Sunday, 29 December 2013

Parahyangan, Sunda, dan Jawa Barat

Gunung Tampomas
Gunung Tampomas, Dilihat dari Lingkungan Karapyak
Selama ini, banyak yang mengidentikkan atau menganggap bahwa Jawa Barat itu adalah Sunda, dan Sunda itu adalah Parahyangan, iya kan sob?? tapi ternyata itu katanya keliru lho, berikut akan admin coba uraikan dan sampaikan kembali dari beberapa sumber yang pernah admin baca.

Kabupaten Sumedang merupakan sebuah daerah yang berada di Tatar Parahyangan dan juga Tatar Sunda, memang beda ya "Parahyangan" dengan "Sunda"? jawabannya adalah, ya, berbeda. Dari pernyataan tersebut admin tertarik untuk menuliskan kembali tentang bumi Parahyangan ini hanya untuk ikut meluruskan saja karena selama ini masih banyak yang menganggap bahwa Jawa Barat sama dengan Sunda, dan Sunda sama dengan Parahyangan, atau dengan kata lain Jawa Barat = Sunda = Parahyangan.

Gunung Tampomas
Gunung Tampomas, Dilihat dari Desa Mandalaherang
Dari beberapa sumber admin mendapati bahwa kata Parahyangan/Priangan berasal dari penggalan kata Para-Hyang-An, "Hyang"  disini adalah sebutan untuk Tuhan atau Dewa (contoh : Sang Hyang Widi) masyarakat Sunda kuna, sedangkan "Para" menunjukan arti jamak dan akhiran "An" menunjukan tempat. Jadi Parahyangan (para-hyang-an) sendiri secara gampangnya dapat diartikan sebagai tempat para Dewa bersemayam. 

Masyarakat sunda kuna sendiri percaya bahwa para Dewa bersemayam di tempat-tempat yang luhur, yang tinggi, yaitu pegunungan. Dari definisi tersebut dapat diambil kesimpulan dan diketahui bahwa Parahyangan adalah daerah Sunda yang mempunyai banyak gunung-gunung atau bergunung-gunung yaitu daerah Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. 

Gunung Tampomas
Gunung Tampomas, Dilihat Dari Desa Naluk
Ada pula sumber yang menyebutkan bahwa Parahyangan berasal dari kata Prayangan yang berarti menyerah dengan hati yang tulus, dengan sukarela. Kata ini diambil dari peristiwa menyerahnya Pangeran Aria Suriadiwangsa raja Sumedang Larang kepada Kesultanan Mataram pimpinan Sultan Agung. Hal itu konon dilakukan untuk meyelamatkan rakyat Sumedang, karena sepeninggalnya Eyang Jaraperkasa kekuatan Sumedang Larang semakin melemah seperti yang pernah admin ceritakan di Kisah Hanjuang di Kutamaya.

Disisi lain, daerah tetangga yang juga bisa menjadi seteru Sumedang kala itu semakin bertambah kuat, Sumedang Larang kala itu diapit oleh tiga kekuatan besar yaitu Kesultanan Cirebon, Kesultanan Banten, dan Belanda (VOC). Maka untuk memperkuat pertahanan Sumedang kala itu Pangeran Aria Suriadiwangsa menyerah tanpa syarat kepada Mataram, dengan harapan hal tersebut bisa menambah kekuatan Sumedang walau harus rela menjadi bawahan Mataram.

Namun pendapat yang kedua ini terdapat kelemahan, karena peristiwa tersebut terjadi sekitar tahun 1620-an sedangkan jauh sebelum itu istilah "Parahyangan" sudah muncul dalam sebuah naskah yang menceritakan kerajaan Sunda tempo dulu dari semenjak berdiri hingga berakhir, naskah tersebut berjudul "Carita Parahyangan".

