Tuesday, 6 May 2014

Gamelan Sari Oneng Mataram

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Satu set alat musik gamelan diatas merupakan salah satu koleksi Museum Prabu Geusan Ulun yang mempunyai daya tari tersendiri, sebenarnya ada larangan untuk memfoto atau mengambil gambarnya, namun ketika admin meminta izin kepada petugas di tempat gamelan ini berada, admin diizinkan untuk mengambil gambarnya, jadi tanpa ragu admin jepret sambil bertanya dan mencatat sejarah serta keunikan dari gamelan ini.


Berbicara tentang gamalen, admin rasa kita semua telah mengenal atau minimal mengetahui alat musik ini, dimana secara umum kita mengetahui bahwa gamelan merupakan kesatuan dari beberapa alat musik tradisional yang ditabuh untuk menghasilkan irama musik tertentu, gamelan sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu gamel yang berarti menabuh. Gamelan terdiri dari beberapa alat musik seperti gong, gendang/kendang, gambang, bonang, kempul, suling, saron, dan lainnya.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Kembali ke gambar atau foto gamelan diatas, satu set alat musik gamelan tesebut bernama Gamelan Sari Oneng Mataram, ya, tak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Sumedang mempunyai gamelan yang memiliki nilai sejarah, gamelan yang ada di Sumedang bahkan pernah melanglang buana ke negara-negara Eropa dan Amerika Gamelan tersebut adalah Gamelan Sari Oneng Mataram dan Gamelan Sari Oneng Parakansalak. Keduanya kini tersimpan di Museum Prabu Geusan Ulun.

Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan gamelan yang dibuat di Mataram dan dihadiahkan pada Sumedang ketika Sumedang berada dibawah kekuasaan Mataram. Menurut cerita dari guide di Museum Prabu Geusan Ulun dan telah admin baca juga dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan hadiah dari Mataram ketika Sumedang memenangkan pertandingan mengadu muncang (kemiri) antara Senapati Sumedang dan Senapati Mataram pada masa pemerintahan Pangeran Rangga Gempol III atau Pangeran Panembahan (1656-1706). Konon katanya, mengadu kemiri pada saat itu bisa disamakan juga dengan ajang mengadu kesaktian, jadi bisa dikatakan bahwa Senapati Mataram saat itu mengakui kehebatan Senapati Sumedang dan kemudian  menghadiahkan Gamelan Sari Oneng Mataram ini.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram menjadi artefak peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi Sumedang dan sekarang tersimpan dengan baik di Gedung Gamelan, yang merupakan salah satu bangunan dari Museum Prabu Geusan Ulun. Dulu gamelan ini sering digunakan untuk latihan tarian khas Kasumedangan di Museum, namun mengingat usianya yang sudah sangat tua dan rentan terhadap kerusakan akhirnya sekarang gamelan ini tidak dipergunakan lagi untuk berlatih.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

60 komentar

gamelan merupakan peninggalan adi luhur nenek moyang kita,,,

Selamat malam Kang Jery, Wah kalau lihat gamelan saya teringat Kampung halaman saya
Di Jawa Tengah Kang. Dan di Kota Sumedang Seni Budaya masih lekat pada kesenian
Peninggalan sejarah yang sangat melegendaris ini. makasih Kang atas artikelnya :)

Betul yah Mas Joe alat Musik Gamelan ini, sangat memberi ciri seni
Sejarah Nenek Moyang. Makasih Kang Jery sudah mempublikasi artikel ini

Sepintas terlihat perangkat gamelan ini mirip dengan perangkat "Talempong" alat musik tradisional minang kabau mas Jery...Ya, di Sumatera barat dikenal dengan nama Talempong...

Sepertinya mengandung aura mistis ya Mas hehehe, ini harus di lestarikan Mas...

berarti gamelan sari oneng merupakan sebuah pusaka ya mas [-(

satu lagi potensi budaya milik kota SUmedang yang membahana makjleb, perlu dikenalkan lebih giat lagi pada generasi muda khususnya....maklum saya juga baru tau dari sini... 8-)

kekuasaan mataram pernah sampe sumedang juga ya..?
kirain cuma sebatas jawa tengah dan sebagian jawa timur doang...

harus dilestarikan nih gamelan, jangan sampai tertelan zaman

waktu di SD saya sering mainkan gamelan tapi utk skrng jarang =))

hingga sampai sa'at ini masih senang denger kelotekan suaranya yang has dan enak dibuat santai, tapi sapai sa'at ini juga gak tau ginama cara mainkan gamelan ini heheheh

Musti dilestarikan nie kang biar gak tergerus oleh roda jaman :)

gamelan kuno seperti ini biasanya dikeramatkan ya mas, kalau di kraton jogja masing2 perangkat gamelan memiliki namanya sendiri2 dan pada hari2 tertentu diadakan ritual khusus utk gamelan :)

dimuseum sih emang masih ada dan terawat, sayang disayang, udah jarang kesenian tradisional ini manggung...kalah sama dangdutan seh.

wah ternyata menyimpan nilai historis yang tinggi. sudah berapa tahun tuh usia gamelannya.

