Sunday, 2 March 2014

Situs Masjid Kuno, Masjid Agung Manonjaya, Tasikmalaya

Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Beberapa waktu yang lalu admin berkesempatan singgah di sebuah Masjid yang kental dengan nilai-nilai sejarah yaitu Masjid Agung Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya. Admin rasa pengalaman  singgah di Masjid ini cukup unik karena admin baru pertama kali singgah di Masjid Agung Manonjaya ini tapi anehnya admin merasa tidak asing dengan arsitektur masjidnya, ya, karena setelah admin berkeliling dan melihat-lihat bangunan Masjid Agung Manonjaya ini, ternyata arsitekturnya sangat mirip dengan Masjid Agung Sumedang, kalau dianalogikan mungkin seperti saudara atau adik kakak. Berikut kita coba bandingkan dulu kedua bangunan tersebut

Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Sumedang
Masjid Agung Sumedang
Beberapa perbedaan terlihat hanya pada bangunan-bangunan sekelilingnya saja, dimana di Masjid Agung Manonjaya terdapat bangunan menara yang agak lebar dan tidak terlalu tinggi, bangunan kokoh tersebut dulunya dipakai oleh muadzin untuk mengumandangkan adzan ke seluruh penjuru kota, sedangkan di Masjid Agung Sumedang menara untuk mengumandangkan adzan ini lebih tinggi dan lebih ramping. Menurut admin pribadi persamaan antara Masjid Agung Manonjaya dengan Masjid Agung Sumedang dapat dilihat dari beberapa hal berikut :
  1. Atap Masjid tumpang tiga dan di ujung bangunan paling atas terdapat mustaka yang bentuknya mirip mahkota,
  2. Mempunyai banyak tiang penyangga Masjid,
  3. Jendela dan pintu Masjid berukuran besar sehingga sirkulasi udara di dalam Masjid menjadi lancar dan terasa sejuk,
  4. Meskipun bangunan Masjidnya cukup besar, ruangan di dalam masjid untuk shalat berjamaah terbilang cukup kecil untuk ukuran sebuah Masjid Agung, namun sebagai gantinya beranda Masjid cukup luas untuk menampung banyak jamaah
Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Sama halnya dengan Masjid Agung Sumedang, Masjid Agung Manonjaya yang terletak di Dusun Kaum Tengah, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikamalaya ini memiliki kekhasan tersendiri dari segi arsitekturnya, selain itu kedua Masjid ini sama-sama dilindungi oleh undang-undang yang dikeluarkan oleh Badan Arkeologi RI yang merujuk UU Kepurbakalaan pada 1 september 1975.

Itu berarti persamaannya tak hanya dari segi arsitektur saja, dari segi usiapun hampir sama, sama seperti Masjid Agung Sumedang Masjid Agung Manonjaya ini sudah berusia ratusan tahun dan sudah digolongkan ke dalam sebuah situs warisan yang harus dilindungi keberadaannya. Dari beberapa sumber dikatakan bahwa Masjid Agung Manonjaya ini dibangun sekitar tahun 1837, dan ada pula yang menyebutnya dibangun sekitar 1832, terlepas dari perbedaan tersebut tentunya usia Masjid ini dapat dikatakan sudah sangat tua, hampir dua abad. Berdasarkan hal tersebut maka Masjid Agung Manonjaya ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan dilindungi oleh undang-undang kepurbakalaan serta menjadi sebuah situs yang harus dilindungi keberadaannya.

Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Seperti telah disebutkan diatas, Masjid yang secara arsitektur sangat kental dengan nuansa neoclasic ini memiliki banyak tiang penyangga, kabarnya tiang penyangga tersebut berjumlah 62 buah dengan diameter antara 50-80cm, dilihat dari kejauhan pun Masjid ini nampak mencolok dan berbeda dengan area sekitarnya dengan dominasi warna hijaunya.