Lihat : Kisah Hanjuang di Kutamaya


Gunung Tampomas
Gunung Tampomas, Dilihat Dari Desa Cikoneng
Kembali pada anggapan bahwa Jawa Barat = Sunda = Parahyangan, dari uraian  mengenai asal usul nama Parahyangan diatas bisa disimpulkan bahwa Parahyangan bukanlah Sunda atau Jawa Barat, tetapi Parahyangan adalah bagian dari daerah Sunda dan Jawa Barat, yaitu bagian daerah Sunda dan Jawa Barat yang mempunyai topografi bergunung-gunung dan didiami oleh suku Sunda. 

Sedangkan untuk Jawa Barat = Sunda, admin rasa itu juga keliru karena Kabupaten Indramayu pun termasuk daerah Jawa Barat tapi saudara-saudara kita di Indramayu katanya bukanlah suku Sunda dan tidak menggunakan bahasa Sunda, saudara-saudara kita mengatakan bahwa mereka adalah Wong Dermayu dan menggunakan bahasa Indramayuan, begitupun dengan saudara-saudara di Kabupaten dan Kota Cirebon.

Dari paparan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Jawa Barat = Sunda = Parahyangan tidaklah tepat, tapi mungkin yang benar adalah Parahyangan = Sunda = Jawa Barat, atau daerah Parahyangan adalah bagian dari daerah Sunda serta Jawa Barat, dan Sunda adalah bagian dari daerah Jawa Barat, karena Jawa Barat tidak hanya didiami oleh suku Sunda seperti yang telah disebutkan diatas. Mungkin cukup sekian yang bisa admin sampaikan dari sumber-sumber yang pernah admin baca, mohon maaf atas kekurangan dalam penyampaiannya, semoga bermanfaat.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

119 komentar

Pertamax nih kayak nya.
Memangnya sunda dan jawa barat itu apakah dulunya bergabung?

indramayu , cirebon dan sajabina emang bahasanya bukan sunda. Walaupun sunda tapi sundanya kasar banget :D

betul bangaet seperti kebiasaan menyebut SEMBAHYANG harus nyembah kepada dewa :d
tapi semua tergantung maksud yang sudah jadi kebiasaan sangat susah buat membetulkan yang sudah menjadi kebiasaan

wah ternyata sunda macem-macem ya mas, saya malah baru tahu nich hehe maklum saya bukan orang sunda :)

Jadi jelas di sini nih mas, arti parahiyangan dan kaitannya dengan Sunda dan Jawa Barat ..

dilihat dari sudut manapun gunung Tampomas memang kelihatan indah ya mas,
seperti terjebak di masa lalu di jaman peperangan antar kerajaan kalau dibayangkan, hehe

Geulisna ka wanti-wanti endah na nu mali warna. sangat indah gunung Tampo Mas
Yah Kan WS. Jawa Barat juga punya pemandangan gak Kalah dari kota yang lain yah Kang

Biasanya saya juga gitu kok mas kalau ketemu atau baru kenal terus dia bilang jawa barat spontan sayapun bilang "o sunda to" sekarang tau deh ceritanya

Wussttt yang Dapat Pertamax Mas Didi sampai Lupa yang di bawa nya hhahhaha :-)
Sunda itu Bahasa Mas Didi.? Kalau Jawa Barat Profinsi. kalau bahasa Sunda di tiap
Kota bisa saja Ada. Tapi Kalu Parahiangan hanya ada di Jawa Barat. kalau gak salah

haha jujur saja salah satu dari sekian banyak orang yang mengidentikan kalau jawabarat itu sunda mas.. beneran deh.. soalnya kan di daerah saya semua orang sunda kalau di tanya asalnya pasti jawabnya jawa barat hehehehe..

eh ternyata salah ya mas.. hehehe :>)

hahaha mas intan, masak pake banget sih mas... x-)

Indah sekali "tempat bersemayam dewa" ini...

