Wednesday, 24 December 2014

Pedas Gurih Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Siap Dinikmati
Image By :
reseponline.info
Nasi adalah makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia, sudah banyak ngemil dan makan makanan apapun kalau belum makan nasi tetap saja itu namanya belum makan. Tapi ada kalanya kita bosan menyantap nasi yang biasa-biasa saja, itu sebabnya mungkin banyak variasi-variasi lain dari nasi seperti nasi liwet, nasi jagung, dan lainnya. Di daerah Sunda, salah satu variasi dari nasi tersebut adalah nasi atau sangu Tutug Oncom, kadang nama tutug oncom ini sering disingkat T.O.

Secara bahan dan tampilan, nasi tutug oncom adalah nasi yang diaduk bersama oncom goreng atau oncom bakar yang telah dihancurkan. Bumbu yang ditambahkan pada nasi tutug oncom ini relatif sederhana dan mudah didapatkan yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, cabe rawit dan garam. Dengan berbagai bumbu tersebut rasa dari tutug oncom ini cenderung pedas-pedas gurih dan pasti bisa menggoyang lidah kita. Kata "tutug" sendiri artinya adalah menumbuk atau mengaduk, proses mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom ini menjadi asal nama dari makanan ini yaitu "tutug" oncom.

Sobat tertarik dan ingin mencoba membuatnya dirumah ?? cara membuatnya cukup mudah kok, berikut cara membuat nasi tutug oncom, kira-kira untuk 6 porsi.

1. Bahan :
  • 2 sdm minyak sayur
  • 175 g oncom, bakar hingga cokelat kehitaman, tumbuk kasar
  • nasi putih hangat pulen kurang lebih 600 g, kira-kira untuk 6 porsi
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • Minyak untuk menumis

2. Bumbu, haluskan :
  • 7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 5 siung bawang putih, goreng sesaat
  • 4 butir bawang merah
  • 5 cm kencur, kupas
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :
- Pertama-tama panaskan minyak untuk menumis, lalu tumis semua bumbu yang telah dihaluskan (cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, garam) hingga harum. Setelah bumbunya harum, masukkan oncom yang sudah ditumbuk kasar, oseng sampai bumbu dan oncom tercampur rata, angkat, tiriskan
- Oncom yang telah dibumbui tersebut diaduk dengan nasi hangat untuk 6 porsi, pedas gurih nasi tutug oncom ini akan semakin nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Lalu tambahkan bawang goreng, agar lebih nikmat dan bernuansa lebih dekat dengan alam bisa diungkus tiap porsinya dengan daun pisang. Agar cita rasa khas tutug oncomnya tidak hilang, sebisa mungkin nikmati tutug oncomnya selagi hangat.

* Pelengkap :
  • sayuran segar seperti daun kemangi, tomat, mentimun
  • sambal terasi
  • tahu goreng
  • tempe goreng
  • ayam goreng

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

14 komentar

Nasi tutug oncom denga nuansa pedas gurih pasti mengugah selera sebagai variasi manakala kurang nafsu dengan menu biasa. Memang dari olahan dasi banyak sekali fariasi yang bisa di buat masing masing daerah punya ke khasan tersendiri pastinya.

Kunjungan dini hari heiheie Wah wah datang datang langsung disuguhi hidangan yang menggugah selera, Hiks hiks menyesal juga datang ke sini deh jadinya. Whiehiehe Saya langsung buka lemari makanan setelah baca artikel ini. Walau cuma ketemu mie rebus gpp daripada tersiksah baca artikel ini perut jadi mendadak lapar Hhihihii

Mana mang Asep saya gak dikasih neh... Kox diadepin sendiri hehe

oncomnya yang sulit nemuin di tempat saya kang...wih kangen citarasanya tutug oncom

TO emang andalan menu makanan yang paling enak di tasik dan jadi menu favorit saya :>)

saya minta dong ?? mudah2an mienya belum basi sekarang hheu

iya teh, TO memang kuliner khas tasik ya...dan sudah menyebar n disukai di seluruh jawa barat :)

kayaknya nasi tutug oncomnya enak tuch, jadi penginnnnn ;((


EmoticonEmoticon