Sama seperti admin barangkali sobat ada yang bertanya-tanya, Masjid ini berada di wilayah kecamatan dan jauh dari pusat kota Tasikmalaya tapi kenapa status dan namanya adalah "Masjid Agung"? karena biasanya  Masjid Agung itu berada di pusat kota atau di pusat kabupaten. Jawabannya, hal itu mungkin adalah karena dulunya daerah Manonjaya ini adalah ibukota Tasikmalaya sebelum dipindahkan ke pusat kota yang sekarang. Ya, ternyata jika melihat dari sejarahnya, daerah Manonjaya ini dulunya adalah ibukota Kabupaten Tasikmalaya ketika masih bernama Kabupaten Sukapura, nah mungkin karena hal itulah Masjid ini dinamakan Masjid Agung dan namanya tidak berubah sampai sekarang.

Masjid Agung Manonjaya
Masjid Agung Manonjaya
Terlepas dari apa yang telah admin sebutkan diatas, admin ingin mengajak pada sobat-sobat semua mari kita pelihara berbagai peninggalan sejarah yang ada di negeri kita ini, baik itu bangunan bersejarah, adat, kesenian, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan bangunan-bangunan bersejarah, jika memang kita tidak bisa ikut memeliharanya, setidaknya jangan kita merusaknya, karena banyak kita jumpai di tempat-tempat atau di bangunan-bangunan bersejarah terdapat coretan tangan-tangan jahil ataupun sampah yang merusak keindahan dan juga merusak fisik dari bangunan bersejarah tersebut, bukankah indah jika kita melihat sebuah situs atau cagar budaya yang bersih, rapi, dan sedap dipandang mata seperti halnya Masjid Agung Manonjaya ini?

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

115 komentar

Subhanalloh,bagus banget yah Masjid Manon Jaya Tasik,saya yang dekat ( Garut ) belum pernah melihat secara langsung,,,,,aerikel ini jadi nambah wawasan nih ,Haturnuhun Kang Jerry untuk infonya....

Tapi Tika lebih suka tuh masjid Manonjaya Kang, karena warnanya ijo.. Seger aja liatnya :)

semoga terpelihara dan makin indah yah Kang. Tika keduluan sama Kang Dede pertamax nya :(

masjid agung manonjaya benar2 fantastis ya mas, hmmm ingin sekali saya rasanya masuk kesana :)

statusnya situs bangunan kuno tapi kok keren kayak bangunan masa kini ya, bahkan lebih keren x-)

Subhanallah, keren banget masjidnya ya kang....

Indah sekali ya kang dan langit-langitnya :)

2 mesjidnya dari bentuk luarnya mirip mas,tpi saya blm pernah singgah kesitu :)
mungkin klo lagi jalan2 ke daerah situ bsa mampir dulu melihat masjidnya

Wah bagus ya mas masjidnya. Saya suka warnanya. Hijau jadi kelihatan teduh ya mas.

sekarang ini jarang banget lho masjid yang pake atap bertingkat kaya Masjid Kuno ini, sekarang kebanyakan masjid malah bentuk bulet kaya mangkok di teengkurapin :D

nampak indah, klasik dan terjaga, smoga sllu terawat dg baik

Mendengar Manonjaya cukup dikenal sebagai tempat jiarah, menambah wawasan, postingan yang bisa mempertebal keimanan kpd kita

mungkin juga kali ya mas,,, masih sodara bersejarah, ,, bgunannya juga mirip

Mesjid Kuno namun struktur bangunanya sangat modrn
dan bagus yah Kang Jery. makasih atas berbagi infonya :)

jepretan fotonya indah. Saya suka dengan bangunan bangunan KUNO seperti ini. Menjadi refleksi kita pada jaman ke emasannya

Bangunan masjidnya sangat memiliki perpaduan seni gaya jawa dan arsitektur timur tengah dan sedikit ada Tionghoanya ya Kang ? Itu sih kalau saya lihat. Dan ini merupakan salah satu situs budaya sejarah yangberada di kwasan daerah Tasikmalaya.

Salam

masjid nya mengah nya mas salam sukses udh lama tidak berkunjung

Masjid nya bagus...
Bagus lagi kalo banyak jemaahnya :)

Masjid Agung Tasikmalaya, walau sudah berumur..tapi bangunannnya kelihatan masih kokoh dan terawat dengan baik....salut buat pengurus masjidnya dan pemerintah yang sudah memelihara situs yang sangat bersejarah ini......luarbiasa,
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

cantik dan unik senibina masjid agung tasik malaya itu.. tentu ramai jemaah yang solat di sana..

