Tuesday, 8 April 2014

Curug Jatma, Potensi Wisata di Lembah Bukit Chandra

Curug Jatma
Curug Jatma Terlihat Dari Jauh
Sekarang admin akan coba bercerita pengalaman ketika berkunjung ke salah satu air terjun yang ada di Sumedang. Beberapa waktu yang lalu admin berkesempatan singgah di Kecamatan Wado dan mendengar dari penduduk sekitar bahwa di daerah itu ada sebuah tempat yang sangat potensial untuk dijadikan objek wisata air terjun, tempat tersebut berada di desa Sukajadi tepatnya di lembah bukit Chandra, yaitu Curug (air terjun) Jatma dan Curug Cilengkrang, Curug yang bisa dibilang masih perawan dan berada di dalam hutan.

Tanpa pikir panjang, setelah mendengar berita tersebut admin langsung bergegas menuju ke lokasi, ya, admin sangat antusias karena selama ini yang admin tahu curug atau air terjun yang dikenal untuk kegiatan wisata di Sumedang hanya ada lima yaitu Curug Ciputrawangi, Curug Gorobog, Curug Cipongkor, Curug Sabuk, dan Curug Cinulang, kalau sobat googling di internet tentang air terjun di Sumedang pastilah kelima air terjun tersebut yang muncul di daftar pencarian, admin pun sudah mendokumentasikan beberapa diantaranya di situs ini yaitu Curug Gorobog dan Curug Cuptrawangi.

Lihat : Curug Gorobog, Curug Bertingkat Tiga dan Wana Wisata Curug Ciputrawangi

Tentunya hal tersebut membuat admin jadi penasaran, karena ini bisa menambah referensi bagi kawan-kawan pecinta air terjun yang senang mengeksplorasi air terjun di berbagai daerah, dan bukan tidak mungkin air terjun ini bisa menjadi sumber pemasukan bagi Kabupaten Sumedang jika ia sudah banyak dikunjungi dan bisa lebih dikenal lagi. Jika ditarik garis lurus, sebenarnya letak air terjun ini berada tidak jauh dari Tanjakan Cae, yaitu sebuah tanjakan yang berada di Kecamatan Wado dan menjadi penghubung antara Sumedang dengan kawasan Kabupaten Garut, letak Tanjakan cae sendiri bisa kita jumpai setelah melewati Kecamatan Situraja, Darmaraja, dan Wado dari arah Sumedang kota dengan melalui jalan Rd. Umar Wirahadikusumah. Namun kontur tanah yang berbukit-bukit menjadikan air terjun ini terasa begitu jauh untuk ditempuh dari ruas jalan Provinsi tersebut.

Curug Jatma
Pengunjung Curug Jatma
Source :
sumedangonline.com
Admin memulai perjalanan dari arah kampung Pasir Hurip, awalnya, admin merasa antusias walaupun harus menerobos sawah, hutan, dan ngarai untuk mencapai air terjun ini, apalagi suara gemuruh air terjun sudah mulai terdengar dikejauhan, perjalanan admin menuju air terjun ini ditemani suara binatang yang saling bersahutan, suara-suara tersebut menambah sensasi selama diperjalanan.

Kendala yang admin hadapi saat menuju ke Curug Jatma ini adalah, tanah merah yang terasa licin ketika diinjak karena malam sebelumnya kawasan ini diguyur hujan, admin semakin ragu untuk melanjutkan perjalanan ketika admin jumpai ternyata semakin ke dalam hutan medannya pun semakin sulit yaitu tanah licin dengan kontur jalan menurun dimana jalannya berupa jalan setapak yang hanya cukup untuk satu orang, satu sisi diapit gawir (jurang) dan tanpa pagar pengaman.

Dan akhirnya, mental admin benar-benar ciut ketika hujan gerimis mulai turun dan membuat jalan setapak dihadapan semakin licin, walhasil,  adminpun sempat terperosok satu hingga tiga kali di sebuah turunan, untunglah masih sempat berpegangan pada beberapa tanaman disekitar lokasi. Lembah dan ngarai yang harus dilalui untuk sampai ke air terjun ini benar-benar mengocok adrenalin. Untunglah dari tempat yang membuat hampir terperosok tersebut Curug Jatma sudah bisa terlihat walau tak secara utuh seperti bisa dilihat pada gambar diatas, admin perkirakan tinggi air terjun ini mungkin sekitar 70 meter dan tak kalah indah dari curug-curug lainnya, setidaknya dengan melihatnya dari jauh membuat admin tidak begitu penasaran.

