Tuesday, 26 November 2013

Insun Medal Insun Madangan

Makuta Binokasih Sanghyang Pake
Mahkota Binokasih Sanghyang Pake
Mungkin beberapa dari sobat ada yang bertanya-tanya mengenai tulisan yang berbunyi "Insun Medal Insun Madangan, Aku Lahir Untuk Memberikan Penerangan" pada gambar header situs ini, kata-kata tersebut merupakan ucapan dari Pabu Tadjimalela yang menjadi asal mula nama Sumedang sekarang ini.

Setiap daerah dimanapun di nusantara biasanya mempunyai sejarah ataupun cerita yang melatarbelakangi nama daerah tersebut, seperti misal salah satu contohnya tentang cerita Legenda Sangkuriang yang menjadi asal mula nama Gunung Tangkuban Parahu. Begitu juga dengan nama Sumedang, ada sebuah runtutan sejarah yang menjadi asal mula nama Sumedang yang mana nama tersebut terus dipakai hingga saat ini.

Lihat : Gunung Tangkuban Parahu

Dulu, Sumedang merupakan sebuah kerajaan bernama Sumedang Larang dimana kerajaan Sumedang Larang ini merupakan pecahan dari Kerajaan Sunda-Galuh, sebuah kerajaan besar yang ada di Jawa Barat jaman dahulu. Kerajaan ini sebenarnya adalah kerajaan yang dulunya beberapa kali mengalami pergantian nama sejak mulai didirikan.

Pada masa awal didirikan, kerajaan Sumedang Larang bernama Kerajaan Tembong Agung, kerajaan ini didirikaan oleh Prabu Guru Aji Putih (putra Aria Bima Raksa, patih kerajaan Galuh Pakuan) kira-kira abad ke 12 masehi. Tembong berarti tampak dan Agung berarti besar, jadi kerajaan Tembong Agung bisa diartikan sebagai sebuah kerajaan yang tampak besar atau tampak agung. Kerajaan ini didirikan di Desa Leuwi Hideung, Kecamatan Darmaraja sekarang. Prabu Guru Aji Putih mempunyai empat anak yaitu Batara Kusumah alias Batara Tuntang Buana alias Prabu Tadjimalela, Sakawayana alias Aji Saka, Haris Darma, dan terakhir Jagat Buana alias Langlang Buana.

Diakhir masa kepemimpinan Prabu Guru Aji Putih, Kerajaan Tembong Agung ini kemudian dipegang oleh putra sulungnya yaitu Prabu Tadjimalela. Pada masa pemerintahan Prabu Tadjimalela Kerajaan Tembong Agung mengalami dua kali perubahan nama, yang pertama, Prabu Tadjimalela (juga mempunyai nama Prabu Agung Resi Cakrabuana) mengubah nama Kerajaan Tembong Agung  menjadi Kerajaan Himbar Buana, Himbar berarti menerangi dan Buana berarti alam atau dunia, jadi Kerajaan Himbar Buana kurang lebih bisa diartikan sebagai kerajaan yang menerangi alam.

Kaprabuan Sumedanglarang
Lambang Keraton Sumedang Larang
Sumber Gambar : sumedanglarang.blogspot.com

Perubahan nama Kerajaan Tembong Agung yang kedua terjadi ketika Prabu Tadjimalela bertapa di Gunung Cakrabuana. Ketika Prabu Tadjimalela bertapa di kaki gunung itu, beliau melihat suatu fenomena alam yang sungguh sangat indah dan luar biasa. Beliau melihat sebuah cahaya yang melengkung menyerupai malela (selendang) selama tiga hari tiga malam, lalu entah kenapa mungkin karena saking kagumnya dan juga mendapat ilham...saat itu beliau langsung berkata dalam bahasa sunda buhun In(g)sun Medal, In(g)sun Madangan, yang bisa diartikan Ing = Aku, Medal = Lahir, Madangan = Penerangan/Pencerahan...jadi bila diartikan kembali menjadi  "aku lahir, aku (untuk) memberi penerangan/pencerahan". Kata-kata ini yang admin gunakan pada header di situs ini.