Wah si akang same juga ke Tasikmalaya.. Sudah deket sama daerah sayah atu itu mah...

sesuai dengan namanya.. memang benar2 agung.. semoga tidak hanya tampilan fisiknya saja ya yang agung.. tapi juga selalu penuh baik dengan yang ingin ibadah dan menguatkan islan dan bermanfaat utk masyrkt sekitar..

Wah masjidnya keren dan unik gan meskipun sederhana.

subhallah sangat lauar biasa rumah Allah ini :) salam

masjidnya sangat unik dan menarik mas, saya pun suka dengan cara pengambilan gambarnya..

Bangunan masjid tempo doeloe mmg mengadopsi pura style ya, mas. Mngkin ini yg disebut berasosiasi... h-hee...

Mas ustadz pernah mengunjunginya pas studi banding pesantren.

Karena manonjaya termasuk kota santri makanya suasana disana teduh dan menenangkan. Jadi cocok juga buat mencari ketenangan.

Luar biasa semoga masjidnya selalu dirawat ma pengelolanya sehingga itu menjadi amal baginya kelak. Aamiin.

hadeuh punten pisan kang, saya teh rada kesulitan wae BW, modem na asa tambah lelet pisan, ditambah saya mah kalau BW teh di browsr na suka penuh sama link...kalau satu satu malah ngga sabaran gituh...payah kan...siapa yang payah coba?

dua-duanya emang mirip ya...masih bagus bangunannya Mas, ya.... (o)

Lihat gambar mesjidnya jadi adem...

situs masjid agung manonjaya tasikmalaya bagus banget yah mas, terlihat dari gambar di atas masih terawat dan tertata dengan baik, makasih sharingnya mas :)

Subhanalloh, jadi pengen saya ke Masjid Manon Jaya Tasik, kapan akang WS mau ngajak saya ke masjid ini ya

saya juga belum pernah melihat langsung kang

kalau warnanya iji adem di hati juga ya, gak apa lah Tika khan keduax :-)

maksud saya Ijo bukan Iji :-)

beh mantep banget masjidnya, jadi pengen jalan jalan ke tasik ni. =))

Kunjungan sore Kang Jery, simak lagi di artikel situs kuno masjid Agung
Bagus yah Kang Mesjidnya, adem bersih pasti jemaahnya akan betah

Selamat sore Kang Jery, kunjungan Rutin mampir lagi nih Kang
Masi penasaran dengan keindahan mesjid Manon jaya Tasik malaya

luar biasa ya mas, bangunan masjid nya masih berdiri kokoh meski dimakan usia yang sudah tua. Jadi bisa untuk ibadah bagi umat muslim di masjid tersebut dengan nyaman ya mas :)

@ kang dede : sami2 kang...hehe sibuk sama kerjaan ya kang jadi gak pernah main kesini waupun dekat...ini ge WS kebetulan weh lagi ada waktu luang n main ke mejid ini :)

@ mang yono : Alhamdulillah WS mah pernah :)

@ Mbak Tika N mang yono : kalau ijo rasanya lihatnya adem ya hehe...mbak tika lumayan kan kalau keduax dapat solar :))

@ kang Karrys : silahkan kang...iya kang pastinya betah...saya pun sampai betah sekali shalat n istirahat di Masjid ini

admin WS juga keren kan mbak ?? :-)

iya mbak...walau ini bangunan jaman dulu tapi keren sekali, untuk beribadah pun nyaman

langit-langitnya ?? maksudnya langitnya mas ?? biru mendayu-dayu ya :))

iya mas aamiin, dijamin gak nyesel deh kalau jalan2 ke situs2 dan bangunan bersejarah seperti ini :)

iya mas, adem dihati ya...dijamin menyembuhkan galaau juga :))

iya kang kebanyakan masjid sekarang bentuknya kubah begitu ya...kalau jaman dulu mah masih terpengaruh kebudayaan sebelumnya...mereun eta ge :))

iya kang betul sekali...terima kasih :)

iya kang...membuat kita jadi menerawang kejaman dulu ya...
terima kasih kang :)

iya pak...perpaduan budayanya sangat kental terlihat di masjid ini ya..
terima kasih atas tambahannya..salam

iya ya pak...masjidnya tetap kokoh berdiri hingga saat ini pastinya tidak bisa dilepaskan dari peran pengurusnya yang sangat telaten merawat masjid ini.

