Sunday, 25 January 2015

Sasakala Gunasari

Desa Gunasari
Pemandangan di Desa Gunasari, Sumedang
Gunasari adalah nama sebuah desa di Kecamatan Sumedang Selatan, letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Sumedang. Meski demikian, desa ini terletak di ketinggian dan mempunyai pemandangan berupa hamparan pegunungan yang sangat indah, sungai yang jenih mengalir menghias desa, udaranya sejuk seperti di desa-desa pada umumnya. Di Sumedang, desa ini terkenal dengan hasil mebelnya, bahkan, mebel hasil kreasi para pengrajin di desa ini sudah merambah pasar luar negeri, salah satunya Singapura, mebel Gunasari memang dikenal mempunyai kualitas yang bagus.

Seperti nama-nama tempat pada umumnya, Desa Gunasari juga mempunyai cerita asal-usul terbentuknya nama desa, cerita tersebut berasal dari cerita rakyat yang diwariskan secara turun menurun. Berikut adalah Sasakala Gunasari, yang merupakan cerita rakyat tentang lahirnya nama Gunasari

Sasakala Gunasari

Diceritakan, di sebuah desa ada seorang gadis yang terkenal sangat cantik, gadis tersebut bernama Nyi Sari, saking cantiknya, dirinya menjadi kembang desa di kampungnya. Perawakan Nyi Sari tinggi semampai dengan wajah yang sangat cantik, kulitnya kuning langsat. Singkatnya, Nyi Sari adalah sosok idaman bagi kebanyakan jejaka. Tapi, Nyi Sari mempunyai satu sifat buruk, yaitu dirinya sangat sombong.

Namun, walaupun Nyi Sari bersifat sombong, tetap banyak pemuda yang suka padanya dan ingin memperistrinya, kalau sampai ada pemuda yang mampu mendapatkan cintanya, bisa dikatakan pemuda tersebut sangat beruntung. Sudah sangat banyak pemuda yang melamar Nyi Sari, tapi ditolak. Nyi Sari beranggapan para pemuda yang melamarnya tidak pantas untuk bersanding dengan dirinya.

Suatu hari, tersebutlah ada seorang pemuda yang melamar Nyi Sari. Pemuda tersebut berasal dari desa sebelah. Sesampainya di rumah Nyi Sari, dirinya langsung menyebutkan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk melamar dan memperistri Nyi Sari, tapi...sebelum dirinya selesai mengutarakan maksudnya, Nyi Sari langsung mengusir pemuda yang ada dihadapannya itu, dia  mengusirnya dengan kasar, sangat tidak sopan, dia berteriak dan memaki tanda tidak suka.

Mendengar bentakan Ny Sari, si pemuda langsung berdiri sambil berucap bahwa dia sangat sakit hati. Dia mengatakan bahwa dirinya tidak rela diperlakukan seperti itu dan bersumpah akan membalas Nyi Sari dengan caranya sendiri, diapun akhirnya pergi dengan membawa sakit hatinya. Nyi Sari sangat kaget dengan perkataan pemuda tersebut, dia sejenak tertegun dan sedikit merasa takut, tapi dirinya coba menenangkan diri dan meyakinkan dirinya bahwa pemuda tersebut hanya menggertak.

Tidak lama dari kejadian tersebut, Nyi Sari tiba-tiba terserang sebuah penyakit, ia merasa merasa gatal diseluruh tubuhnya, ia terus menggaruk semua bagian tubuhnya sampai berdarah-darah, hari berganti hari, minggu berganti minggu, dirinya menderita penyakit tersebut selama berbulan-bulan. Nyi Sari sudah berobat kemana-mana tapi tidak berhasil menyembuhkan penyakitnya. sampai suatu saat, dirinya berdoa dan menangis tersedu mengadu pada Yang Maha Kuasa. Akhirnya, ia seolah  memperoleh sebuah petunjuk bahwa sakit yang dialami dirinya adalah akibat dari guna-guna.

Desa Gunasari
Kantor Kepala Desa Gunasari
Dalam mimpinya, ada yang memberi petunjuk dan menyuruhnya untuk merubah sikap, ia harus meminta maaf pada orang-orang yang penah disakitinya. Ketika itu, Nyi Sari langsung ingat pada seorang pemuda yang pernah disakitinya. Dirinya lalu mencari satu persatu pemuda yang pernah disakitinya. ia meminta maaf pada semua orang, terutama pada para pemuda yang pernah dihina dan diskiti olehnya.  Akhirnya Nyi Sari sadar pada semua kesalahannya, ia menyesal atas sikap sombongnya selama ini. Hari berganti hari, akhirnya Nyi Sari bisa merubah sikap dan perilakunya, sedikit demi sedikit penyakitnya pun sembuh.

Karena terkenalnya kejadian yang menimpa Nyi Sari, sekarang tempat dimana Nyi Sari pernah tinggal dan daerah sekitarnya diberi nama Gunasari, untuk mengingatkan kejadian yang pernah dialami oleh Nyi Sari yang diguna-guna.

Demikian cerita tentang Sasakala Gunasari, semoga bermanfaat.

Narasumber ; Bp. Nana - Gunasari
*digubah dari liesganesti.blogspot.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

12 komentar

Menarik sekali cerita asal usul nama desa gunasari, mas Jery...Rupanya berawal dari seorang gadis yang terkena guna-guna karena ucapannya yang sering menyakiti hati orang lain. Ini jadi pelajaran bagi setiap orang agar jangan sembarang menghina...

Ternyata seperti itu ya sasakalanya, saya baru tahu. Makasih sob infonya :)

Ini cerita rakyat yang belum populer di negeri sendriri... harus disebarkan neh

dapat istri sombong kok disebut sebagai keberuntungan..he he he
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Sipat sombong ada di setiap manusia ya kang, beliau tidak pandai menyembunyikan sipat itu. sayang.

ceritanya tentang orang yang mau ngelamar..

iya, jangan sembarangan berkata-kata ya pak :)


EmoticonEmoticon