Wednesday, 25 December 2013

Video - Kesenian Kuda Renggong

Kesenian Kuda Renggong
Kesenian Kuda Renggong
Kesenian Kuda Renggong, sebenarnya kesenian asal Kabupaten Sumedang ini  dulu pernah admin tulis dalam postingan berjudul Kesenian Kuda Renggong, namun dalam postingan tersebut admin hanya memakai gambar sebagai media tambahan dalam penyampaiannya, jadi mungkin selain uraian yang admin paparkan sobat hanya melihat gambar kuda yang didandani sebagai penjelasan atas uraian yang admin sampaikan untuk menerawang seperti apa sih Kesenian Kuda Renggong itu sebenarnya.

Lihat : Kesenian Kuda Renggong

Berhubung dulu artikelnya hanya memakai gambar/foto untuk memberikan gambaran bagaimana Kesenian Kuda Renggong tersebut, mungkin diantara sobat-sobat masih ada yang bertanya-tanya seperti apa sebenarnya bentuk kesenian ini? apakah seperti kesenian Jaran Kecak?? atau bagaimana? karena yang terilhat hanya kuda yang didandani saja. Maka dari itu pada kesempatan kali ini admin menyertakan Video Kesenian Kuda Renggong ini untuk menyambung artikel yang terdahulu.

Video Kuda Renggong ini admin ambil di Lingkungan Babakan Hurip, Kecamatan Sumedang Utara dan telah admin upload ke youtube, di video ini terlihat jelas rombongan Kuda Renggong yang berjumlah tujuh ekor berjingkrak-jingkrak mengikuti irama musik. Hanya sayang karena jalan yang relatif sempit dan banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang, laju dari Kuda Renggong ini cenderung lambat dan para penari pengiringpun terlihat tidak begitu leluasa. Berikut videonya :

Video Kesenian Kuda Renggong

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

114 komentar

wah asyik juga nih kalau bisa naik kuda ya mas hehehe :D
pasti anak kecil pada suka tuh hehehe :D

beda ya mas renggong sama ronggeng :)

klik dulu ah mas biar tahu kuda renggong sumedang :)

Wahhh, jadi pengen naik kuda, he he...

:>)

nonton videonya dulu lah biar lebih tau :)

Itu dalam rangka pesta apa mas...apa memang khusus cara kuda ronggeng atau seperti carnaval

Kuda renggong sampai saat ini masih eksis ya kang..

wah pasti seru dan lucu ya Bang WS.... anak2 pasti seneng

jadi inget lagu "nyai ronggeng deh ,,,,.. :))

jadi ingat waktu saya disunat dulu,nanggap kuda renggong,,,,,kuda bisa joged hehehe

di daerah sayamah sudah punah kang Muroi,,,,

Wah wah mau liat Videonya lambat ya hiehiheiheiee
Soalnya pake Modem sih

biasanya anak yang mau disunat nanggap kuda ronggeng

Asyik naik Kuda renggong enakan nih Kang Ws
Saya mau dong sambil mengenang masa kecil
Waktu saya di Khitan naek Kuda renggong deh hhh :-)
Kanf Dede ingin naik Kuda renggong lagi Yah hhh :>)

Di daerah saya malam tambah ramai Mas Roi Kang Dede
Gak tau nih di daerah sumedang masih ramai gak Kuda renggong nya
Kang WS Daerah Subang dan sekitarnya lagi marak yang pakai
Hiburan Kuda renggong ini :)

Betul Mbak Rin anak-anak pasti suka
Saya aja suka naik Kuda Renggong Mbak Rin
Pernah gak Naik Kuda Renggong ?

klo di jogja ada jathilan, kudanya kuda2an :D

Ikutan simak video Kuda Renggong Kang WS
Mbak Maya suka juga yah Kuda Renggong

wah saya pernah lihat di tv mas kesenian kuda ronggeng ini, kalau melihat secara langsung belum pernah saya hehehe... ini dalam rangka apa mas,, lomba ya..? kok ada nomor urutnya di dada kudanya...? hehehe

Wahh saya jg org sumedang kang. dmn smd na kang???

ini acara sunatan ya kang..?
antara lupa ingat, aku pernah liat di daerah purwakarta ada juga..
semacam odong-odong, hanya kudanya dari kayu yang diangkat oleh beberapa orang..
di atas kuda itu duduk anak kecil yang sudah disunat..
anak itu kemudian di arak keliling kampung..

