah nama curug/air terjun ini biasa disebut, disebut Curug Cipadayungan karena air terjun ini berada dalam kawasan Wana Wisata Cipadayungan.

Salah seorang warga sekitar, Abah Dewa (70) mengatakan bahwa pada akhir pekan Curug yang berada di Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka ini biasanya ramai didatangi oleh pengunjung. Pengunjung yang datang biasanya adalah mudi mudi yang sedang menghabiskan waktu senggangnya. “Setiap sore itu banyak yang datang, apalagi hari Sabtu dan Minggu, itu banyak sekali yang main kesini,” kata Abah.

Pengunjung yang datang ada yang hanya sekedar ngobrol-ngobrol di lokasi, dan banyak juga yang mencoba mandi di air terjun. Tak jarang pengunjung datang hanya untuk mandi, lalu pulang lagi, hal tersebut dikarenakan banyak yang percaya bahwa guyuran air terjun di Curug Cipadayungan mempunyai efek pengobatan.

Pengunjung Mandi di Curug Cipadayungan
Pengunjung Melakukan Terapi di Curug Cipadayungan
“Banyak yang percaya bisa mengobati stroke, sakit badan, pegal-pegal, dan lainnya. Bukan karena alasan mistis, tapi ketinggian guyuran airnya dirasa pas, dan itu enak sekali pas kena badan, seperti dipijit-pijit, jadi bisa dipakai terapi,” jelas pria yang sehari-harinya menyapu dan membersihkan kawasan curug ini. Abah mengaku, setiap harinya dirinya membersihkan kawasan curug secara sukarela.

Selain mempunyai keunikan untuk pengobatan, suasana dan  pemandangan kebun pinus di sekitar curug juga sangat indah. Menurut Abah, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Curug Cipadayungan untuk bisa dikembangkan menjadi objek wisata. “Kalau ditata dan dikembangkan, bukan tidak mungkin ini bisa menjadi objek wisata andalan, curug atau air terjunnya memang relatif kecil, tapi toh Curug Ciputrawangi juga sama, curugnya relatif kecil tapi bisa terkenal dan jadi objek wisata andalan di Sumedang,” ujar Abah.

Wana Wisata Cipadayungan merupakan milik dan berada dalam pengelolaan Perhutani, namun demikian pengelolaan dirasa tidak maksimal dan terkesan dibiarkan begitu saja. Dengan demikian potensi yang ada tidak benar-benar dimanfaatkan. Jika Wana Wisata Cipadayungan dimaksimalkan sebagai objek wisata, akan berimbas juga pada peningkatan perekonomian penduduk. Untuk sampai ke Curug Cipadayungan, jika dari arah kota Sumedang tinggal naik Angkutan Perdesaan Sumedang - Citimun (mobilnya warna kuning), lalu turun di pertigaan Pasar Citimun, selanjutnya tinggal mengikuti jalan menuju Desa Padasari, Wana Wisata dan Curug Cipadayungan akan ditemui di tengah perjalanan menuju Desa Padasari.

“Kita sangat ingin mengembangkan ini (menjadi objek wisata), tapi ini milik Perhutani dan kami tidak punya akses untuk dialog kesana. Lagipula di plang namanya sudah tertulis ‘Wana Wisata Cipadayungan’ kan ?? sayang kalau tidak dikembangkan menjadi objek wisata,” pungkas Abah.

*********

Air terjun/curug di Wana Wisata Cipadayungan yang terletak di Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka, menyimpan potensi pengobatan. Air terjun yang tidak terlalu besar dengan curahan airnya yang tidak terlalu deras dirasa pas untuk terapi pengobatan. Beberapa orang mengaku sudah berhasil melakukan terapi di tempat tersebut.

Kegiatan Kemah di Wana Wisata Cipadayungan
Kegiatan Kemah di Wana Wisata Cipadayungan
Salah satunya adalah H. Ir. Sukarna, Sukarna mengatakan dirinya sekarang rutin melakukan terapi guyuran air terjun di Curug Cipadayungan. Dengan rutin melakukan terapi guyuran air terjun, kondisi badannya dirasa makin fit. “Alhamdulillah, dulu badan saya sering pegal-pegal, bolak-balik berobat ke dokter pun tidak sembuh-sembuh, tapi semenjak melakukan terapi disini kondisi badan saya berangsur membaik,” kata Sukarna.

Sukarna menambahkan, untuk mendapatkan manfaat dari terapi air terjun, pasien harus melakukannya secara rutin, minimal lima kali terapi. Derasnya curahan air terjun membuat badan terasa dipijit-pijit. “Minimal lima kali lah dalam satu bulan, kalau kedepannnya dilanjut seminggu sekali itu lebih baik lagi, tidak perlu lama-lama, cukup sepuluh menit sekali terapi, badan pasti terasa lebih segar,” ujar pria asal Ciater, Desa Galudra itu.

Sukarna mengaku, bahkan dirinya pernah membawa temannya yang pernah terkena stroke untuk melakukan terapi di curug tersebut. Hasilnya cukup memuaskan, kondisi badan pasca strokenya berangsur membaik. “Lihat saya juga sebagai buktinya, sudah 83 tahun tapi masih segar, masih kuat olahraga dan lain-lain, berkat rutin terapi disini,” tukas Sukarna.

Namun demikian, Sukarna mewanti-wanti bahwa hakikatnya kesembuhan datangnya dari Allah. Terapi apapun termasuk terapi air terjun seperti yang dilakukannya hanyalah sebagai media saja. “Yang penting kita yakin dulu (bakal sembuh), dan niatkan berobat karena Allah dengan mengucap Bismillah,” pungkas Sukarna.

*Diterbitkan di Harian Sumedang Ekspres, 19 dan 21 April 2015

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

8 komentar

cocok banget, jadi nggak hanya sekedar kemah, bisa mandi sepuasnya di curug..
masih terlihat alami, curugnya tidak terlalu tinggi tapi air jernih, pasti segerr banget

siang-siang guyuran di air terjun , ehm maknyesss banget

seger sampai bikin beku badan rasanya mas :)) tapi udahnya sih malah jadi enak ke badannya

curug cipadayungan bagus juga ya.pasti suasananya adem ya mas? hehe

Curug Cipadayungan masih di wilayah sumedang ya.. Ternyata di sumedang banyak curug atau air terjunnya ya..

iya mas, banyak, sayangnya banyak juga yang belum terekspose


EmoticonEmoticon