Damai :)

Maaf sahabat saya jarang berkunjung kemari, salam blogwalking. :)

asumsi yang beresar luas di masyarakat memang demikian mas, persis dengan apa yang dikatakan mas nady, bahwasanya jabar identik dengan kata sunda, jadi ternyata selama ini asumsi yang beredar tersebut tidaklah demikian ya mas (k)

Banten juga Sunda :D tapi dalam hal Bahasa Sunda, agak "beda" dikit dengan Sundanya sebelah xD

owh , baru tau saya gan. hehe
nice bgt artikelnya .

tidak bisa berkata banyak, kecuali saya hanya terkesima melihat pemandangan gunung tampomas yg sedap dipandang, dan kebetulan saya adalah seorang pecinta sesuatu yg berbau alam, hmmm :)
makasih sharingnya mas WS :>)

parahyangan adalah daerah dengan topografi pegunungan yg dihuni oleh komunitas suku sunda ya mas, baru tahu saya :)

setuju banget penjelasannya kang...
lebih parah lagi kalau kita ada di luar pulau jawa....kita disebutnya oleh orang sana malah orang Jawa...ngga perduli Jabar, Jateng, atau Jatim...pokoknya orang jawa azh gituh...masa....;o)

info baru untuk saya berkaitan sunda dan jawa barat.. cantik gambar gunung itu..

Saya sih taunya Bandung ya Parhiayanan ya

aing orang sunda! hahahaha :D

jadi bingung mas WS setahu saya juga Jawa Barat = Sunda = Parahyangan, ternyata saya salah besar yah mas, makasih buat infonya sangat bermanfaat :)

kalau cirebon menggunakan bahasa cirebonan dimana bahasanya campuran antara sunda dan jawa. Di daerah perbatasan memang susah membedakan antara sunda dan jawa.

sy pikir sunda itu nama suku'nya seperti suku jawa, dayak,dll.

pencerahan pagi, thanks sob

tuh kan wawasan banget buat saya.

foto yang paling atas, keren pisan Kang

Seperti bagian tubuh,parahyangan,sunda dan jawabarat merupakan organ yang tidak dapat dipisahkan dari pulau jawa :)

hehe.. maaf maaf kata, itu emang nyatanya :)

saya juga awalnya menggap bahwa Jawa Barat itu adalah Sunda, dan Sunda itu adalah Parahyangan kang, dari artikel ini jadi tahu, makasih inpona kang...

yg sy tau selama ini hny Jawa Barat = Sunda, trnyata n seharusx yg benar ada tiga kata Parahyangan = Sunda = Jawa Barat, klo sy baru tau itu wajar cz bukan org sunda, tp klo ada org sunda yg gk tau ini amit2 namax hehe.. x-) , makasih inpona kang... :>)

Namun betul mas kebanyakan menyebutkan jawa barat itu adalah sunda

bener juga kang WS,,,Indramayu tidak berbahasa sunda,ada lagi serang banten juga bahasanya seperti bukan bahasa sunda,,,,( bahasa serang ) jadi tambah wawasan kang ,,,,,,haturnuhun sudah berbagi,,,

Bandung Memang terletak di daerah Jawa barat juga Pak Asep
Yang bahasa mayoritas nya Sunda namun sekarang ini banyak
Pengunjung yang menetap jadi sekarang campur deh bahasanya :)

Hadir kemabali Kang WS Simak Parahyangan sunda dan jawa barat
Jadi lebih paham nih saya dengan artikel ini tentang parahyangan :>)

udah kasar, banget lagi hehe :-)

meskipun saya orang sunda tapi sepertinya saya baru tau arti parahiyangan dan kaitannya dengan Sunda dan Jawa Barat .. terus kalau mojang priyangan gimana kang

Parahyangan setau saya identik dengan sunda, maklum saya orang Bangka.

nice info gan
walaupun saya bukan orang sana tapi jadi lebih tahu sekarang

menurut saya kalo jawa barat hanya tempatnya doang kang, kalo antara sunda dan parahyangan kalo di sebut beda bahasa ngga juga karena sunda kaya dengan bahasanya, mungkin dari sei logat atau nada ngomongnya saja

loh saya taunya Parahyangan identinknya sama kota bandung tuh. ternyata ada sejaranya juga ya...

kalo sudah bicara tatar sunda seakan ga ada habis mengaguminya ya kang...hatur nuhun

baca sejarah di atas, terdapat sumedang, otak gue langsung ke tahu sumedang, enak n mantap.!hehhrhe.. kalau tahu sumedang waktu itu dah ada belum ya bos...

jadi mengerti begitu ternyata ceritanya ya mas

Parahyangan sunda dan Jawa Barat walau pun berbeda namun tetap memiliki kekhasan yang sama-sama unik dan bernilai tinggi ya Kang. Itulah keindahan Indonesia.


