Thursday, 13 November 2014

Sumedang International Gamelan Festival

Sumedang International Gamelan Festival 2014
Sumedang International Gamelan Festival 2014
Beberapa hari yang lalu tepatnya dari tanggal 30 Oktober sampai dengan 2 November 2014, Pemkab Sumedang menyelenggarakan dua event yang bertajuk sejarah dan budaya yaitu Festival Cut Nyak Dien dan Sumedang International Gamelan Festival 2014. Event pertama Festival Cut Nyak Dien dilaksanakan pada tanggal 30-31 Oktober, festival ini merupakan program kemitraan antara Pemkab Sumedang dengan Pemprov Nangroe Aceh Darussalam dan Pemkab Aceh Besar karena daerah-daerah tersebut memiliki ikatan yang kuat secara historis, dimana Cut Nyak Dien yang merupakan pahlawan nasional asal Aceh diasingkan oleh kaum penjajah hingga wafat dan dimakamkan di Sumedang. Oleh sebab itu, sebagai salah satu bentuk konkret Pemkab Sumedang dan Pemprov Nangroe Aceh Darusalam dalam mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan beliau digelarlah Festival Cut Nyak Dien ini di Sumedang, hanya sayang event yang pertama ini admin tidak sempat menyaksikannya secara langsung. Berikut adalah video liputan Festival Cut Nyak Dien yang direkam dan disiarkan oleh salah satu tv swasta nasional :

Video : Festival Cut Nyak Dien, Sumedang

Lihat : Cut Nyak Dien, Dalam Pengasingannya di Sumedang

Event yang kedua adalah yang akan admin ceritakan ini yaitu Sumedang Internasional Gamelan Festival 2014 atau disingkat SIGFEST 2014, event yang bertajuk Gamelan Harmony For The World Unity ini digelar di dekat alun-alun dan Komplek Gedung Negara Kabupaten Sumedang pada tanggal 1-2 November 2014 lalu. Selain diikuti beberapa grup gamelan dari dalam negri seperti dari Jawa Barat, Bali, dan Kalimantan Barat, festival ini juga diikuti oleh grup-grup gamelan dari beberapa negara seperti Ukraina, Korea, Amerika, Australia, Jepang, Papua Nugini, Kazakhtan, Polandia dan banyak lagi negara lainnya.

SIGFEST digelar dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan kekayaan khasanah kesenian asli Kabupten Sumedang kepada masyarakat dunia, dimana kedepannya Kabupaten Sumedang ditargetkan menjadi daerah tujuan wisata seni dan budaya di Jawa Barat, karena Sumedang memiliki banyak potensi budaya dan kesenian yang jika dipromosikan dengan baik bisa menarik lebih banyak wisatawan dari dalam negri bahkan dari mancanegara.

Kekayaan budaya dan seni di Sumedang salah satunya bisa dilihat dari peninggalan artefak budaya Gamelan Sari Oneng di Museum Prabu Geusan Ulun yang termasuk salah satu perangkat gamelan tertua di Indonesia, selain itu Kabupaten Sumedang juga memiliki kesenian-kesenian asli buah dari cipta, rasa dan karsa masyarakat Sumedang seperti kesenian Tarawangsa dari Kecamatan Rancakalong, Tari Umbul dari Kecamatan Situraja, Ganeas dan Paseh, Seni Koromong dari Kecamatan Rancakalong dan Darmaraja, dan masih banyak lagi.

          
Kedua event ini selain untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di Sumedang, juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah Sumedang terhadap para seniman yang sudah bekerja keras mewujudkan Sumedang menjadi Puseur Budaya Sunda sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 113 Tahun 2009 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (Sumedang Pusat Budaya Sunda).

Berikut adalah salah satu video hasil dokumentasi pribadi admin di acara SIGFEST 2014 kemarin yang menampilkan grup seni Sambasunda dari Bandung, adapun jika sobat ingin melihat video dokumentasi pribadi lainnya terkait penampilan grup-grup gamelan yang tampil di SIGFEST 2014 kemarin sobat bisa melihatnya di akun Youtube saya dengan klik link berikut : Wewengkon Sumedang Youtube.

Sayangnya, admin tidak mengikuti SIGFEST ini secara keseluruhan dan hanya bisa menyaksikannya di malam terakhir saja, walhasil banyak penampilan dari grup-grup seni dan grup gamelan dari  mancanegara yang tidak terdokumentasikan, karena tentunya sangat membanggakan alat musik tradisional negara kita ini ternyata dicintai di mancanegara dan bahkan mereka juga bisa memainkannya, dan tentunya menjadi sebuah kebanggan atau kepuasan jika bisa mendokumentasikannya.
 