Kata Insun Medal Insun Madangan inilah yang pada masa-masa berikutnya berubah pelafalannya dari mulut ke mulut dari telinga ke telinga selama beberapa generasi, dari kata Insun Medal Insun Madangan, menjadi Sun Madang, dan terakhir menjadi Sumedang. Jadi jika merujuk dari runut cerita diatas, kata Sumedang sebenarnya asalnya memiliki filosofi tersendiri, bahwa manusia harus bisa memberikan penerangan/pencerahan antara satu dengan lainnya, saling mengingatkan, saling menasehati dalam kebaikan, sampaikan walau hanya satu ayat...semoga bermanfaat.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

166 komentar

Selamat Pagi Kang WS, Ijin simak artikel cerita yang bermanfat ini
Simak dengan seksama dulu biar lebih paham. terima kasih atas artikelnya Kang WS :-#

oo, baru tahu saya,,,hehe

btw, nice share broo

:>) Asyik saya dapet kado Pertamax dari Kang WS ternyata artikel ini
Cerita asal usul Kota Sumedang Tercinta, dan sjarah kerajaan sebelum
Kota Sumedang ini ada, sangat bermanfaat nih Kang sejarahnya. :-#

sejarahnya tak jauh berbeda dengan kota subang hehehe

jadi itu ya Mas sejarahnya kota sumedang.

Wah, panjang juga asal muasal nama Sumedang yang Kang? Nama Kang Ws kalau dikembalikan ke masa lalu bisa melebar sampai keluar kolom komen dong.

Saya yang warga asli Yogyakarta malah ndak paham asal muasal terbentuknya Yogya Kang, bahkan masih heran kenapa sebagian menyebut Jogja, sebagian lagi menyebut Yogya...mungkin karena perubahan EYD kali ya?

asyiik cakrawala wawasan saya bertambah

oh jadi begitu sejarahnya ya, .ehm baru tahu saya gan, .:D

setap daerah rata rata nama diambil dari kejadian yang terjadi di tempat itu atau yang dialami tokoh di tempat tersebut. Dan ternyata dalam banget makna filosofis kabupaten Sumedang

Tiap daerah sepertinya punya cerita dibaliknya ya kang, seperti Sumedang ini, saya baru tahu arti dari Sumedang itu sendiri dari artikel ini kang..trims

nambah lagi pengetahuan saya tentang sejarah SUmedang....terus di tunggu galian lanjutannya mengenai Sumedang....
#kecup anget ah.

sama kang...padahal saya tinggal di sinih coba?

Pertama melihat judul artikel ini sempat mikir kok judulnya Unik dan langka, Setelah di baca baru tau kalau itu merupakan ucapan dari Pabu Tadjimalela... Salam.

kota sumedang asal usulnya keren ya mas, awalnya adalah kerajaan sumedang larang yg merupakan pecahan dari kerajaan besar sunda galuh :)

Wah sangat menarik sekali mas artikelnya menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang sejarah Sumedang...Nice share kang WS :)

mas ws pintar sekali bercerita

menambah wawasan untuk nilai sejarah ya mas..sebenarnya kalau kita ungkap semua tetang sejarah banyak sekali lho tapi pasti harus dengan sumber yang bisa dipercaya...

masih bau menyan tauuu........

mas ws memang ahli dalam menguak yang belum tampak di permukaan, saya jadi lebih mengerti dan menambah wawasan saya tentang per ubi an, eh salah,,,,,,,,tentang sejarah sumedang larang dan kerajaan lain di ranah pasundan...kalau nama kereta pasundan itu sering di pelesetkan pakdhe sundan mas,,,hehehehe