Berhubung hari sudah semakin sore dan gerimis pun tak kunjung reda, admin putuskan untuk balik badan dan pulang, sedikit kecewa memang saat itu tidak benar-benar berhasil mendokumentasikan Curug Jatma dan sama sekali tidak mendapatkan gambar Curug Cilengkrang, apa mau dikata karena sikon memang tak mengizinkan. Mungkin nanti suatu saat jika cuaca cerah admin akan kembali lagi kesini untuk mengeksplorasi dan menikmati air terjunnya. Admin sempat bertanya-tanya kenapa air terjun seindah ini tidak dikembangkan menjadi tempat wisata yang nyaman dan bisa mendatangkan banyak pengunjung ya oleh Dinas yang berkaitan, sangat disayangkan.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

73 komentar

wah, seru banget mas pengalaman mendakinya
berjalan di jalan setapak yang licin pula, seperti latihan perang yaa mas
tetapi setelah sampai tempat yang di tuju pemandangan yang indah pun menyambut
mantap mas :o

Indah banget ya mas air terjun curug jatma ini, ingin sekali saya berkunjung ke sumedang menyaksikan semua air terjun yg ada disana :)

Curugnya mirip sekali dengan curug di wilayah saya :)

ini bener2 indah mas, di daerah saya gak ada tempat seperti ini adanya cuma laut, maklum daerah pesisir. hehe terima kasih infonya..

saya sedang memikirkan soal slot iklan dan mas epenk nih Kang. jadi pengin ketularan euy

potensi wisata ini kalo bisa diberdayakan dan pemerintah daerah pun peduli, bakalan jadi banget

cantiknya air terjun ni ......lain kali boleh cuba lagi utk buat liputan dgn pic2 lebih cantik.

air terjunya mantap ya Mas.. bisa buat jepret-jepret nih..:D

beutifull alias cantik banget ya mas pemandangannya..
dan sy setuju sama pendapat dari mas zach perlu adanya care dari pemerintah setempat..dan kita yakin bakal tp wisata di sana akan byk di kenal para wisatawan :)

tempatnya sangat sejuk Mas, apalagi ada air tejunnya, buat ketengan jiwa enak nih... :)

Butuh perjuangan ke curug jatma ini, sayang nggak dapat banyak gambar ya kang...kelihatannya eksotic jg
Curug kalo di jatim coban sama dg air terjun

Ingin sekali kapan-kapan bisa ikut hadir di lokasi curug jatma ini, pasti seru ya Mas. :D

Salam

Jadi ingin kesana sob,sepertinya bagus pemandangan nya.

selamat dan semoga dollarnya berlimpah dari GA, agar sumedang makin maju karenanya.

namanya curug tentu indah dan butuh perjuangan untuk bisa menyambanginya....kapan atuh ngajakin sayahnyah?

Dilihat dari gambarnya saja sudah nampak keindahan alamnya, apalagi kalau ada dilokasinya...jadi pengen kesana, hi hi!

subhanallah.. sungguh cantik air terjun itu.. memang sangat tinggi 70 meter.. boleh mandi atau tidak di situ?

tempatnya bagus ya mas,sepertinya udara disana juga masih segar,bisa untuk menyegarkan pikiran juga

Potensi alam air terjun ini memang sebaiknya dikelola dengan baik dan profesional karena sangat banyak manfaat multiplier effectnya. Salah satunya adalah untuk kepentingan Sumedang sendiri dengan meningkatnya kunjungan sehingga akan mendongkrak Pemasukan Aseli Daerah (PAD) dan membuat daerah Sumedang semakin dikenal baik dalam skala nasional dan Internasional

Wah keren mas tempatnya.. Kapan kapan kalau mas JY jalan jalan lagi, saya di ajak donk mas. Soalnya saya nggak pernah jalan jalan mas. Hehehe

iya mas sayang sekali, semoga kedepannya obyek wisata air terjun ini mendapat sentuhan-sentuhan agar lebih terkenal dan memudahkan pengunjung yang akan ke situ

wih serunya mas jadi pengen kesana :D

Curugnya keren mas.. apalagi masih ada dialam hutan... nglihatnya bisa berada adem

Wah, jalan menuju ke sananya agak serem juga, ya.... Tapi mungkin para petualang malah seneng dengan jalanan yg kayak gitu, soalnya menantang, hehe....

