Tuesday, 16 September 2014

Cerecet Jawa, Fauna Identitas Sumedang

Burung Cerecet Jawa
Burung Cerecet Jawa
Selama tinggal di Sumedang, rasa-rasanya dulu admin terhitung sering melihat burung jenis ini menclak menclok baik di alam liar ataupun sebagai burung peliharaan dalam sangkar, burung ini bernama burung cerecet jawa yang mempunyai nama ilmiah psaltria exillis. Burung yang mempunyai bulu berwarna cokelat dan abu abu kusam ini hidup di hutan-hutan pegunungan di Jawa, ia mempunyai ciri khas berupa ukuran tubuhnya yang sangat kecil atau mungil dimana panjang tubuh dari kepala sampai ekornya hanya berukuran 8 cm, dan kalau diukur tanpa mempertimbangkan keberadaan ekor (kepala - tunggir) kira-kira panjangnya hanya 5cm, dengan ukurannya yang mini ini burung cerecet jawa tercatat sebagai burung endemik terkecil di Pulau Jawa.

Ukuran mininya ini konon sama seperti ukuran burung terkecil di dunia yang berasal dari Kuba, yaitu bee hummingbird atau kolibri lebah. Karena ukurannya yang imut dan sangat kecil tersebut, orang sunda sering menyebutnya sebagai burung siki nangka (biji nangka) karena memang ukurannya hanya sebesar biji nangka.

Cerecet Jawa ini adalah burung endemik di pulau jawa, dalam artian ia tidak ditemukan ditempat lain kecuali dipulau jawa, ia bisa ditemukan di hutan-hutan yang terdapat di sepanjang pegunungan Jawa Barat dan Jawa Tengah, di Jawa Barat sendiri burung ini banyak dijumpai di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas, dan Sumedang.

Burung cerecet jawa merupakan fauna identitas Kabupaten Sumedang, admin baru mengetahui hal tersebut belum lama ini secara kebetulan dari artikel-artikel yang dibaca. Namun sayang, karena litelatur dan referensi bacaan yang minim, dan admin pun belum sempat mencari tahu lebih banyak, admin tidak mengetahui secara pasti kenapa burung cerecet jawa atau burung siki nangka ini dijadikan fauna identitas kabupaten Sumedang.

Burung Cerecet Jawa
Burung Cerecet Jawa
Burung ini termasuk jenis burung yang sangat aktif, mereka hidup berkelompok dalam jumlah kecil dimana sehari-harinya mereka mencari serangga kecil dan biji-bijian untuk makan, mereka mencari makan biasanya tidak jauh dari ranting pohon, semak-semak, sampai ke permukaan tanah. Ketika memasuki musim kawin mereka akan memisahkan diri dari kelompoknya dan memilih berduaan dengan pasangannya, dan pada musim berkembang biak burung ini banyak ditemukan di hutan-hutan konifer, hutan-hutan di pegunungan, hutan cemara, atau di pinggiran hutan. Keberadaan burung ini dialam liar masih sangat banyak dan termasuk kategori aman sehingga tidak termasuk binatang yang dilindungi oleh undang-undang.

Reff : omkicau.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

60 komentar

burung cerecet jawa merupakan fauna identitas Kabupaten Sumedang,pantesan atuh di kampung saya tidak ada burung yang seperti ini,..paling juga adanya manuk eprit ( piit ) yang suka makan padi disawah....

Di tempat saya masih banyak nih Burung cerecet, Kang Jery..
Suaranya nyaring dan lantang setiap pagi pasti bersahutan

Kang Dede sekarang mah manuk Pi,it atau manuh emprit bisa jadi duit
Di tangkap pemburu di jual buat mainan anak-anak tuh Kang :-)

bentuk burungnya imut. Saya kurang paham tentang burung, jadi dapet tambahan ilmu deh. Makasih. :)

Karena saya gak paham tentang burung, jadinya saya gak tau di daerah saya ada apa nggaknya nie burung... rada mirip burung pipit ya :)

baru di sini saya mendengar nama burung cerecet. nggak heran karena ini yang langka dan memang eksklusif di sumedang. selamat buat sumedang yang memiliki jenis hewan eksotik ini.

sama dg pake arien agree saya juga baru dengar dan tahu ada burung ceret jawa. Di tempat saya burung koloni bertubuh mungil seperti ini paling banyak burung pleci, namun kuning warna bulunya

dulu sy seringa piara burung ntu, tapi lama2 ah biarkan burung ntu bebas di luar sana ...hehe

sering lihat burung ini mas,suara kicaunya lumayan bagus

klo di tempat saya nggk banyak burung jenis ini mas :)
kunjungi balik ya..