salam :)

iya kah kang ?? akang didaerah mana gitu kang ?? padahal kenapa kita gak kopdar yah ??

terima kasih mas...kebetulan cuaca sedang cerah ketika saya datang kesini, jadi ngedukung juga pada hasul jepretannya hehe

mungkin juga pak...mirip2 kelenteng gitu ya hehe

wah pernah berkunjung kesini juga ya mas ??
iya mas tasik memang kota santri jadi kitapun yang berkunjung merasakan kedamaian dan perasaan teduh....aamiin mas

tak ada yang salah kang...yang salah hanyalah takdir yang selalu memisahkan kita, halah :-)

wah itu mah belum isi pulsa atau bayar tagihan kali kang :-)

hayu mang besok2 yuk ah kita kesini ?? refreshing n juga wisata religi n wisata sejarah kan mantap tuh

bisa dicoba kang kapan2 kesini, recomended banget dah

selamat pagi kang...hatur nuhun kang sudah rutin berkunjung kesini :))

iya mbak, keren yah hehe...terima kasih atas tambahannya :)

indahnya..! perpaduan warna catnya pas banget, gk mencolok jg gk buram,
soal style yg muda biasanya niru yg tua :o

masjid ni bentuk senibina cina..di Melaka juga ada sebuah masjid bentuk begini...

hehe seperti kita2 ya mas...niru contoh yg tua2 aja dh ya tinggal ngikut :))

iya pak arsitekturnya dipengaruhi gaya bangunan tionghoa juga ya nampaknya

iya mas... sangat indah.. kapan mampir ke blogku? hehe

kalo manonjaya sama tasik mah deket kang :D

masjid nya masih terjaga dan terlihat indah

bangunan mesjidnya masih indentik dengan adat daerah setempat yaa mas, jadi terlihat lebih eksekutif gitu, mantep deh pokonya :)

megah banget gan... ditempat ane kagak ada mesjid semegah ini... mantab deh,,,
blognya sudah saya follow nih... salam kenal dan follow balik blog saya ya.. hehe

heee iya mas saya baru sempat berkunjung barusan...sibuk euy hehe

iya teh...bukannya manonjaya ini ditasik ya ?? :))

salam kenal sob...blognya sudah saya follow juga, terima kasih ya :)

Masjid yang kaya gini yng harus dilestarikan mas,
bukan hanya dilestarikan penjagaanya, tapi juga isi jamaahnya.,
info yang bagus mas jefry, semoga setelah terbitnya postingan ini, semakin banyak jamaahnya yah mas., Aamiin., :)

situs tersebut sebaiknya dijaga dan dilestarikan ya mas agar bisa awet bangunan nya meski usia nya sudah tua :)
paling tidak, ada renovasi secara berkala terhadap bangunan nya

masjidnya asli unik nih kang, semoga pengunjungnya selalu ramai untuk beribadah kepada Allah ya kang...

aamiin hehe...terima kasih mas :)

iya mbak setuju sekali, tapi bangunan utamanya ndak boleh dirubah kan bangunan ini masuk cagar budaya

jika dilihat dari segi desainnya sangat bersejarah ya.

walaupun usia masjid nya sudah tua, tapi struktur bangunannya masih terlihat gagah dan mentereng ya mas

iya mas...masih keren sampai sekarang ya :)

Wah kalau bisa menetralisir galau, cocok nih mas buat para jomblo mendekatkan diri di masjid ini hehehehehe

mungkin kedua masjid tersebut dibangun pada era yang sama makanya memiliki kemiripan arsitektur..

sungguh indah.... suasananya sangat terjaga...

nah cocok banget kan mas...heheh

iya mungkin mas...saya belum mendapat sumber yang menerangkannya

masih bagus ya sob mesjid kuno nya. hebat orang tasik bisa rawat masjid kuno dengan baik. semoga warga nya semakin makmur

saya malah belum pernah berkunjung ke masjid tersebut mas hehe :)

Mesjid tersebut sangat perlu dilestarikan dan dimakmurkan, terimakasih informasinya ya :)

nampak bagus dari luarnya.. mesti terus di jaga ya mas krn peninggalan sejarah juga


EmoticonEmoticon