Thursday, 2 January 2014

Mangga Gedong Gincu, Ratunya Buah Mangga

Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu
Jika sobat melakukan  perjalanan Bandung - Cirebon via Sumedang pada waktu musim mangga seperti sekarang ini, di ujung Kabupaten Sumedang, yaitu Kecamatan Tomo yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, sobat akan menemui banyak pedagang mangga gedong gincu yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan dan bisa membawanya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari Sumedang.

Siapa tak kenal mangga gedong gincu, buah yang menjadi favorit kebanyakan orang sampai ada yang menyebutnya sebagai rajanya buah mangga (tapi raja kok bergincu ya? mungkin yang lebih tepat kiasannya adalah ratunya buah mangga). Buah mangga yang berukuran sedang kurang lebih seukuran dengan buah pear ini mempunyai bagian warna yang menggoda merah merona, maka dari itu diberi nama gedong"gincu", buahnya mempunyai tekstur yang lembut, manis dan harum.

Seperti halnya Ubi Cilembu, Mangga Gedong Gincu merupakan kuliner khas Sumedang yang bisa banyak dijumpai juga di berbagai daerah, hanya bedanya Mangga Gedong Gincu ini tidak hanya dipatenkan oleh Sumedang, tapi mendapat Sertifikat Indikasi Geografis untuk tiga daerah yaitu Sumedang, Majalengka, dan Cirebon.

Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu
Berikut adalah beberapa tips dalam memilih mangga gedong gincu yang berkualitas baik :
  • Dari segi bentuk, dari segi bentuk biasanya mangga gedong gincu yang berkualitas baik tidak terlalu besar maupun terlalu kecil, biasanya besarnya agak lebih besar sedikit dari buah apel.
  • Dari segi tekstur, dari segi tekstur buah biasanya mangga gedong gincu yang berkualitas baik akan terasa kenyal jika ditekan. Jika ketika ditekan empuk dan lembek dapat dipastikan bahwa mangga telah lama disimpan dan tentunya kualitas buahnya pun sudah menurun.
  • Dari segi warna, mangga gedong gincu mempunyai ciri khas tersendiri yaitu perpaduan warna merah dan kuning. Untuk memilih mangga gedong gincu yang berkualitas baik, pastikan bahwa warna merahnya lebih dominan atau sama banyak dengan warna kuningnya, warna merahnya lebih cerah dan tampak menarik, karena itulah ciri khas mangga "gincu" ini ketimbang mangga gedong biasa

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

135 komentar

Kalau di kampung sayamah ( Garut ) disebutnya Buang gedong ( tidak bergincu ) hehe,,bagi atuh kang buahna hihihi

sayamah cukup solarna waelah,,,

Uuh, baru liat jenis mangga kayak gini.. Mau dong, kirimin yah Kang hehehe :)

Wah, saya belum pernah makan nih mangga gedong gincu .. katrok kali ya saya ....?

Saya telah merasakan cita rasa Ubi Cilembu yang memang kesohor itu :o namun belum berkesempatan mencicipi buah Mangga Gedong Gincu ini [-( . Produk lokal yang mempunyai spesifikasi khas dan tiada duanya (k) . Semoga produk unggul seperti ini dapat bersaing di pasar global ;(( . Tentu pengembangan dan penelitian harus terus dilakukan untuk mempertahankan produktifitas, kualitas, dan keinginan pasar. :) Terima kasih sharingnya. Sukses selalu untuk petani buah Mangga Gedong Gincu di Sumedang. Salam cemerlang! cheer

namanya unik ya kang,ada gincu dibelakangnya.... :)

pernah beberapa kali mencicipi mangga ini. memang dari segi rasanya tiada dua nya ya mas. Lebih manis dari jenis mangga lainnya :)