Wah, asik nih dapat cerita tentang sejarah disini :)

setiap tempat pasti ada sejarahnya tersendiri.. unik sekali sejarah asal usul namanya..

sekarang ngelike abis aja dulu ya mas
komennya besok

Ijin nyimak dulu yaa Mas ... :) Ngopi dulu ... :D

tapi ini bukan cerita pengantar tidur ya kang karrys & mas agus :-)

awas pertamaxnya jangan ditimbun ya kang, bisi ditangkep polisi (m)

jadi kita bergandengan tangan menatap masa depan yang lebih baik ya kang, ya mbak, ya mas :-)

nambah lagi pengetahuan saya tentang sumedang nih gan, makasih sharingnya

hoho iya mungkin mbak, kalau cerita tentang kehidupan WS mah...nampaknya bisa dijadikan novel, aiiiihh ;-(

iya mbak mulanya WS juga sama, tapi lama kelamaan setelah baca-baca sejarah jadi penasaran juga hehe, sebenarnya cerita di atas hanya diambil intisari dan garis besarnya saja, kalau dijabarkan lebih detail mungkin akan lebih panjang lagi ceritanya, dan WS juga tidak tau banyak kalau harus bercerita lebih mendetail hehe.

mungkin iya mbak itu hanya pengaruh EYD saja, mungkin loh, karena WS juga tidak tau

saya sih pengennya nambah kuota internet, sebentar lagi abis nih ;(

iya kang, biasanya sih bgitu...tiap daerah punya cerita yang melatarbelakangi nama daerah tersebut.

sama-sama kang, terima kasih kembali :)

kalau WS ini malah lagi nungguin galian pasir tampomas kang...duh anget2nya rasanya hapal nih.

emangnya kang lembu makan menyan ya mas agus ??

iya mas itu merupakan ucapan dari Prabu Tadjimalela :)
salam juga mas...terima kasih telah berkunjung

hee kalau mau lihat yang aslinya datang saja ke sumedang ya kang :)

iya mbak pastinya begitu, karena banyak juga cerita sejarah yang ngarang2 ya

hee terima kasih mas, WS jadi tersanjung ;(
tapi sebenarnya sudah banyak kok mas yang bercerita tentang sejarah asal mula nama sumedang di atas, termasuk di wikipedia...WS hanya coba menceritakan kembali saja :)

silahkan mas...itu tahu sumedang dan ubi cilembunya juga silahkan dinikmati ya mas, jangan malu2 :)

Memang satu tempat atau daerah indentik dg legenda dan sejarah di tiap masing latar belakang budayanya ya mas..
Dan salah satunya dengan Sumedang ini... :)
Trima ksh mas Ws...udah berbagi info ni ke kita2.. :)

Sore kang!seperti biasa saya datang terlambat hehe...
Menambah wawasan + perlu di ceritakan sama keturunan kita

iya mas...sama2 mas budi, terima kasih kembali :)

sore juga kang...
iya kang, supaya anak incu buyut bao janggawareng dan seterusnya kita nanti tau sejarah ini ya kang hehe :)

Ooohh.. jadi itu ya kisahnya.
Jadi tau. Makasih ya mas WS. Eh tapi... Wewengkon apa sih? ^_^

Terimakasih atas kisanya lumayan dingin--dingin gini baca beginian dan menambah pengetahuan..

saya kasih :>) itu saja deh. haha

Iya mbak niken, itulah kisahnya tentang asal mula nama sumedang hehe...
sama2 mbak, terima kasih kembali :)
Wewengkon itu artinya kurang lebih lingkungan atau daerah mbak :))

hee itung2 ngisi waktu ya sob...
terima kasih kembali sob

jdi hanyut terbwa cerita ini
hehe
keren

hati-hati sob hanyutnya jangan sampai terbawa ke laut hehe :-)

Pantesan saya gx paham gan ternyata bahasa sumedang ya :)

oooh...kirain menyannya dibakar kang...eh, emang dibakar kan??

