Monday, 13 January 2014

Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali

Patung Burung Garuda
Patung Burung Garuda, Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana, Admin sebenarnya bingung mau cerita apa tentang taman wisata ini karena tentunya sudah banyak sumber yang menceritakannya secara lebih mendetail, namun admin akan coba cerita kembali. Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah taman budaya wisata yang berada di Bukit Unggasan, Jimbaran, dan menjadi ikon pariwisata Propinsi Bali.

Lihat : Curug Cijalu dan Curug Putri

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana
Patung di areal taman wisata Garuda Wisnu Kencana ini kabarnya dibuat oleh seniman pematung terkenal dari Bali yaitu I Nyoman Nuarta, lahannya sendiri memanfaatkan lahan tidak produktif dibali kira-kira seluas 240 hektar yang berupa bukit kapur. Sebenarnya, patung ini belum benar-benar selesai, patung Dewa Wisnu ini baru selesai badan dan setengah lengannya saja. namun demikan patung Dewa Wisnu ini sudah memukau banyak pengunjung dengan kemegahannya.

Garuda Wisnu Kencana
Patung Dewa Wisnu
Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana, atau jika diartikan adalah burung garuda kendaraan dewa wisnu, dibangun dengan tujuan untuk pergelaran seni budaya maupun event-event lainnya, baik itu berskala nasional maupun internasional. Katanya, patung ini dibuat secara terpisah dulu dan belum ditempatkan secara tetap dan menyatu, ini berarti nantinya patung-patung ini akan disatukan dan menjadi bentuk yang baru, sepertinya akan berwujud Dewa Wisnu yang mengendarai burung garuda, Jika pengerjaannya sudah selesai kabarnya patung ini akan menjadi patung tertinggi di dunia. Admin tidak dapat membayangkan bagaimana gagah dan megahnya Garuda Wisnu Kencana ini jika sudah selesai pengerjaannya nanti, dan admin juga tak habis pikir bagaimana nanti cara menyatukan patung-patung tersebut.

Barong di Garuda Wisnu Kencana
Barong, Sang Roh Pelindung
Mungkin itu saja sedikit yang bisa admin ceritakan tentang GWK ini, mudah-mudahan patung GWK ini bisa cepat selesai dan menjadi primadona baru pariwisata Indonesia, karena melihat bentuknya yang spektakuler pastinya objek wisata Garuda Wisnu Kencana akan banyak menyedot perhatian baik dari turis domestik maupun mancanegara.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

104 komentar

Hehe, apakah saya disini sebagai pertamax
Kayak nya admin suka pelesiran keman nih

Apakah sumedang masih saudara sama bali ya mas

GWK sdah bisa dinikmati disini,
asyik tuh bisa plesiran ke bali...hmm

Megah nan gagah pastinya patungnya.
Garuda Wisnu Kencana Burung garuda kendaraan wisnu dewa. Kalau rajawali raksasa burung punya brama kumbara raja madang dolan.

ke indahan budaya dan peninggalan sejarah nusantara indonesia memang tiada duanya yaa mas, :o

Bener mas..bakalan ga cuma nyedot perhatian...tapi bikin penasaran... :)

Patungnya sepertinya ukurannya sangat besar ya mas,

jalanjalan wae euy ci akang teh-lah....gimana rasanya ya bisa megang patung Garuda Wisnu Kencana secara langsung.....gimana rasanya tah kang...?

wow patungnya gede banget yah mas WS jadi terlihat megah dan indah :)

Wah,,,,,, sekarang di Sumedang ada Garuda Wisnu Kencana ya Mas. hebat juga bisa terbang. he,, he,, he,,
jangan lupa bawa barongnya ya Kang. he,,, he, he,,,, :-)

Salam,

wah patungnya besar juga ya dan seperti simbol negar kita indonesia
burung garuda :>)

Mungkin suatu saat nanti bisa kesana :D
Terimakasih mas

kenapa barong mukanya serem ya? padahal dia kan katanya roh pelindung hehe

pasti burung garuda itu menjadi tarikan kepada tourist yang berkunjung ke sana ya..