Sekilas bentuknya sama seperti buah mangga apel kalau di daerah saya

Selamat sore Kang WS Kebetulan pulang kerja saya letih dan loyo
pengen yang seger-seger nih Kang nyimak Buah Mangga gedong
Gincu yang Ratu berrti cewek yah Kang? boleh minta Kang WS? hhh :-)

x-) Saya masih kebagian gak Kang WS..? Kalau gak kebagian
Gak apa deh asal di kasih Buah Mangga Gedong gincu kaya nya manis tuh..? :)

Sangat lengkap yah penuturanya tentang Mangga gedong oleh
Mas Herdoni. kaya nya paham betul Mas Her ini salam Cemerlang Mas :)

mangganya sangat menggiurkan untuk dimakan gan
jadi ngiler ngelihatnya
:-)

Ternyata sumrdang banyak sekali memiliki keistimewaan ya mas....tahunya yang enak belum ubi cilembunya...waduh kaya---kaya...

wah belum ada mangga jenis ini di tempat saya, kelihatannya mantap banget rasanya. makasih mas

kalo ane milih mangga gadung sama mangga golek aja jang

mangga gedong teu aya duana kang :D

Blog wewengkon sumedang sudah saya follow ..mohon follback ya gan ..terimakasih sebelumnya

Mangga gedong gincu mempunyai ciri khas yang paling beda dari yang lainya berupa warna dan bau. warna yang apabila sudah matang keliahatn merah merona dan bau yang lumayan menyengat harumnya karena di daerah Indramayu juga banyak apalagi Indramayu merupakan terkenal sebagai Kota Mangga hehe..
Salam sukses

mirip-mirip mangga apel ya wujud fisiknya :-)

ini emang ratunya mangga, di kampung saya namanya mangga gadung :D

sesuai dengan namanya, gincu.
menggoda sekali bentuk dan warnanya

oh, sama dg gadung? saya juga suka, meski lebih suka manalagi

ah,saya baru tau bentuknya setelah sering kali mendengar namanya. tapi tetep..belum pernah merasakannya.. disini ga ada sih :(

dari namanyanya azh udah menggoda...gedong bergincu, kalau gadis mah kira-kira...anak juragan ubi yang rumahnya gedong, tiap hari bergincu....kalau udah gituh pasti jadi plirikan para pemuda seluruh kampung....;o)

yang jadi aneh...kenapa buah mangga yang tumbuh di Sumedang ko' rasanya asrep ya...beda dengan mangga yang tumbuh di Indramayu gituh misalnya....kenapa coba?

bagian mananya kang yang bikin akang tergoda...?

puguh loga...tuh gambarna ge' sa'karanjang.

Mangga gedong cincu bila dilihat sangatlah menyegarkan ya mas sepertinya,jadi pengen

Sayang tu mangga gak nyampai di daerah saya kang, jika melihat dari bentuk dan tekstur warnanya sepertinya sangat amat manis ni mangga

jadi penasaran kayak apa rasanya. Selama ini buah mangga yang enak di lidah saya ya mangga kueni.

mangga gedong berjuta - juta rasana kang... deuh muruy euy

Di jakarta sendiri segala macem mangga udah jarang di temuin mas..apalagi gedong gincu..terakhir masih bulan lalu sy membeli di bandrol harga 50 ribuan lebih perkilonya..
Karena udah masuk deket imlek..jeruk mandarin mendominasi

yang lainnya saya kasih solar aja ya :))

Kang Heri : Rajanya ya gedong gincu juga kang, tadinya sih mau bikin judul "Mangga Gedong Gincu, Rajanya Buah Mangga", tapi masa raja bergincu hehe :-)

hee beda2 ya kang namanya, sini atuh kang ke sumedang, sama pelok2nya bakal dpasihan haratishehe :-)

ssiiaap mbak, mau dikirim mangga gedong gincu elektrik apa mau dikirim lewat email aja mbak ?? :-)

weleh biar ga katrok makan aja mas mangganya, atau cukup pandangi postingan WS ini seharian :))

itulah hebatnya pak herdoni kang karrys, beliau selalu menambahkan materinya dengan sempurna...terima kasih pak atas tambahannya :)

beda-beda tipis sama gancu ya kang :-)

iya mbak, tapi walaupun begitu manisnya gak mlenger ya...ada cita rasa tersendiri