Video : SIGFEST 2014, Sambasunda Feat Rita Tila

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

44 komentar

Acaranya meriah ya. Pengen nonton videonya, tapi mesti hemat kuota. Hihihi.. :P

untung Sumedang International Gamelan Festival nya di posting nih kang...aslinya saya ngga sempet monitor acara keren kota Sumedang ini teh euy...pas lagi keluar kota.
sip ah...tak tonton dulu video nya

wah promotornya siapa tuh kang?
canggih bener bisa ngundang berbagai negara untuk ikut festival

ini bener-bener hebat ya mas.. salut deh

wah seandainya bisa menyaksikan festival gamelan sumedang secara langsung pasti ramai ya mas hmmm :)

wah pasti bakalan meriah nih festifal gamelannya ;)

sumedang cantik n kaya budaya menarik....

sumedang ,,, bkn cuma enak di tahu ,,, tapi festivalnya juga wow sekali ,,,hehe

Bukan main mas Jery. Dalam waktu singkat, pemkab Sumedang mampu mengadakan festival nasional dan internasional...Tentunya sebagai wujud komitmen pemkab untuk melestarikan budaya dan sejarah bangsa...Sukses buat pemkab Sumedang, mas...

wah acaranya pasti seru dan meriah bange ya kang :)

hemmmatt beebb, hehe iklan banget yak :))

iyah kang, ini saya lagi di depan monitor lho

tapi sepertinya bakal lebih meriah lagi kalau mbak ririn ikutan tampil :o

pemuda2nya juga ganteng lho...seperti saya lah kira2 :-)

iya kang, apalagi kalau akang ikutan tampil manggung, pasti metiah banget geura...

sepertinya seru ni acaranya mas.. tingkat internasional lagi :)

kayaknya seru ni,,ijin bufering dulu :D

Wah saya ketinggalan berita Festival gamelan sumedang internasional nih. Saya simak dan baca dulu ya Kang Jery..? Salam sukses selalu ya Kang Jery :)

Lama juga gak berkunjung kemari nih Kang Jery. semoga Akang baik dan sehat selalu sekeluarga ya Kang? wooow keren ya Kang Kota sumedang bisa menampilkan kesenian tari yang bisa mengundang wisata lokal dan wisata mancanegara, jadi terpukau melihatnya :)

Orang sudenag VS Orang sumedang lagi curhat nih.. saya mah nonton Videonya dulu deh Kang Jery.. silahkan selesaikan masalahnya dulu sama Mang Lembu :-)

wah salut sayamah untuk Sumedang selalu / sering mengadakan event-even yang bersejarah,ini harusnya ditiru oleh pemkab lainya,ok kang Jery selamat succes selalu untuk SUMEDANG,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Samimawon saya juga kang Karryst,,,,ayoo kita lihat bekasnya event,,,hehehe

wih peserta festivalnya banyak juga ya mang.. dari luar negeri banyak juga yng antusias

wahhh keren nih acaranya pasti meriah sangat inih jadi kpengen nonton langsung soalnya kalo liat di video serasa kurang manteb =))

Gamelam begitu di kagumi di mancanegara dengan antusiasnya warga negara asing dalam festival ini salah satu buktinya, sayang anak-anak muda kini malah banyak yang tak menyukainya dan lebih menggandungi instrumem yang bukan asli dari negri sendiri

kurang ngerti musik gamelan tapi kalau sekelas festival internasional pasti berkelas ya, izin nonton dulu ya kang..

merhatiin para komentator di Festival Gamelan Internasional di Sumedang euy

iya kang karrys, saya sekarang memang jarang update :) hatur nuhun kang, doa yang sama juga buat akang

nah kita2 kira2 masuk yg mana ya mas :=))

Widih, bisa masuk ke tv event nya.
Sayang aku nggak berada disana. Meriah sekali acaranya

hebat banget ya ada banyak negara yang ikut meramaikan festifal gamelan ini di sumedang :)

wah, meraih sekali kang acara Sumedang international Gamelan festival nya, sayang nya modem saya lagi gak bersahabat nih, jdi macet mulu waktu buka videonya.. :)

Nonton pestival gamelan, enaknya sambil makan tahu sumedang ya..

Waaah... keren nih Sumedang... Saya baru tau, rupanya kabupaten ini punya potensi yg besar di bidang seni dan budaya, ya....


EmoticonEmoticon