Besar patungnya itu..gimana mereka membuatnya ya..

sepertinya saya belum kesini kang wah enak buat sama pasangan buat poto poto ni :)

Waduh, saya pernah ke bali tapi belum pernah kesana ya mas ... saudara yang di Denpasar dulu tidak ngajak kesana sih ...

Mantab ni mas, jadi kangen pengen pulang juga ni ngelihat GWK. (o)

itu Patung Burung Garuda, Garuda Wisnu Kencana , ternyata dari bali sendiri ya pemahatnya? kira-kira tahun berapa ya dibikin patung tersebut??

Kunjungan sore mas :)

Sama kayak patung di Bali ya kang ..

terkenal banget itu patung

Barong, Sang Roh Pelindung
menyeramkan wajahnya

wah tempat nya sangat menarik sekali ya mas di kabupaten badung bali ini. Saya dulu juga pernah kesitu, tapi kok nggak lihat patung besar itu ya hmmmm :)

Kok lama ya, Sob pembuatanya, nggak selesai2....jadi pengen tahu kayak apa megahnya nanti kalau udah jadi!

jadi pengen ke Bali nih mas WS, kalau pas ke sana saya mau lihat patung GWK ini mas, jadi penasaran pengen lihat dari deket hehe...

saya mah bensin aja deh kang hehe...
iya kang, kalau lagi bete suka ngebolang walau kadang suka nyasar :-)

pasti dong, karena kita semua bersaudara :))

kalau buat kita mah kendaraannya burung emprit aja ya mas :)

iya mas, itu dia daya tariknya ya :)

saya juga suka mas...keren dan gagah ya, seperti addmin WS :-)

rasa-rasanya tuh dingin2 anyep gitu kang :o
hayu atuh kang wang jalan2

hee kalau sumedang punya patung fenomenal seperti ini pasti banyak turis yang berdatangan kesini pak :)
salam

aamiin mas, terima kasih kembali :)

mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang yuk kang :))

nah itu juga yang membuat saya terjeran-heran mama, bagaimana sang seniman itu membuatnya ya, gak habis pikir saya

hehe kalau sama pasangan kayanya lebih enak lagi kalau ke pantai kute kang :)

wah nanti harus protes sama saudaranya mas kenapaa gitu dulu gak ngajakin ke GWK ini ?? kan syg bgt klau ke bali tapi gak mampir kesini

terima kasih kang atas kunjungannnya, iya mas pemahatnya dari bali jug katanya beliau dosen di ITB...katanya sih selesainya tahun 2016, tapi kurang tau juga :))

iya mas, malah seperti antagonis ya :)

hmmm mbak ririn sepertinya lebih asyik lihat2 yg lain yaaa ?? hehe

iya kang, kalau sudah jadi pastinya patung GWK ini bakal jadi megah sekali

nanti kalau mau ke bali ajak2 ya mas :)
kita foto2 :))

Saya udah 10 Kali ke Bali, nyatanya masih ingin ke Bali lagi
Kangen sama Bali. Hikssssssssssssss

Hahahahaha liat apa tuuu mba Ririn

uh kang asep malah ikut penasaran :-d

Itu patung GWK masih belum jadi juga ya.. Kalo ud jadi bisa jadi salah satu patung tertinggi di dunia tuh..

apakah bahasa sunda masih berlaku di sumedang?

Haha kirain bandung eh ternyta badung
Follback ya ditungggu :D

saya waktu disana salah fokus kang kurang menikmati patungnya, lebih asik memandang bulenya :D

wah saya belum pernah liat langsung nih kang, tapi dari info sih ini patung gede banget yah...

met mlm sob. jdi kpngen ksana mas heheh. trmksih bnyk infonya genk.

udah sangat sering saya dengar ikon yang satu ini mas. Memang akan jadi patung tertinggi di dunia, tapi entah kapan mau disatukan, proyeknya kayak ngga kelar-kelar

kalau ngk salah tahun 2009 saya terakhir kesana mas... mungkin sekarang sudah lebih cantik GWKnya..jadi kepengen kesana lagi...hehe

saya hanya bisa manggut-manggut melihat nya belum pernah kesana sih.

