Wednesday, 17 December 2014

Sapintrong, Permainan Yang Merangsang Pertumbuhan Anak

Tiga Orang Anak Sedang Bermain Sapintrong
Permainan yang bisa merangsang pertumbuhan anak? memangnya ada? mungkin saja ada, seperti permainan yang akan admin tulis sekarang ini, tapi admin tidak mengetahui secara pasti apa benar permainan ini bisa merangsang pertumbuhan anak atau tidak, karena pernyataan tersebut hanya sebuah berita yang disampaikan dari mulut ke mulut tanpa penelitian ilmiah, ya, di daerah Jawa Barat ada permainan tradisional yang dipercaya bisa menambah tinggi badan anak, permainan tersebut bernama Sapintrong.

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, permainan-permainan tradisional di Indonesia pasti mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi perkembangan anak, baik dari segi perkembangan fisik, ataupun mental, karena rata-rata permainan tradisional di Indonesia melatih anak untuk aktif menggerakan tubuhnya, melatih tanggung jawab, ketelitian, sampai kesabarannya.

Setiap orang tua pasti senang anaknya tumbuh besar dan sehat, dan anak pun  rata-rata selalu mengungkapkan bahwa mereka ingin cepat tumbuh besar, yang salah satu cirinya adalah dengan bertambahnya tinggi badan mereka. Oleh karena hal tersebut, dikalangan anak-anak di tempat admin berada ada satu permainan tradisional yang sangat digemari karena dipercaya dapat membuat tinggi badan anak tumbuh dengan cepat.

Di daerah Sunda, permainan tradisional seperti itu disebut dengan permainan Sapintrong, cara bermain sapintrong ini hampir sama dengan lompat tali atau sekarang sering juga disebut dengan skipping, yang membedakannya hanyalah tali yang dipergunakan dan jumlah pemainnya, namun inti permainannya sama yaitu "melompat". Tali yang dipergunakan dalam permainan ini dibuat dari untaian karet gelang yang telah disambung satu dengan lainnya, dengan demikian sifatnya sangatlah elastis dan lunak sehingga dapat meminimalisir kemungkinan cedera ketika anak tidak sengaja terpukul oleh ayunan tali sapintrong ini.

Tali Sapintrong,
Terbuat Dari Karet Gelang
Permainan tradisional ini sangat digemari oleh anak perempuan, namun kadang ada juga anak laki-laki yang suka ikut main permainan ini. Cara bermainnya cukup sederhana yaitu dua orang anak memegang ujung kanan dan kiri tali sapintrong dan memutarnya seperti ilustrasi pada gambar diatas, satu orang anak ditengah melompat ketika tali sapintrong mendekati kakinya, begitu terus sampai mencapai bilangan tertentu atau sampai dia gagal (orang sunda menyebutnya lasut) melompati tali. Setelah seorang pemian gagal atau lasut, maka pemain lain menggantikan posisinya untuk melompat, dan pemain yang lasut tadi giliran menjaga/memegang tali disalah satu sisi (ini jika anak yang melakukan permainan sapintrong berjumlah tiga orang).

Diawal permainan, harus ditentukan dulu siapa yang  main lompat duluan atau yang jaga/memegang ujung tali karet duluan, untuk menentukan ini biasanya sesuai kesepatakan bersama saja. Setelah semua ditentukan permainan bisa dimulai, permainan biasanya diawali lompatan biasa, jika semua pemain sudah bisa melakukannya maka gayanya bisa diganti, baik berupa putaran karet yang semakin cepat, ataupun merubah gaya lompatan sesuai yang telah disepakati bersama, misal bisa berupa melompat dengan satu kaki, melompat dengan memutar, melompat sambil membungkuk dan memegang telinga, dan masih banyak lagi variasi lompatan yang lain. Jika permainan dilakukan lebih dari 3 orang anak, maka yang melompat ditengah ayunan tali bisa lebih dari satu orang.

Inti dari permainan sapintrong ini adalah "lompatan", karena hal tersebutlah banyak anak mempercayai bahwa sapintrong bisa mendukung proses pertumbuhannya, entah anggapan tersebut benar atau tidak, tapi tentunya dengan terus melompat dalam permainan ini, anak sudah berolah raga dengan cara yang berbeda, mereka menggerakkan tubuhnya dengan susana hati yang riang, tanpa memikirkan rasa lelah ataupun jenuh yang mungkin akan muncul dikebanyakan pikiran mereka ketika mendengar kata "olah raga".

*image by selaluterinspirasi.blogspot.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

13 komentar

inget waktu kecil ya Kang Jery,, kalau di tempat saya itu namanya Permainan Sempring Kang

Selamat Pagi Kang Jery Ronda pagi sambil Daftar Hadir selamat mengenang masa lalu ya Kang

Ini permainan sederhana, murah, menyehatkan lagi... abi ge osok baheula mah...hahaha

wah di daerah kang saud namanya sempring y, unik ya namanya, beda daerah beda lagi ya namanya :)

ameh jangkuh cenah ya kang dulu mah :-)

Sekarang sudah jarang anak-anak main lompat tali itu.. Sudah diganti permainan PS dan sejenisnya..

jadi inget masa-masa kecil saya mas dahulu saya sering banget maen kayak getu sama temen-temen, sekarang mah sudah malu coz sudah gedhe :D

wah,sy malah baru tau klo ada permainan sapintrong ini mas.. ini khas jawa barat ya mas.. cara mainnya gmn tuh? :D

ini sama spt lompat tali yg pakai karet ya mas? temen2 cewek sy sering main permainan ini waktu kecil :)

Waktu kecil saya msh mengalami permainan itu, biasanya sabtu malam minggu main dilapangan rame2 krn besoknya kan libur.
permainan jaman dulu bikin kita sehat krn harus mengeluarkan tenaga untuk berlari dan melompat serta melatih kejujuran kita saat main sm teman2...kayaknya asik ya kalo bisa main itu lagi he3...
selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :)

iya sobat, setuju sekali...permainan seperti ini membuat kita jadi sehat ya...
aamiin, terima kasih :)


EmoticonEmoticon