Salam,

:>) sob, terima kasih sob sudah sharing jadi tambah tahu tentang parahyangan, sunda dan jawa barat

This comment has been removed by the author.

Asli saya gak tau banget soal Parahyangan dan baru dengar malahan ,,

owh iya sob ,ada Awards buat sobat ,cek aja dipost terbaru saya...

Wah, iya, dulu saya juga menganggap bahwa Jawa Barat=Sunda *malu

Kalau Parahyangan, saya tahunya itu nama universitas tempat sekolahnya Ariel Noah, hehe....

Parahyangan bahasa sunda, jawa barat bahasa Indonesia. Met tahun baru salam (makin) sukses di tahun 2014 ini

berbagai peristiwa dan pengalaman di tahun 2013 telah kita lewati bersama. Kenangan dan pengalaman pahit maupun manis, kita rasakan semua nya. Semoga ditahun 2014 ini kita semua bisa meningkat dalam segala hal ya mas :)

Selamat tahun baru 2014 mas wewengkon :)

Parahyangan bukannya cuma wilayah Bandung sampe Ciamis doang, om
Pokoknya eks plat D dulu lah...

saya juga mau mengucapkan Selamat tahun baru 2014 mas WS, semoga tambah sukses ya :)

semuanya sudah diwakili ya jawabnya sama mbak indri hehe...

Mang Yono : Mojang Priangan teh yang bahenol nerkom tea bukan mang ?? hehe

ah saya mah ga ikutan ah, atut hehe, eh...takut maksudnya :-)

iya kang setuju sekali...saya juga sebenarnya kurang setuju dengan istilah sembahyang ini...sholat ya sholat ya bukan sembahyang. Tapi kalu sudah mengakar sulit merubahnya ya

hee kalau sunda ya sebenernya satu macem mbak, tapi tetep beda bukan jawa barat karena sunda aalah suku bangsa

hee terima kasih mas yudi, iya ya...kalau orang sunda bilang tu wararaas :)

iya kang pastinya, dan kita harus ikut mengembangkan ya :)

hee iya mbak karena orang jawa barat belum tentu suka sunda :)

heee iya mas kalau sunda ya pasti jawa barat, tapi kalau jawa barat ya belum tentu sunda...haiyoh pusing ya hehehe :))

tidak apa2 mas karena saya juga jarang update artikel dan jarang BW hehe...terima kasih mas telah berkunjung

iya mas anggapan tersebut memang kurang tepat :)

iya ya sob, bahasa sunda nya memang agak beda ya, dan sekarang banten sudah berdiri menjadi propinsi tersendiri

wah kalau begitu postingan WS kali ini jangan dicium dan dibaui ya mbak hehehe, terima kasih mbak :)

sama2 :))

iya kang, jawa tok, titik ga ada koma ya hehe...dan pasti kita harus mulai dari awal lagi kalau mau jelasin tentang sunda :))
karena diluar pulau jawa kebanyakan menyebut semuanya dengan jawa, orang jawa

kalau salah besar sih tidak mas, cuma kurang tepat hehe...sama-sama mas terima kasih juga :))

iya mbak memang begitu kok :)
sama2 mbak :)

iya kang setuju sekali, terima kasih atas tambahannya

hee iya mas orang sunda wajib tau ya... :)
sama2 mas :))

iya mas memang kebanyakan menganggap seperti itu

hee hatur nuhun kang sudah hadir kembali :)

mojang priangan mah yang sekali2 suka nongol di blognya mang yono ya mang hehehe

wah bangkanya dimana bang ?? saya juga ada saudara di bangka

iya kang sunda dan parahyangan mah memang gak beda bahasa, pakai bahasa sunda

heee iya mas kebanyakan taunya begitu ya :)

terima kasih atas tambahannya pak...salam :)

wah kenapa komennya dihapus mbak bikin penasaran nih hehe

wah ada award buat saya sob ?? terima kasih sekali, siap meluncur ke lokasi :)

selamat tahun baru juga sob...terima kasih telah berkunjung ke blog ini :)

iya mbak ririn dan mas eka, mudah2an di tahun yang baru ini kita bisa menjadi lebih baik dan bisa mengambil pelajaran dari waktu yang sudah terlewatkan ya...

