Wednesday, 1 October 2014

Soto Bongko, Varian Soto Khas Sumedang

Soto Bongko
Soto Bongko
Untuk menjaga kesehatan, pagi-pagi sebelum beraktifitas pastilah kita harus memulainya dengan sarapan terlebih dahulu, tapi karena jadwal yang padat atau bangun kesiangan, kita seringkali melewatkan sarapan ini dirumah dan lebih memilih untuk sarapan di luar baik diperjalanan ataupun di tempat kita bekerja, dan menu pagi-pagi ketika kita sarapan diluar biasanya tak jauh dari menu bubur ayam dan yang sejenisnya, bukan begitu sob?

Di Sumedang, ada satu makanan yang bisa dijadikan variasi menu untuk sarapan pagi diluar, nama makanan yang biasa dijadikan menu sarapan ini adalah Soto Bongko. Admin rasa, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan soto khas asal daerahnya masing-masing, ada soto kudus, soto madura, soto betawi, dan lainnya, begitu juga dengan Sumedang yang mempunyai kuliner khas dengan menu soto yang bernama Soto Bongko, ya, soto bongko merupakan soto khas Kabupaten Sumedang.

Makanannya berbentuk makanan padat yang diguyur dengan kuah khas seperti soto-soto dari daerah lain. Kuah sotonya merupakan campuran dari bumbu-bumbu yang memberikan cita rasa khas seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, kunyit dan lainnya. Sedangkan "bongko" adalah nama makanan di daerah priangan yang tekstur dan rasanya sama seperti lontong namun berukuran lebih besar, diameter bongko ini biasanya berkisar antara 5 - 15 cm bahkan bisa juga sampai berdiameter 20 cm, namun untuk disajikan dalam bentuk soto bongko tentu saja bongkonya ini harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, biasanya berbentuk dadu.

Kuah soto dan potongan-potongan bongko yang telah dicampur menjadi Soto Bongko ini dalam penyajiannya biasanya juga dilengkapi dengan sambal, kecap, taburan bawang goreng, taburan tauge rebus, irisan jeruk nipis, kerupuk/emping goreng, dan tentunya tahu Sumedang yang telah dipotong-potong kecil. Adanya bongko dalam soto khas Sumedang ini membuatnya bisa mengenyangkan tanpa harus dicampur makanan padat lain seperti nasi.

Kupat Tahu
Kupat Tahu
Bagi sobat yang tidak suka makanan berkuah, jangan khawatir sebab Soto Bongko juga mempunyai varian menu yang tidak berkuah, namanya adalah Kupat Tahu. Bentuk makanannya sama saja seperti Soto Bongko hanya bedanya terletak pada kuahnya, kuahnya diganti dengan bumbu kacang yang tak kalah mengundang selera. Kupat tahu memang banyak ditemui di berbagai daerah di tanah priangan, yang menjadi perbedaan dengan kupat tahu di Sumedang tentunya adalah irisan tahu sumedangnya.  Dua menu ini dapat dengan mudah sobat temui di kota Sumedang utamanya di titik-titik keramaian seperti pasar, alun-alun/pusat kota, rumah sakit, sampai sekitaran masjid/tempat ibadah.

Lihat : Masjid Agung Sumedang

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

67 komentar

koq aneh ya namanya soto bongko...dalam bahasa jawa bongko=mati lomas
tp ngelihat screenshot nya koq kayaknya enak banget nih

eh nggak sengaja malah dapet pertamax nih

Siang-siang begini, dikala perut lagi keroncongan, disuguhi soto Sumedang oleh mas Jery. Terima kasih mas. Meskipun enggak mengerti apa artinya Bongko namun enak sekali kelihatannya...

terus kang WS pamer doang ke saya gitu? huhh

kalau dilihat dari tampilannya, soto sumedang ini hampir mirip dengan makanan gado-gado ya mas :D

pesen satu mas,kali aja masih ada haha.. kayaknya enak tuh sotonya,tapi di liat2 mirip gado2 ya

beda bgt sama soto di tempat saya yg kuahnya bening mas :)
kunjungi balik ya..

Duh ampe netes nih mas, sanking ngebayanginnya :)

sotonya kok kayak tahu campur ya mas, di jogja banyak makanan tahu campur di jual di pinggir jalan hampir mirip seperti itu :D

ditempat saya bongko artinya pegel sak pegel2 e... :D

saya biasa makan soto Bongko khas sumedang ini di rumah makan sebelah BNI mang, uenak banget emang tuh soto teh

Saya biasa makan soto di tempat saya, kalau gak soto ayam
Ya soto babat, kalau soto bongko khas Kota Sumedang belum
Pernah makan tuh Kang Jery.. boleh saya pesen 1 porsi Kang? :)

Dilihat dari nama dan fotonya soto bongko varian khas Kota Sumedang
Enak dan Nikmat ya Kang Jery, ckckck saya jadi Muruy/ngiler pengen
Soto Bongko khas Sumedang ni Kang Jery... 8-)