Apa karena suaranya nggak henti-henti berbunyi yang kayak orang cerewet, makanya disebut burung cerecet. Walo saya asli ndeso lereng gunung semeru, sepertinya saya belum mengenal jenis burung ini

burung nya lucu banget ya mas, hampir mirip dengan burng emprit tapi yang ini bener bener lucu :)

ini burungnya katanya ada di seluruh jawa barat ko n jawa tengah kok kang dede...jadi di daerah akang juga pasti ada...
burung emprit warna warni ya kang karrys :))

iya kang semakin menambah indah suasana pagi ya :)

iya kang mirip...pasti ada atu kang :)

ndak langka n ndak eksklusif kok kang...banyak berkeliaran dimana-mana :))

burung pleci itu brung kacamata bukan ya mas ??

iya mas, lebih baik dibiarkan bebas ya :)

iya mbak...sedikit ada variasi warna ya :)

mmm iya mungkin begitu kang, tapi burung ini bunyinya ndak terlalu nyaring kok

Wah sy baru tau di sini malah nama jenis burung ini mas :)

Udah pake tld ya mas sekrng :)

saya teh sangat bangga punya burung cerewet jawa...cuman kenapa yeah namanya ko bukan cerewet sunda...padahal yang cerewet itu kan emang gadis sunda

Iya keren sudah pake domain COM Keren sekeren kerennya
Hidup Keren :))

wah itu fotonya dari alam ya? atau bagaimana mas? nampaknya imut banget burungnya. heheh

burung Cerecet teh burung emprit atau apa kang ? ... koq gambarnya mirip ya hehehee

saya mah udah menyimak dari kemaren ge'.

saya mah udah menyimak dari kemaren ge'.

cerecet teh sama dengan emprit kan?

Burung Cerecet? wah, baru denger saya.. penasaran sama kicauannya..

Hmm... baru tau saya mas kalau burung itu adalah fauna identitas Sumedang. Selama ini taunya fauna khas Jawa Barat aja, Macan Tutul alias Panthera pardus, hehe....

Di sekitar kos saya kalo pagi suka ada burung yg mencericit. Tapi kayaknya itu burung gereja, bukan burung cerecet :D

iya tuh, saya juga ngalamin kang dicerewin gadis gadis sunda huhuhu :-)

sok atuh kita bahsa ulang ?? apa cing isi artikel ini ??

iya kang sepertinya dari alam, saya kurang tau karena ngambil gambar dari sumber lain :))

iya kang mirip ya, tapi da bukan :))

kalau sama suara saya yg merdu penasaran ndak kang ??

hee iya mas, kalau burung gereja sepertinya banyak ya, dimana-mana, bahkan sampe dikota-kota pun tetep banyak...adaptasi sama lingkungannya hebat

kalo didaerahku, kata 'cerecet' itu artinya sapu tangan sob..
gak nyambung ya..
diliat dari bentuk bodinya sih ini burung pasti jago berkicau

keren juga ya sumedang, punya fauna khas dan unik yang mana tidak dimiliki oleh daerah lain ;)

keren juga ya sumedang, punya fauna khas dan unik yang mana tidak dimiliki oleh daerah lain ;)

saya kok belum pernah ketemu sama burung cerecet ini mas, boleh minta sepasang nggak nih mas buat diternak :))

burung nyaa keceee bingitt gan jadi kpengen miara @-)

wah..itu uniknya Indonesia ya mas, satu kata bisa berlainan arti diberbagai daerah di Indonesia :D

sebenarnya banyak juga kok mbak di daerah lain :))

boleh mas, saya minta nomernya ya, nanti saya kirim burung cerecet jawa elektrik :-)

admin blog ini juga kece kang ?? :-)

kalau di tempat saya namanya apa ya ini ?

kalau di tempat saya adanya burung gereja kang, di plapon rumah, kalau lagi musim kawin rame banget hihi...

memang lagi buming bapak bapak suka plihara burung hihi...

itu makanan burungnya pasti tahu sumedang haha

sekarang abdi ngagaduhan manuk cerecet jawa ,,,suaranya merdu identik suara manuk galatik,,,,


EmoticonEmoticon