Terima kasih, Selamat tahun baru juga ya mbak ririn dan mas eka :)

begitulah kang kira2, pokoknya yang daerahnya bergunung2 ya

Kunjungan Perdana mas .. nyimak aja

INI PEMANDANGAN TERCANTIK DENGAN EFEK YG MENGAGUMKAN. TERLIHAT ASLI DAN TAK BOSAN DIPANDANG.
TAKJUB! BERUCAP SUBHANALLAH..

Kalo jakarta kumaha kang, dulu kan kalo gak salam namina sunda kelapa

hee terima kasih mbak atas apresiasinya :)

iya kang...saya juga kurang hapal itu gimana ceritanya, kalau gak salah itu karena dulunya katanya Jakarta dibawah kekuasaan kerajaan Padjadjaran...kalau gak salah ya hehe

ngiring nyimak sareng nimbrung ah... ti wargi situraja, sumedang... he... he... :)

ngiring nyimak sareng nimbrung ah... ti wargi situraja, sumedang... he... he... :)

Darimana mas . Buyut ane keturunan kis mas jong banten dan sampai sekarang keluarga ane ngomongnya sunda banten tuh. Orang jawa banten mah cma yang deket2 pantai doang itupun pada bisa ngomong sunda rata2. Intinya kabupaten serang bahasa aslinya sunda banten kecuali beberapa kecamatan doang.

iya mas/mbak, banten memang memakai bahasa sunda...Alhamdulillah saya juga pernah beberapa kali berkunjung ke banten dan memang disana memakai bahasa sunda

Kalo setahu saya, secara hukumnya, bahasa daerah yang ada di Jawa Barat ini (pasca kemerdekaan) adalah:
1. Sunda Banten: mencakup provinsi Banten bagian tengah ke selatan;
2. Sunda Priangan: mencakup wilayah Priangan, yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Sumedang, Bandung, Bogor, Sukabumi, dan Cianjur (ada yang kurang?);
3. Jawa Banten: mencakup wilayah provinsi Banten Utara, alias pantai utara provinsi Banten;
4. Betawi: wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, seperti Bekasi dan sebagian utara Bogor;
5. Cirebon: wilayah kabupaten Cirebon sampai Indramayu.

Untuk bahasa Jawa Banten, Cirebon dan Indramayu, dikelompokkan sebagai bahasa mandiri yang terlepas dari bahasa Sunda, Betawi, maupun Jawa; meskipun ketika terbentuknya, ketiga bahasa tersebut merupakan campuran (paling besar) bahasa Sunda dan Jawa.

Jadi kesimpulannya ada 3 bahasa induk di Jawa Barat pasca kemerdekaan.

Kalo bahasa Indonesia, hukumnya wajib, tidak bisa diganggu gugat, semuanya harus bisa. Soalnya bahasa Indonesia ini penting.

Salam dari orang Bandung, hehehe. Ada campuran Betawi nya juga sih.

saya punya ide kalau bahasa sunda secara hukumnya hanya ada satu dialek saja, dan itu tidak mengenal tingkatan-tingkatan seperti bahasa sunda priangan sekarang... ya sama dengan bahasa sunda banten atau bahasa melayu lah...

yap itu hanya sekedar ide saja, tapi kalau saya pribadi sih pengennya begitu...

bagaimana menurut akang-akang teteh-teteh sekalian?

oh iya tambahan diatas juga, supaya masyarakat sunda tidak terpecah belah, antara sunda banten dan sunda priangan...

hayu ah urang sunda! mari kita hargai diri sendiri dan orang lain.

salam ti urang bandung.


EmoticonEmoticon