Harus di lestarikan nih kesenian daerah yang seperti ini, jangan sampai diambil tetangga sebelah hehehe :)

sangat meriah ya mas, itu hanya berlangsung pada acara acara tertentu atau bisa bebas mas ?

Sayangnya...blm sempet muter vd nya..
Jan...lola banget :)

Hmm, pengen nyobain deh naik kudanya.. haha

kunda renggong = kuda lumping kan mas?? :o

Waah kalau di kampung saya namanya bukan kuda renggong, tapi kuda ronggeng. hehe
Tapi apapun namanya, jangan lah dijadikan sebuah perbedaan itu menjadi suatu halangan untuk tetap melestarikan budaya Indonesia.

Enak kalau naik tuh :D salam sukses

kuda renggong pakai kuda beneran ya mas, saya kira semacam kuda lumping aja, hehehe :D
makasih info kerennya :)

ini hanya salah satu tradisi dari suku bangsa indonesia kita tercinta ini yang harus di jaga dan di lestarikan, thanks atas postingannya mas :))

kunjungan malam nih sob,,,
kesenian kesenian yang seperti ini harus dilestarikan mas :o

Saya jadi penasaran mas pengen liat tapi sayang koneksi tidak mendukung

kebudayaan yang hebat, selain memeriahkan dan juga dapat membuat anak2 ikut senang ya
:) :>)

kalau saya belum pernah mas Karys naik kuda soalnya takut jatuh apalagi kalau kudanya jingkrak-jingkrak hehe...

kebudayaan yang harus selalu dilestarikan agar anak cucu kita bisa juga menikmati kesenian ini yah mas WS :)

wah melenkapi posting terdahulu ya sob kino lengkap dengan videonya ya. Kuda dari tanah pasundan yang telah di adopsi jadi simbol mobil mahal produk itali. :)

jdi pengen nyobain naik kuda mas,soalnya blm pernah hehe

seru dan menarik banget kesenian yang satu ini ya kang....tapi seumur-umur saya ngga pernah berani naek kudanya....kenapa ya?

jadi inget masa kecil sob saya di buah dua sering banet liat renggong biasanya nantinya makan pecahan beling :) keep dilestarikan

uuh,..jd kepengen duduk diatas kudaaa......wkwkwkwkwkkkkkk

udah lama saya tak lihat kuda renggong di kota saya kang hehe :D

Bila di lihat melalui tayangan video dari kesenian kuda renggong ini lebih menarik dan sangat unik.

Salam,

wah.. menarik itu kuda renggong.. pasti anak-anak berminat untuk menunggangnya..

Meriah ya kang kayaknyam jadi yang suka naik kuda akan senangm yang takut ya boleh cuman nonton doang..:)

Takut kudanya naksir ya sama kang Ci...hehehhehe

Wah enakan Lho Mas Anthonie naik Kuda Renggong
Kalau gak percaya tanya saja Kang WS Nya betul kan Kang? :))

Hadir kembali Kang WS Turut meramaikan
Blog dan artikel Kang Ws Kuda Renggong
Nya masih ada Kang.?

Amien Semoga saja yah Mas Anthonie..
maaf saya yang balenya Kang WS nya
lagi sibuk dengan kerjaanya Mas

hampir sama sih kang cuma ketuker e dan o aja kok hehe...

videonya sangat menarik yah mas WS, saya jadi tahu mengenai kesenian ini :)

masak cuma beda di hurufnya aja mas...

ohh baru tau istilahnya renggong.
keren, jadi pengen naik kudanya

ehehe emang enak kok, jingkrak2 gimana gituh...mana didandani kayak gatotkaca :))

hee iya ya disini lupa ditulis...dulu WS tulis keterangannya di postingan tentang kuda ronggeng yg sebelumnya, renggong itu katanya metatesis dari kata ronggeng, artinya sama saja akang2

pasti suka dong, diarak keliling kampung disawer uang lagi heheh :-)

awas jangan salah naik ya kang heheh

kalau yang diatas kuda renggong peserta lomba mbak :)
kuda renggongnya sendiri biasa dipentaskan kalau ada hajatan anak sunatan

kalau di Sumedang mah masih marak masih banyak akang2 :)

iya mbak anak2 biasanya pada seneng kalau ada kuda renggong, apalagi yg naiknya

iya kang sami pisan, mengenang masa lalu ya heheh

hihihi harus nunggu tarikannya kenceng dulu ya kang :-)

hee ijadi inget masa lalu ya kang...sama WS juga :-)
nanti tak pesenin deh sama grup kuda renggongnya buat kang dede hehe

bentuk keseniannya apakah sama gitu kang ?? [-(

kalau gambar yang diatas iya mas sedang dalam rangka lomba hehe...ada no urutnya ya ??

