Thursday, 21 November 2013

Video - Tari Umbul

Seni Tari Umbul
Tari Umbul Yang Dipentaskan Pada
Pembukaan Pesona Budaya Jawa Barat, Dago Tea House
                                                       Sumber Foto : pikiranrakyat.com

Di Kabupaten Sumedang, ada sebuah kesenian cukup unik, kenapa admin katakan unik? karena kesenian tradisional ini adalah sebuah seni tari yang busana penarinya memakai pakaian seperti kebaya, samping dan selendang, yang memang lumrah dipakai untuk busana menari pada umumnya, tapi anehnya para penari menggunakan kacamata hitam dalam tariannya. Rasanya cukup unik dan memadupadankan kebaya dengan kacamata hitam.
 
Seni Tari Umbul dari kabupaten Sumedang

Nama kesenian tersebut adalah Seni Tari Umbul, sebuah tarian tradisional yang gerakan tarinya cukup sederhana namun banyak disukai oleh masyarakat sehingga tetap lestari hingga saat ini, walau kabarnya dulu sempat vakum untuk beberapa waktu. Seni Tari Umbul merupakan kesenian yang berasal dari daerah Kecamatan Paseh dan seiring berjalannya waktu menyebar ke daerah lain di Sumedang.

Menurut seorang seniman dan budayawan dari daerah Desa Cijeler yang bernama Bapak Dadi, Tari Umbul ini diperkirakan mulai muncul dan berkembang pada sekitar tahun 1940-an di Desa Pasir Reungit Kecamatan Paseh dan berkembang juga di daerah Situraja. Hanya sayang pada sekitar tahun 1994-an tari umbul  mengalami kevakuman dan tidak ada penggiat seni yang menekuninya karena seni tari ini mengundang pro dan kontra pada saat itu. Seni tari ini mengundang pro kontra karena gerakan tarinya dianggap mengandung unsur erotik yang berlebihan selain juga mengandung unsur humoris yang tercermin dari gerakan pinggulnya.

Siswa Sekolah Ikut Memecahkan Rekor MURI
Tari Umbul Kabupaten Sumedang
 
 Sumber Foto : kabar-priangan.com 

Namun demikian, kevakuman kesenian ini tidak berlangsung lama, ia muncul kembali dengan pengurangan nilai-nilai erotisnya sehingga seni tari ini berkembang menjadi lebih baik, bahkan pada perkembangan selanjutnya ia sering juga dipentaskan dalam event-event besar kepariwisataan yang menyedot banyak perhatian, bahkan penontonnya bukan dari kalangan pribumi saja, melainkan juga dari wisatawan mancanegara. Disini terlihat bahwa seni tari umbul dipertahankan karena memang disukai oleh masyarakat bahkan wisatawan mancanegara pun mengapresiasinya.

Sama halnya seperti Kesenian Kuda Renggong yang pernah memecahkan rekor MURI, seni tari umbul ini juga berhasil memecahkan rekor MURI pada tahun 2012 lalu, tepatnya pada 20 mei 2012. Pada waktu itu penari umbul dari Kecamatan Situraja berhasil mengerahkan 2012 penari umbul, diiringi dengan 5 orang penabuh bedug, dan 20 orang pemukul dogdog untuk memecahkan rekor MURI penari umbul terbanyak, kegiatan tersebut dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Sumedang. Jumlah penari umbul yang berjumlah 2012 orang, penabuh bedug yang berjumlah 5 orang, dan pemukul dogdog yang berjumlah 20 orang tersebut mewakili hari dipecahkannya rekor MURI tersebut yaitu 20-05-2012.

Lihat : Kesenian Kuda Renggong

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

113 komentar

selaon kabayanya yang bikin unik..para penari juga pada make kaca mata hitam ya mas :)

Penari menggunakan kacamata mempunyai daya tarik sendiri, sebagai perpaduan budaya dan kehidupan modern :D Semoga seni tari umbul tetap dilestarikan,dan tidak ada vakum2an lagi yas mas. hehe

itu konsep awalnya dari mana yaa bisa pakai kaca mata hitam gitu.. tapi kalau baca nama sumedang mau ga mau pasti teringat sama tahu hehe

Penarinya keren yah, harus dilestarikan nih
Sebelum di akui orang

unik mas pke kacamata,,,,,
tp cma siang aja kan?
vdeonya tmpil malam,,,, malam g pke kacamata hitam kan?

dasar bukan orang asli, plus jarang maen kekota, jadinya saya ngga pernah liat tarian tradisional yang unik dengan kaca mata hitamnya ya...hadeuh, apalagi tarian ini pernah mecahin rekor MURI...hadeuh kamana wungkul sayah teh atuh nya'k