Iss jadi rindu pengen denger alunan musik dari gamelan.. Di sini jarang ada soalnya :)

sumedang patut berbangga masih memiliki seperangkat gamelan kuno ya mas

Saya suka artikelnya yang berbau budaya. Amat sangat menarik.

Perbedaan sama gamelan pada umumnya apa ya bang ?

minta follow blog baru saya dong :o

nama gamelannya asik, sari oneng...jadi inget oneng dalam film ... ternyata tidak hanya di jogja saja gamelan masih diperhatikn...heheh :D

betul itu...salam hangat untuk bang joe dan bang saud :D

setuju sekali...salam hangat buat kang joe, kang karrys, dan kang jagad kawula :)

selamat malam kang karrys...iya kang begitulah mungkin :)
nah kang cilembu makjleb nih, suka dangdut koplo kah ??

mmmm jadi di tempatnya pak uda namanya talempong ya ?? saya baru tahu :))
iya pak mungkin mirip

hee iya mas memang begitulah kira-kira :))

iya mas, bisa dibilang begitu :-#

jiiahhh, kecup basah azah deh ah X-)

iya kang, karena sumedang pernah menyerah tanpa syarat pada mataram

kalau saya malah belum pernah :-)

sama mas...saya juga ndak tau gimana cara mainkannya :))

kalau dikeramatkan sih tidak mbak, tapi bernilai pusaka dalam artian peninggalan sejarah yang sangat berharga...
pusaka2 disini juga dicuci pada hari2 tertentu mbak :))

iya mas begitulah :))
itu ada tahunnya mass :))

kalau saya sih rindu yg maen gamelannya mbak :-)

perbedaannya gamelan ini memiliki nialai sejarah mas

iya mas, gamelan ini sangat diperhatikan dan dirawat karena memiliki nilai sejarah bagi sumedang :)

gamelan ini memang budaya bangsa indonesia ya mas, jadi harus dijaga dengan baik agar tidak hilang ditelan oleh jaman, pasalnya sekarang ini anak muda lebih senang musik pop rock hehe :D

ooo hadiahnya gamelan? kenapa nggak dikasih tahu sumedang aja? kan tahu sumedang lebih enak dimakan daripada sepaket gamelan~~~

saya juga belum pernah main gamelan...
yuuuuk main yuuk :))

adu kemiri ? kemirinya diapain ya kira2?? dulu waktu kecil sih pernah main kemiri juga, beneran permainan kemiri lho

klo denger nama oneng jadi inget film komedi bajaj mas hehe..

Wa'alaikumsalam, Gamelan harus terus dilestarikan. Warisan seni leluhur kita

jadi teringat saat masih kuliah... ada pelajaran bahasa jawa, trus di suruh praktek menari serta di iringi musik jawa, termasuk gamelan nya.. berhubung ane cowok, ane gak pernah ikutan praktek soalnya malu. akirnya nilai semster hancur ;(

Ditempat saya ada juga Kang Museum yang banyak menyimpan alat-alat musik TRADISIONAL tapi sayang generasi sekarang banyak yang tak mengenal dengan nama-nama alat musik tersebut mungkin mereka sibuk liat SINETRON di televisi ya Kang..hahahhahyyy

hehehe iya mbak, pasti cantik kalau cewek yg maininnya (m)

kalau gamelan ini sih tidak dicuci mas...tapi pusaka dlm bentuk keris biasa dicuci pada bulan tertentu

iya mbak setuuju sekali, yg suka dangdut juga ndak kalah banyak ya :-)

tapi gamelan lebih enak didengarkan kalau dimainkan kan mbak daripada tahu sumedang :-)

ya diadu gitu mas, kemiri ditumpuk 2 lalu diatasnya disimpan tongkan bambu...tongkat bambunya dipukul...nah yang kemirinya pecah berarti kalah

trus kalau dengar nama jery ingat apa mas :-)

pengalamannya hampir sama dengan saya mas :-)

iya mbak..salah satu penyebabnya itu mungkin ya :)
mesti digalakkan lagi ni sama anak2 muda :-#

tetap dijaga terus ya budaya indonesia ini,salah satu warisan asli dalam negri


EmoticonEmoticon