tapi biasanya sih ada kuda renggong ini kalau ada hajatan anak sunatan

wahhh ?? akang urang sumedang oge ?? palih mana kang sumedangna ?? *malah balik nanya...
geningan caket

iya teh kuda renggong ini biasanya ada ketika ada hajatan anak sunatan.
wah itu malah jadi seperti kuda singa atuh ya teh ?? bonekanya dari kayu dan dianggat oleh beberapa orang...kalau ini mah kuda sungguhan

berlangsung pada acara tertentu saja mas...misal apada syukuran anak yang telah disunat atau dikhitan

heee jaringan memang lagi lola ya mas...sama dong =))

setuju sekali sob...apalah arti sebuah nama ya :))
salam sukses

iya mbak kuda beneran...kalau kuda lumping kan boong2an :))
sama-sama mbak

selamat siang mas :)
iya setuju sekali mas :))

nanti bisa dicoba lagi kapan-kapan mas kalau sudah tidak lola hehe

iya mbak leony...lama gak bertemu mbak, kemana aja hehehe

hehe terima kasih sudah bantu jawab ya kang karrys...iya ni belakangan ini WS sibuk terus =))

aamiin, setuju sekali dengan mas eka dan kang karrys

hee iya ya kang...kuda kan sudah jadi merek mobil.
Iya mas untuk melengkapi postingan terdahulu :)

nanti kapan2 bisa dicoba mas...tapi harus disunat lagi mau ndak heheh ??

mungkin kang ci takut kudanya minta gantian naek kali ya ?? bisa2 jadi pejet kan kalau gitu :))

iya kang...wah akang tinggal di buahdua ??

uuuhh padahal selama ini mbak udah duduk dihati aku *eeaaaa

heee pada kemana tuh cenah kang kuda renggongnya ?? gak pada pundung kan ??

heee terima kasih kang sudah hadir kembali...kudanya masih ada kang, mau nambah ?? :-)

kalau saya sih sepertinya kepingin naik yang lain kang :))

kalau di tempat saya namanya kuda bendi mas......beda ya

wahhh saya juga jadi penasaran nihhh pengen coba naik kuda renggong tapi hmm .. sayangnya saya udah disunat jadi kayaknya mustahil deh bisa naikin Tuh kuda haha

saya kok takut ya mas kalau liat2 yang seperti ini @_@

Nyimak mas bro, lihat videonya belum sempat

seni kuda renggong memang mantab kang ... tapi yang mantab penari yang baju ijo pakaidudukuy bodas eheheh

siapa yang mau naik kuda renggong. saya ikut dong hehehe

hee iya atuh kang, subang thea atuh...khas nya kan sisingaan ya :))

yang mau naik kuda renggong harus disunat lagiiii hehehe

mungkin beda mas...saya malah baru dengar itu kuda bendi :))

kenapa takut mbak ?? takut digigit ya ?? ;(

dudukuynya nyaingin mang yono ya hehehe

Jadi kepingin naik kudanya, eh kira2 kudanya jantan apa betina ya?

wah kalau jantan apa betinanya saya kurang tau sob

jaringan lagi lemot gg bisa liat videonya . . =))

Budaya kudarenggong itu melebar sampai ke Jawa Tengah. Paling sering lihat justru di daerah Kebumen biasa dipake kalo acara sunatan atau khataman al quran...

hee nanti kapan2 bisa dicoba lagi sob kalau jaringan sudah mendukung =))

wah iya kah kang ?? keren euy bisa nyampe kesana, jadi kepengen lihat pertunjukannya disana bagaimana

Menarik sekali kesenian Kuda Renggong ini yang mengandung makna spiritual [-( , interaksi antara makhluk Tuhan x-) , teatrikal (f) , dan universal cheer . Sebuah bentuk kesenian khas di Sumedang :o yang perlu terus dilestarikan keberadaannya dan dikembangkan sebagai atraksi wisata yang menarik baik di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. :>) Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang! (h)

wah lengkap sekali pak penjabarannya...aamiin mudah2an bisa seperti itu ya pak...terima kasih atas tambahannya pak :)


EmoticonEmoticon