Saya mah kagum sama koreografernya kang, dengan jumlah penari 2012 tentunya sulit agar tariannya selaras dan bagus ya kang...

sebuah tarian identik dengan tradisi dan juga sejarah..
yang pasti yang menciptakan tarian ini dulu punya sejarah di dalam tradisinya karena itu satu ikatan
mumet jadinya

Kunjungan Malam Jumat KLIWON kANG WS
Unik tariananya yah Kang, mantep lah salam sejahtera

Saya lihat th Mas Budi lagi pegang bendera hhhh

mgkn dlux tari ini dilakukan dibawah terik sinar matahari jd hrs pake kacamata hitam, kan bahaya tuh kesilauan bisa nabrak2 *bercanda :o

Kesenian yang perlu di lestarikan.hebat ya kang Tari umbul bisa memecah rekor MURI
perlu di tonton juga video nya

mungkin pakaianya mirip sama pakaian yang di gunakan penari jaipong ya mas.. kan pake kebaya juga tuh.. ya mirip lah hehehe (maksa).

tari umbul ini saya malah baru denger mas.. mungkin memang karena pengetahuan saya kali ya yang kurang.. hehehe

meriah..
baru lihat disini tari umbul...eksotic

unik juga tarian ini...tapi saya jadi bertanya...kira2 tahun berapa tarian mulai populer, karena kacamata hitam sebagai salah satu pelengkap pakaian penari munculnya juga kalo tak salah menjelang PD II.... salam :-)

saya kok buta banget ya dengan hal-hal budaya bangs... (p)
ijin belajar dah di sini mas (f)

Sebagai orang jawa, saya cukup acungkan jempol untuk Sumedang...unik, penggabungan antara tarian dan kacamata hitamnya!

penari berkacamata dan berkebaya.. nampak unik tarian ini.. :D

keren mas, dapet penghargaan dari Muri lagi. tuh semua penari harus pakai kacamata semua ya mas?

..baru tahu saya gan tentang tari umbul ini, .belum pernah ke sumedang, .he he :D

baru tahu kalo Mang Ci ternyata orang palsu hhhh, katanya bukan orang asli ?

jangan lupa juga dengan Ubi Cilembu

Banyak juga yang mengikuti untuk memecahkan rekor muri kang :D

Tari umbul dan tari-tari yang lain memang patut di lestarikan gan terutama di ajang seperti kegiatan diatas.

Kalo Videonya diliat Dengan seksama Goyangan Pinggulnya Mirip Goyang Itik Yah Gan haha :D

apa hubungannya gan ?? hehe saya jadi bingung nihh hehe

horeee rekor MURI. sayangnya saya nggak ikutan. payah kan

jadi kang lembu itu KW 2 ya..
pantesan........

yuk kita joget bersama ditempat masing masing barang 3 menit saja

wah meriah sekali ya mas acaranya, oya mas ngomong-ngomong tentang sumedang, saya punya saudara juga di sana, cuma sampai saat ini saya belum pernah berkunjung ke sana

Mas Budi, Mbak indah, Kang karrys : buat gaya mungkin hehe...itu ciri khas nya kan, tapi yang di videonya gak pakai kacamata hitam kok.

Mas Agus : iya mas pakai kacamata hitam kaya sintren ya...tapi kalau sintren kan ada unsur magis-magisnya gitu, kalau ini tidak

aamiin mas...hehe iya mungkin ya, perpaduan budaya tradisional dan modern :)

mari dibungkus tahu dan ubi cilembunya hehe

duh saya kurang tau mbak :))
tapi di video youtubenya sih memang penarinya tidak pakai kacamata

wah ?? kang lembu KW 2 ??
kaya selebriti aja euy buka-buka rahasia dieksposss di media hehe...

iya kang, pastinya koreografernya harus bekerja keras tuh ya...salut sama koreografernya

hee maaf telat nerima kunjungannya di malam sabtu ya kang :)
hatur nuhun kang :))

tapi kalau memang begitu asal usulnya...kenapa penarinya gak pakai topi ya mas [-(
*serius... :-)

hee mangga atuh kang sok tinggal di klik saja video yutubnyah

hee sebenernya WS juga baru tau kok mas dari berita...langsung deh tak posting (m)

dari beberapa sumber disebutkan kalau awal kemunculan raian ini kira-kira tahun 1940-an mas.

