Monday, 8 December 2014

Papais & Nagasari, Serupa Tapi Tak Sama

Kue Nagasari
Image By :
 resepmasakankhas.com
Papais dan Nagasari, ada yang pernah mencoba kedua makanan tradisional ini sob? atau malah pernah punya pengalaman tertipu oleh makanan ini dan salah makan? niat hati ingin makan kue papais tapi pas bungkusnya dibuka ternyata didalamnya malah kue nagasari, atau sebaliknya? kalau admin pribadi pernah mengalaminya, ya, karena di Sumedang biasanya secara tampilan kue papais dan nagasari ini nyaris sama, tidak ada yang membedakannya kalau dilihat tampilannya dari luar, yang membedakannya dari luar mungkin hanya wanginya saja.

Kue papais dan nagasari ini adalah sejenis kue basah khas Sunda yang biasa disajikan saat ada acara nikahan, khitanan, dan acara-acara syukuran lainnya. Dari tampilan luar, kue papais dan nagasari  hampir sama, keduanya tampak seperti makanan yang dikukus, berbentuk segi empat dan dibungkus daun pisang, hampir tak ada perbedaan sama sekali dari bungkus luarnya, tapi kalau bungkus daun pisangnya sudah dibuka akan langsung terlihat perbedaannya baik dari rasa, tekstur, dan wanginya.

Kue Papais
Image By :
 duabungsu.blogspot.com
Kue papais rasanya asin gurih karena terbuat dari tepung beras, santan, garam, serta air, sedangkan kue nagasari rasanya manis karena selain tepung beras, santan, garam, dan air ditambahkan bahan lainnya yaitu gula dan potongan pisang raja. Bahan-bahan tersebut dicampur satu menjadi sebuah adonan, lalu kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus selama beberapa waktu.

Jika kuenya sudah masak, kue papais paling enak dinikmati selagi masih hangat ditemani dengan segelas teh, tapi kalau kue nagasari lebih enak dinikmati kalau sudah dingin. Pisang raja yang ditambahkan pada setiap kemasan kue nagasari membuat perbedaan yang ada pada kedua makanan ini semakin mencolok ketika dinikmati, dimana kue nagasari ketika kemasan daun pisangnya dibuka langsung terlihat kuenya berisi pisang, sedangkan kue papais ketika dibuka dan disantap polos tidak ada isinya. Kue papais dan nagasari ini biasanya disajikan dengan makanan tradisional lainnya seperti opak, ranginang sampai seroja.

Karena mengandung santan kedua makanan ini sangat singkat masa expirednya, sekitar 1- 2 hari saja (jika tidak dimasukkan kedalam lemari pendingin), kalau lewat dari hari tersebut kuenya bisa basi, dimana secara tampilan akan terlihat tidak segar lagi, dan lengket serta sedikit mengeras jika dipegang. Jika hal tersebut terjadi makanan ini sudah tidak baik lagi untuk dikonsumsi, tapi walau demikian untuk kue papais masih bisa diakali karena papais ini masih bisa diolah lagi mejadi papais goreng, caranya cukup menggorengnya saja selama beberapa waktu sampai warnanya kekuningan, tapi tentunya itu harus dilakukan sebelum kue papaisnya benar-benar basi.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

28 komentar

Nagasari itu enak.. Sayangnya uda jarang yang jual nih di sini.. :(

Kalau kue nagasari ditempatku juga ada, biasanya kalau ada hajatan pasti ada kue ini :>)

demen nih makan yg ginian, baru tau kalo namanya papais nagasari

kalo di daerah saya disebutnya pais aja kang, tapi di Jakarta disebutnya kue pisang...

kalo di daerah saya tiap kali ada kue papais atau pais pasti ada kue pasangannya yaitu kue pasung, seperti ada ketupat/kupat pasti ada lepet :)

Haha tahu saja agan ini kalo saya hobi nagasari dari kecil ampek skarang... Kirim dong satu bakul saja...

iya, sudah semakin jarang yang jual kalau sekarang

iya teh, kalau di Sumedang namanya papais dan nagasari ;)

beda2 ya kang namanya di setiap daerah :))

wah beda ya kang pasangannya, kalau di tempat saya mah papais ya nagasari ini pasangannya :)

siaappp, saya kirim lewat email ya kang :-)

Pernah ada cerita ada BULE yang memakan Nagasari ini lengkap dengan daun pembungkusnya. Padahal kan harus dikeluarkan isinya. Atau yang dimakan isinya saja. TUh Bule langsung "hap" memasukkan semuanya ke dalam mulut si bule. Kulit atau pembungkus Nagasarinya ikut dimakan

hahahaha, kg asep tw aja tuh ama bule...

kue nagasari bnyknya pas lg acra hajatan saja ,,,hehehe

tidak masalah beda yang penting keduanya sama-sama enak. makasih infonya

kalau abah ngariung pasti dapat papais ten, papais pisang hehe... terimakasih kang tlh berbagi

Saya boleh nyicipin papais naga sarinya Kang Jery,,? tak sama tapi agak mirip ya Kang?

Mungkin Pak Asep pernah jadi pemandu bule kali Mas Fiu hhhehe :)

Kue Nagasari kueterigu isi Pisang :D makanan Favorit saya akan tetapi sekarang jarang yah yang jualan kue nagasari ini padahal rasanya enak =))

apa pak asep pacaran sama bule ?? :-)
wah ndak tersedak itu pak bulenya ?? :))

jadi kangen saat2 seperti itu ya kang :-) sama2

Mampir malam buat mencicipi hidangan nagasari yang lezat. Di tempat saya namanya Lepat Naga sari, mas Jery.

Papais belum pernah makan. Kalau nagasari pernah, waktu bulan puasa banyak yg jual..

kalau saya sukanya yang warna ungu, isinya kelapa :)

nagasari itu sama nggak si sama tumtuman kan sama-sama pakai pisang tapi beda cara bungkusnya


EmoticonEmoticon