Yah saya sendiri nih yang belum pernah plesiran. Mas WS sudah sampai ke tempat sahabat sahabat blogger.. Saya paling mentok cuma ke tempat mas arie gomd3s hehehe mas WS main ke sumatra donk ke tempat saya.? Hehehehe

Yah saya sendiri nih yang belum pernah plesiran. Mas WS sudah sampai ke tempat sahabat sahabat blogger.. Saya paling mentok cuma ke tempat mas arie gomd3s hehehe mas WS main ke sumatra donk ke tempat saya.? Hehehehe

bareng-bareng pasti lebih rame yah mas, apalagi sambil jojing seperti yang mas Andes bilang haha...

Tidak harus punya juga Mas Sumedang patung seperti ini, tapi Sumedang juga tidak akalh menarik ko sama daerah lainnya. Banyak tempat wisata yang bagus dan menarik yang belum terangkat. he,, he, he,,

Salam

wah tapi kalau tempat wisata diangkat sepertinya berat sekali ya pak heheh...
iya pak sepertinya setiap daerah harus berlomba-lomba mempromosikan potensi wisatanya ya...salam pak :)

wah jojing2 itu apa ya WS gak ngerti mas (m)

iya sob pastinya...keren kan, ngangkat nama Indonesia juga pastinya

iya atuh sob masih berlaku, kan bahasa daerahnya bahasa sunda :))

hihiii semua juga mungkin begitu ya mas :-)
bawaan orok seih ya :)

met siang mas...yuk mas kesana bareng2 hehe

iya mas, tapi katanya sih kelarnya tahun 2016 mas...mudah2an saja terwujud ya mas

saya juga ikutan manggut-manggut ah

hehe iya mas Insya Allah, doain ya mas mudah2an nanti WS kapan2 bisa ke tempatnya Mas Nady :))

ayuk mbak sekarang aja bareng2 yuk ah :))

kapan-kapan kalau ada waktu pengin main ke Bali lagi, sekalian main ke tempat mas Kstiawan. Saudara saya satu kampung sama kang KS di Panjer ..

Bali menjadi tujuan wisata yang sangat populer sampai dengan saat ini. Alangkah hebatnya dan megahnya bila nanti patung Garuda Wisnu Kencana ini bisa disatukan secara utuh atau lengkap. Keindahan seni, budaya, adat, dan masyarakat Bali yang unik, spesial, dan menarik ini menjadi kenangan tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. (f)

Salam cemerlang! :>)

di bali memang banyak banget ya mas tempat-tempat wisata. Jadi kalau pas ke bali, jangan lupa mampir juga di garuda wisnu kencana ini, soalnya tempat nya rame ya mas :)

Mkasih follow-nya.
Ane uda follback tuh.
Kl mo AWARD dr blog ane caranya mudah.
Tinggal koment di 3 artikel ane.
Antum uda koment di sana 1x, jd tinggal 2 lagi.
Ditunggu kunjungannya

hee iya ya pak...terima kasih atas tambahannya :)

rame dan keren pastinya ya mbak ririn hehehe

mmmm gitu ya sob...siap sob :)
terima kasih sudah follow juga

dasar siwer
pertama liat judulnya udah hampir komplen
naha kabupaten bandung di bali heheh

nah eta kang emang banyak yang sirwer gk teliti bedain hehehe

Wah lha saya naksir sama foto yang pertama :p

peninggalan sejarah nusantara indonesia memang tiada duanya

kabar baik mas...mas bas kemana aja hehe, bagaimana kabarnya pula :)


EmoticonEmoticon