Kalau lihat mangga, air liur pasti menetes, ha ha ha ha....

iya mas seperti mangga apel hanya saja mangga gedong gincu ini lebih kecil bentuknya

silahkan kang...wihhh pastinya pulang kerja makan mangga ini bakal mantep kang, hilang lelah akibat kerja seharian hehehe...
sini dong kang ke sumedang :-)

ati2 ilernya netes2 di blog ini mas :-)

heu mudah2an saja iya mbak, blog ini mencoba untuk mengeksplorasi dan mendokumentasikannya agar diketahui banyak orang

rasanya memang mantap mas...terima kasih kembali

wah salah persepsi ini mah jiganyah :-)

memang enak mas...buat yang suka :-)

blog artikel hancur juga sudah saya follow, terima kasih sob

iya kang terima kasih atas tambahannya...iya atuh di Indramayu yang trekenal sebagai kota mangga mah pasti banyak ya mangga gedong gincu ini :)
salam sukses juga kang

iya pak cuma bentuknya agak lebih kecil sedikit :)

pasti sma yang mereh2 merona seperti pipi gadis itu

wah masa mbak gak ada ?? main atuh mbak kesini, disini banyak sekali :)

wah kalau itu mah WS kurang tau juga kang, belum mendalami bidang permanggaan hehe...

tapi awas jangan tertipu dengan yang begincu ya, jangan asal kecup aja, karena pria kekar pun sekarang banyak yang bergincu :-)

iya mas gondes, mangganya manis tapi gak mlenger...ada cita rasa tersendiri

iya mas saya juga suka sama mangga kweni...haruuummm

kade ah ilernya ngeclak diblog ini mang hehe

iya mas sekarang sepertinya musim mangga sudah mau berakhir juga ya jadi sudah mulai jarang...wah, mahal sekali ya mas ??

walah blog saya pasti penuh dengan air liur ni kang :-)

Mannga gedong gincu rasanya manis, dan enak. Bisnya saya kalau beli ini dua...... maksudnya dua buah kang. he,,he,,he,,,

Salam,

Saya pernah merasakannya tapi sampai saat ini belum merasakannya kembali :D

kalau di adu dengan mangga Guimaras manisan mana mas :o

wejwh manis banget pasti nih mangga ;-(

saya menyukai mangga, dulu waktu dikampung setiap musim mangga pasti selalu menikmati mangga yang langsung dipetik dari pohonnya. tapi kalau mangga yang dideskripsikan diatas saya benar2 belum pernah merasakannya

wkwkwk.. wah sesah euy mun tos kieumah 8-)

boleh saya ambil 1 mas mangganya. hehe

jawa barat pusatnya mangga :) baru tahu saya kalo ada yg namanya gedong gincu, hehehe karena merah seperti gincu :D

Sepertinya mantap tuh buah ampe merah2 gan,,, Mana lagi ya :D

mangg gedong itu bukannya rasanya lebih tajam yah mas ?? kalo ngga salah pernah nyobain dulu

tapi kalau saya sepertinya gak manis ya kalau bergincu hehe

bahaya ya ngeliat mangga ini kalo pas lagi puasa :)

kadieu atuh kang, urang purak bareng2 :)

wah naggung pak kalau belinya cuma dua, kagok hehe...

kalau yang ini gak tajam ko mas, beda jenis kali mas

tapi jangan pake perasaan ya, takutnya malah galau

gedong gincu sob bukan manalagi :-)

boleh mas silahkan, mumpung masih gratis :)

mudah2an nanti suatu saat bisa mencicipi ya mas...dan kalau sudah mencicipi mudah2an ingat blog ini :))

aaaah saya sukaa mangga, mau dong mangga gedongnyaa :D

wahh kalo keliatannya rasanya masam :-s tapi sebenernya mantep banget lohh :d

kesan seksi sudah ada sejak menyebut namanya. cocok untuk mendampingi maskulinnya ubi cilembu yang suka madu.