@ mas yanto...wah kalau didaerah mas soto bongko itu berarti soto mati ya mas :-)
@ mas zaairul haq...tapi makan soto bongko ini gak bikin pegel2 lho mas :))
@ kang karrys...boleh kang, nanti saya kirim soto yg elektrik ya :-)

tapi saya masih yg punya SPBUnya lho

iya kang, terus mau protes gituh ?? (m)

iya mbak, kalau yg kupat tahu nya mirip gado-gado :)

nanti saya kirim soto yg elektrik ya mas :-)

hee iya mas, karena sotonya pakai campuran tahu sumedang juga, jadi mirip tahu campur :)

kapan atuh kita bareng2 kesituh lagi berdua ??

sini atuh kang, kita nikmati bareng-bareng :-#

sudah lama tidak jalan-jalan ke wewengkon Sumedang..
dilirik sekilas kayak ketoprak ya kang ya..
nanti kalau ke Sumedang coba cari aah

Wlehh weleeehh liat gambar nyaa aja saya ngilerr nihh (o) saya pesen 1 kang :o

itu beneran soto mang..?
bentuknya kaya kupat tahu sih...

Di tempat Mas Yanto emang semuanya serba aneh tuh Kang Jery hhhh

Kunjjungan malam Kang Jery, saya sruppuuut lagi
Soto bongkonya Kang kebetulan lagi lapar berat nih... :)

kuliner di Indonesia emang banyak ragamnya ya kang, dari sabang sampai merauke kalau mau ngicipin seharian nggak bakalan selesai, jadi pengen nih ngiler ngelihat screen nya...

wahhhh mantap2 ni sotonya, kayanya enak tu kang hehhehe

iya bener kang...
kalau yg bawah mah memang kpat tahu kang :))

tapi yg aneh itu biasanya yg dicari kan kang :-)

iya teh sepintas mirip ketoprak :)
mangga teh

selamat malam kang...
kok kaya kopi aza kang disruput (m)

iya kang, jangankan seharian, bertahun-tahun pun sepertinya ndak akan bisa tercicipi semua (m)

saya sama kayak mas Yanto, awalnya saya kira soto apaan karena ditempat saya bongko itu artinya mati.. eh ternyata :-t

wahh.... kayaknya sotonya enak bener deh
Jadi pengen cicippp hehehe :D

bongko di tempat saya temannya nagasari, kalau nagasari isinya pisang, kalau bongko isinya gula jawa :))

coba dicicipi dulu mas, sepertinya sudah dingin. karena itu sotonya dari tanggal 1 oktober kemarin :-#

Kalau yang nggak pake kuah gitu, tampilannya jadi kayak ketoprak ya, Mas, hehe....

Wah, sluurpp... kayaknya enak nih buat sarapan. Porsinya pas. Nggak terlalu bikin kenyang, tapi juga nggak terlalu sedikit :D

Jadi inget kupat tahu waktu smp (f)

nih kebetulan di kantor ada yang ulang tahun, salah satu menunya soto bongko khas sumedang deh...mantap kang

kaya nya enak tuh soto bongko nya hehehe
mau tanya dong mas bongko itu apa ?

ane sudah pernah makan nih gan waktu tinggal di sumedang, bener bener mantap rasanya ya gan

salam kenal gan

hehe ternyata di berbagai daerah bongko itu beda-beda ya artinya...mumpung hari minggu ni kita jogging sambil sarapan soto bongko yukz ?? tuh kang cilembu aja bilang mantap kan

whehe iya kang ucup, sekarang pasti sotonya sudah dingin :-)

kalau yg pas itu memang bikin nyaman ya mas :))

memang waktu smp jualan kupat tahu ya kang ?? :)) eh pastinya sarapan makan kupat tahu y (m)

bongko itu nama makanan seperti lontong mbak...tapi bentuknya lebih besar, jadi mesti dipotong-potong dulu buat memakannya :)

iya kang, pastinya atuh ...salam kenal juga kang

woww... dari ngeliat nya aja udah ngelir gan.. apa lagi kalo udah makan beneran.. hhe

lagi laper gini malah dibikin ngiler ama gan jerry dengan soto bongko nya.. hhe

tapi sepintas seperti tangkoah / gado - gado kang, jadi penasaran nih ;(

kirim dong kesini soto bongkonya, mang lembu ;(

Mantep Kang!
Eta soto nu di Gending peuntaseun Apotek Pajaji sanes?

sanes kang, ieu mah anu di payuneun paviliun RSUD :)

Oh muhun muhun...
Hihihi... Manawi teh nu di caket Apotek Pajaji...

Penampakannya siga kupat tahu ya..

Iya tuh gan terlihat seperti gado-gado ya gan,,,tapi buat ane penasaran aja gannn hehehe


EmoticonEmoticon