Friday, 20 March 2015

Berwisata Ke Saung Cibingbin

Saung Cibingbin
Saung Cibingbin
Image By :
 panoramio.com/photo/41006869
Saung, sobat tahu apa itu saung ?? Dalam bahasa Sunda, saung adalah nama bangunan non permanen yang berbentuk seperti rumah atau gubuk kecil, yang biasanya berada di sawah atau kebun-kebun. Di daerah priangan, biasanya saung kebanyakan berbentuk sederhana terbuat dari kayu, bambu, dan daun kelapa kering sebagai atapnya, biasanya ia dijadikan tempat istirahat para petani disela kegiatannya bercocok tanam di sawah atau ladang.

Seiring perkembangan zaman, bangunan sederhana yang bernama saung ini juga bertransformasi dari segi bentuk, bahan, warna dan lainnya sehingga memberikan kenyamanan lebih, dan keberadaannya pun sekarang tak melulu ada di pinggiran sawah karena sekarang banyak cafe, rumah makan, bahkan hotel yang mengambil konsep saung dalam bentuk bangunannya guna memberikan nuansa yang berbeda kepada para pengunjung.

Pemandangan di Saung Cibingbin
Pemandangan di Saung Cibingbin
Konsep tersebut rupanya diadaptasi juga oleh Saung Cibingbin yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sumedang, ya, Saung Cibingbin adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Sumedang yang mengambil konsep saung dalam bangunannya. Tujuannya tentunya untuk memberikan nuansa alam yang asri kepada pengunjung, apalagi saung Cibingbin ini berada di dataran tinggi dengan nuansa alam yang hijau dan berada tepat dipinggiran sungai.

Saung Cibingbin berada di desa Citengah kabupaten Sumedang, letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang membuat Saung Cibingbin ini ramai pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan dan hari libur nasional, kebetulan admin berkunjung kesini pas hari kerja jadi suasana terlihat sepi. Admin perkirakan, Saung Cibingbini jaraknya kira-kira 7 km-an dari pusat kota dan bisa dijangkau dengan waktu kurang lebih 15-30 menit dari alun-alun Sumedang. Barangkali sobat masih ingat beberapa waktu yang lalu admin sempat menceritakan tentang perkebunan teh yang ada di Sumedang yaitu perkebunan teh Margawindu, nah Saung Cibingbin ini lokasinya berada tepat sebelum daerah perkebunan teh tersebut, jadi kalau mau kita bisa mengunjungi kedua tempat wisata itu dalam satu waktu.

Salah Satu Menu Makanan di Saung Cibingbin
Saung Cibingbin mengambil konsep wisata alam, mulai dari wana wisata sampai wisata air, ini yang menarik menurut admin yaitu Saung Cibingbin menjadikan sungai sebagai penarik pengunjungnya. Kelihatannya sederhana, namun inilah yang banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesini karena hal tersebut memberikan nuansa yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata lainnya.

Disini, pengunjung bukan hanya bebas bermain air di kolam renang tapi juga bisa bermain air di sungai yang dangkal dan berarus tidak telalu deras, ini tentunya memberikan pengalaman berbeda dalam berwisata bagi pengunjung. Kuliner yang disediakan pun mendukung hal tersebut, mulai dari ikan bakar yang berasal dari ikan segar yang mendadak ditangkap, dibersihkan, dan dibakar ketika pengunjung memesan, pasak jengkol, sambal, dan lainnya yang kesemuanya mendukung susana alam yang disajikan...bayangkan saja sensasi makan ikan bakar dengan nasi liwet dan sambal yang pedas di pinggir sungai,ditengah udara yang segar dan dingin, hmmmm pasti membangkitkan selera.

Sayangnya, sewaktu admin berkunjung kembali kesini setelah terakhir berkunjung beberapa tahun lalu, sepertinya sudah banyak yang berubah dari tempat ini, tempat wisata ini sudah tak serapi dan sebersih dulu, namun meski begitu masih tetap banyak pengunjung yang datang untuk beristirahat disini, bisa dibayangkan kalau keadaannya dimaksimalkan. Hanya satu hal yang belum berubah ketika admin berkunjung kembali kesini yaitu akses jalan yang rusak lumayan berat menuju lokasi, padahal di daerah Cibingbin ini terdapat beberapa objek wisata Sumedang yang sangat potensial untuk menarik pengunjung seperti kebun teh dan Curug Gorobog yang pernah admin ceritakan dulu.

Lihat : Curug Gorobog, Curug Bertingkat Tiga

Saung Cibingbin
Suasana Sekitar Saung Cibingbin

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

5 komentar

Kang, saung Cibingbin ini mirip dengan kampung daun di Lembang ya? Kaya nya bagus tuh tempatnya kalau lihat foto yang ditampilkan..

adik saya pernah ke saung, kalau saya hanya pernah lihat, belum pernah istirahat di saung, sekarang saung sudah menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, itu gambar saungnya bagus, dibawahnya ada sungainya :)

Pemandangannya Indah, menu makanannya juga menggiurkan...

:>)

Di Jogja sini ada beberapa warung bubur kacang ijo yg pake nama saung, Mas. Salah satunya Saung Ngariung. Itu tempatnya di pinggir jalan, tapi diapit sama sawah, hehe....

Maaf admin, saya dari pihak SAUNG CIBINGBIN sumedang, untuk postingan ini mohon segera di hapus, di karnakan SAUNG CIBINGBIN sumedang pindah lokasi dengan suasana baru..trima kasih.


EmoticonEmoticon