malah lucu nanti mas WS kalau bergincu hehe...

mangga gedong gincu merupakan salah satu buah favorit saya mas WS, soalnya rasanya maknyus sekali :)

Hadir kembali saya Kang WS Di artikel yang segar dan manis
Tentang Buah Mangga gedong gincu yang tiadak duanya :)

Lebih tepat judul nya Buah Mangga gedong gincu Kang WS Jangan pakai Gincu hhhh

Huwaaaa masa yg elektrik Kang :'(

kirimin yg asli dong hehehe :)

Kok artikelnya masih mangga aja .. mana artikel terbarunya mas..ditunggu lo ..kunbal ya

saya nunut pertamax ya, agan dan sista sekalian

#sruput kopi

mbayangin pria kekar bergincu (o)

mungkin mas WS berbaik hati mengirimkan mangga ke rumah kita ya, mas arie

aduhhhhhh jadi kabita yeuh ninggali eta mangga meni seger rupa namah,,,ngan hanjakala nuju teu usum ayeuna mah heee,,,

kayaknya di Jogja jarang banget yang jual mangga jenis ini. Lihat fotonya malah bikin ngiler kang WS ...

Pengen banget rasanya untuk mencoba mangga ini gan..

hmmmm .. kayaknya enak tuh gan buah mangga gedong gincunya hehe :D
Dari gambarnya aja udah kerasa enak apalagi kalo memakan Buah aslinya beuhhhhh pasti Klepek klepek dahhh haha

mulai moles gincu...sambil sruput kopi

hee mudah2an dapat manggabya ya mas...dan kalau nanti dapat dan sudah nyicip, jangan lupa dengan postingan ini ya hehe

ssiaap, nanti dkirim lewat email yaa

awas jangan sampai terlena cak budi :))

boleh niii ambil saja mbak di icip2 hehe

terima kasih mas telah hadir kembali :)

naha kang ?? da disini mah usum keneh heheh

boleh mas dicoba dicoba di[ilih dipilih hehe

pasti gak inget apa-apa lagi ya kang :-)

mangga jenis ini memang enak dan rasanya manis ya mas. Mangga aromanis aja masih kalah jauh dengan mangga ini. Tapi itu tadi harga nya relatif mahal mas. Jadi penasaran saya soalnya belum pernah makan mangga gendong gencu ini hehe :D

maap katrok
aku malah baru denger tuh nama mangganya
waktu di tempat mang lembu, beliau cuma cerita tentang mangga yang buahnya cuma dua doang ga bisa lebih. emang beneran ada ya..?

lah belum pernah makan tapi kok tau mbak hehehe

sepertinya memang ada sih kang buahnya :-)
beuh kang lembu gimana seh kok ga cerita tentang buah mangga gedong gincu ini

buah kesukaanku ini sob,di kebun nanam juga hehe..

mantap tulisannya. saya suka karya tulis ini.. saya juga suka menulis, coba lihat disini.. bagaimana tulisan saya menurut anda.?

zie's for you - JalanJalan | Berkunjung | Silaturahmi

wah nanam juga ya mas ?? buahnya merah2 menggoda ya :))

seger Kang Mangganya, bagi dong :D

boleh, ni mas mangganya *nyodorin mangga...heheh

Ini seh buah kesukaan ane sm Ibu ane.
boleh duunk dikirim.
He..he..he...

ada yg punya info tentang perkebunan buah mangga gedong gincu ini ? pls klo ada yg punya info bs tlg share yah, perlu untuk tugas kuliah... andri - 08119898145

Buat @ndre call aja ke saya kalo mau lihat kebun gedong gincu mah


EmoticonEmoticon