Wah... air terjunnya keren sekali brow...

pemnadangannya hampir sma kyk di daerah saya namnya kali bendo mas jery.. sambil bawa rujak kesana nyam.. nyam kali ya :D

berwisata ke curug memang seru apalagi kalau rame-rame :D

luar biasa mas pemandangan alam nya sangat menarik sekali curug nya, semoga aja bisa menjadi obyek wisata yang menarik dan bisa meningkatkan daya minta turis untuk berkunjun ke curug jatma tersebut :)

Sungguh Indah sekali yah Kang Jery pemandangan Curug Jatma
Pas sekali jika untuk berwisata bareng keluarga, terima kasih ya
Kang atas artikel yang Indah ini, salam sukses :)

Sangat menajubkan yah Kang Jery Curug Jatma itu saya belum tau,
dan menyaksikan keindahan alam nya disitu, saya lihat diartikel ini saja :)

ini nih... yang hobinya ngebolang...

sayang sekali karena cuaca gak bisa sampai ke Curug Cilengkrang
yah... mungkin suatu saat Pemdanya akan mengembangkan tempat ini menjadi tempat wisata menarik.

saya malah pernah ke curuh sabuk aja..
semasa kkn d sumedang... hampir saya jelajahi kota tahu itu...
haaaaa jadi kangen sumedang

Keren Kang GA nya serasi dengan blognya.
Curug nya keliatan masih sangat asri ya Kang :)

seandai nya saja tempat tersebut dijadikan obyek wisata, pasti sangat potensial ya mas, mengingat keindahan alam nya sudah tidak diragukan lagi ;)

Kunjungan Malam Kang Jery, kembali saya baca rtikel Bermanfaat
Ini cocok sekali buat liburan nih bareng keluarga makasih atas artikelnya Kang

hayu atuh kang baho sama kang karrys, kita bareng2 datangi curug ini :)

iya mbak dipersilahkan sekali untuk berkunjung kesini :)

kalau di derah saya mlah ndak ada laut mas karena daerah pegunungan :) sama sama mas

tinggal dikontak saja kang :) beliau siaga 24 jam kok baik dan tidak sombong pula dalam melayani keluhan kita :))

jadi apa kang ?? tetep jadi curug kan ya?? (m)

iya kak, mudah2an nanti kapan2 saya bisa kembali lagi kesini

iya mas...kalau punya kamera yang lebih bagus pastinya lebih mantap lagi :o

iya mas, sayangnya mungkin sekarang in hal tersebut belum terjadi 8-)

iya sob, kalau buat ngadem sepertinya cukup top air terjun ini...sayang untuk menuju lokasinya rada susah

iya betul mas...
istilah atau namanya beda2 ya mas disetiap daerah

tapi kalau curug gorobog mah ndak sesulit ini kang perjalanannya, kapan2 kita ke curug cinulang atuh yu kang ?? malu euy takut ganggu kalau ajak2 tu :))

aamiin kang hatur tengkyu

sok atuh kang diantoslah diisni :)

kalau sekedar berbasah2an boleh saja kak tapi mesti hati2 :)

iya mas, udara disini segar layaknya dipegunungan

setuju pisan sama kang aseppp...terima kasih atas tambahannya kang :)

boleh mas :)
ayo dong kesini mas nadynya :))
saya juga ndak pernah jalan2 ko, cuma dolan2 saja :))

aamiin mas...semoga saja harapan kita tersebut cepat terwujud ya :))

sini mas...saya tunggu lho ya :))

iya mas..tapi untuk menuju lokasinya lumayan susah nih :o

nah iya mas...cocok lah buat para petualang mah :))

iya mas...sambil bawa nasi liwt plus lauknya dijamin makin mantap ya :-#

iya teh...kalau sendirian mah malah syereeemm :))

aamiin mbak..semoga saja begitu ya...perlu penataan lebih lanjut lagi ni curugnya

hee iya kang :-)
aamiin kang mudah2an saja demikian

hee kapan atuh mbak kesini lagi :))

hatur nuhun kang...kalau serasi bisa dinikahkan dong ya :-)
iyaa kang, jauh pula dari hiruk pikuk kota :)

iya mbak sayangnya hal tresebut belum sekarang bisa terwujud =))

selamat pagi kang...iya kang hatur nuhun :))

sepertinya tempat ini pas buat melepas penat ya mas,pemandangannya bagus

wah, sungguh suatu pemandangan yang sangat menggoda mas, begitu asri dan menenangkan alamnya

pasti bakalan rame ya mas apabila curug tersebut dijadikan obyek wisata ternama di daerah setempat soalnya crug di tempat saya juga rame banget pengunjung nya ;)

Tapi walaupun agak susah sepertinya banyak yang suka lho Mas :D

ass kang,,saya dari pihak desa pribumi desa cilengkrang keberadaan curug kembar / curug zatma dan curug cilengkrang ,,makasih postingan ya insyalah untuk kedepan nya sarana untuk melestarikan nya akan di tindak lanjuti secara bertahap :)knggo dulur" anu penasaran hyg ka curug kembar sok di pandu ku abdi kontek wae kang pin abdi 572283DD mangga d antos :)


EmoticonEmoticon