salam :)

saya juga sama mas...mari belajar buda bersama-sama yuk :) biar rame

iya mas...tapi di video yutub yang di atas sih pada gak pakai kacamata

iya ya mas...sepintas memang mirip (m)

yuk mariiii berjoget bersama, mari berjoget sebelum joget itu dilarang...
buka dikit joss

punya sodara disini to mas ?? sumedangnya daerah mana ??
kalau begitu kapan2 main kesini ya mas :)
kan sekalian biar tau sumedang juga hehe

bukan tari adat sob...hanya tari yang berasal dari Sumedang saja, tapi bukan tari adat

nah emang kesenian daerah yang ada di mas Disketku.com apa? nah itu aja yang dipelajari pasti sedikit-sedikit mengerti ilmu kebudayaan

lagi giat giatnya memecahkan rekor kayaknya ya sob.. Salut banget deh untuk merka yang rela hati nguri-uri seni teradisi hingga tetap lestari.

walaupun KW 2, tapi kan lebih keren dari pada admin dan dua bapak2 tuwa diatas itukan?

#nunggu dukungan yang dibawah saya....;o)

penasaran pengen nonton pideo nya, ngan angger teu kabuka euy ah....huh!!

intinya kita harus mempelajari atau minimalnya tau semua kebudayaan yang ada di negeri kita ya mas :))

semoga usaha mereka yang berusaha melestarikan kesenian tradisional membuahkan hasil dan diikuti yang lainnya ya sob...

itulah kebanyakan keluhan kita semua ya kang :))

unik juga ini mas,menari kok pakai kacamata ya.. biar keren mungkin :D

pakek kacamata seperti kesenian jathilan di jogja aja gan..hehehe

Hebring kang, padahal sy tinggal masih di priangan, tapi baru tau yg namanya tari umbul, kombinasi kabaya, samping + kaca mata hideung rada aneh memang kang, Salah satu kekayaan budaya kita yang harus tetap dilestarikan. Selamat untuk para siswa yang telah memecahkan rekor MURI.
Wilujeng enjing, Salam hangat :)

saya coba liat videanya dulu sob...

biar gak kalah ya sama vokalis band :))

wilujeng sonten kang, salam hangat juga...iya kang, hatur nuhun :)

This comment has been removed by a blog administrator.

iya saya kira juga pake kacamata hitam narinya hehe....

Kita patut bangga juga yah mas WS dengan bangsa kita yang mempunyai banyak kesenian dan budaya, maju terus buat Sumedang dan tariannya :)

Mantap nih Kang, pagelaran seni budaya seperti ini. Punya ciri khas yang unik dan menarik.

Salam,

saya dukung kang lembu aja deh..jadi pemimpin selamanyah

keluhan kang lembu mah kurang bisa tahan lama

memang pakai kacamata hitam mas eka :)
hehe he :))

wah kalau kang lembu ada yang dukung bahaya nih, semua warga bisa kena kecup basahnya semua

makannya ubi cilembu terus sih....jadi kurang makan toge itu kang lembu

iya mas, pastinya :))
terima kasih mas :)

ah aku jadi inget kalo dulu pas masih SMP aku lebih memilih ikut pelajaran seni tari daripada seni musik. tapi modusnya bukan karena cinta kesenian, tapi karena gurunya cakep dan sabar :-)

unik plus keren mas.. Saya bru denger nih tari umbul.. Hehe

mantap gan :D jgn lupa mampir ke

Andrekocak Blog

ehehe ternyata budaya modus sudah ada sejak dulu ya :-)

keren banget tari umbulnya mas,,, saya sampai ikut menari lihat videonya, hehehe :)

kurang keren mas kalo pakai kacamata hitam,,, harusnya pakai kacamata merah, hijau, yang warna warni seperti kacamata anak2 tempo dulu yg pakai kertas itu, hehehe :-)

saya malah baru tau ada tari umbul :-t
coba buffer dulu ah ~

heee asal jangan pakai kacamata kuda saja ya mbak :-t

wah ikut goyang2 juga dong ya mbak ?? (m)

penarinya emang harus pake kacamata item ya, om..?
persis kaya pemain kuda lumping dong...

Tari umbul memang keren pisan euy

iya kang kan itu ciri khasnya....
untung saya gak suka pakai kacamata item kalau gitu :))

tari tradisional itu mesti dilestarikan ya, biar tidak punah, tentunya pemerintah juga ikut andil bagian dalam pengembangan sebuah budaya. Sebagai blogger, salah satu caranya ya berbagi seperti ini,menampilkan video dan juga penjelasan sebuah tari. :)

hee iya sob, tentunya kita juga harus ambil bagian dalam melestarikannya kan :)


EmoticonEmoticon