bahasa sunda sob...tapi bahasa sunda buhun (lama) hehe

toss ah kang... toss dulu... sama tetangga harus salaman hehehe

ternyata begitu ya kang... insun medal insun madangan... sayah baru tau

suatu daerah mempunyai kisah, awal cerita masing2 ya mas,,,
seiring berkembangnya zaman,,, nama pun bisa berubah dalam pelafalannya
trimakasih dah berbagi :)

panjang juga ya sejarah sumedang,tpi kadang2 bnyk masyarakat yg udh lupa dg sejarah pdhl penting buat dilestarikan

Setelah membaca artikel ini saya jadi lebih mengenal mengenai sejarah Sumedang, menarik sekali untuk disimak :)

Wah saya Atutt ternyata Sobat na Kang WS, Pejabat POLRI semua yah
Boro-boro di timbun Kang WS buat di pake sehari-hari aja kawalahan
Meserna. salam hormat buat Kang WS, Juga buat semua Sobat blogging
Yang ada di komentar ini. terima kasih :) x-)

Kunjungan Pagi, sepecial ke Blog nya Kang WS. Sengaja saya mampir
Dalam Rangka Adventure meramaikan semua blog Sahabat saya termasuk ;((
Blog wewengkonsumedang.com punya Kang WS ini salam hangat selalu yah Kang WS

sama WS salam tempel aja ya mang hehe

sama-sama mbak...terima kasih kembali :)

iya mas...setuju sekali dengan pendapat mas

terima kasih kang sudah memberikan kehangatan di pagi hari ini :)
menjadi penyemangat bagi saya untuk menjalani rutinitas di hari yang berbahagia ini :))

hee hatur tengkyu kang, salam hormat juga :)

Yup, bisa jadi Sumedang dari Madangan ya. Keren, mengupas sejarah lembur :)
Saya harus belajar untuk juga mengenalkan lembur sorangan, kebetulan rumah tak jauh dari pusat peninggalan sejarah kerajaan Sunda Galuh

Sebagai pribumi memang seharunya kita mengetahui sejarah kota yang kita diami. Ini akan sangat bermanfaat bagi warga sumedang khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.
Hatur nuhun Kang janten terang ayna mah asal usul nama sumedang teh. Nais inpoh :)

mirip2 filosofi islam dlm berukhuwah.., saling mencerahkan, saling tolong menolong dst... *smile

Panjang yah sejarahnya mas :) asal mula sumedang ^_^ . Sepupu saya ada yang di sumedang dan paling enak itu TAHU sumedang paling juara :)

jangan kecup kecupan lho ya...

sambil mbakar ban bekas juga boleh

yang penting mas ws keren lah, dari pada saya tidak mau tau sejarah daerah saya sendiri, keren kan sayah ?

Bener mas lumayan dapat ilmu sejarah sumedang ni :D

kalau saya tetep penadahnya...sampai kapanpun selama kecup basah kang lembu belum mengering

kayangya kang lembu yang pertama kali marah mas kalau kecup2an itu dilarang

kalau sambil bakar uang boleh gak ?? biar agak seruan gituh...jangan banyak2 uang yang dibakarnya kan sayang...1 M cukuplah

keren sekali mas agus, seperti pasha ungu :))

hee terima kasih juga mas game begog :)

iya kang...ini WS sedang coba kenalkan sedikit demi sedikit saja tentang Sumedang kepada para pemirsah hehe.

iya atuh kang sayang kalau tidak diposting atau dikenalkan itu peninggalannya, WS juga dulu pernah melewati museum yang ada di ciamis kalau gak salah di desa Imbanagara, sayang sekali gak sempat mampir =))
kalau mampir mungkin jadi punya bahan postingan tentang peninggalannya

hee iya kang hatur tengkyu, sami-sami :))

wah ada sodara disini mas ? di sumedang bagian mana tinggalnya sodaranya ??
kapan2 mampirlah kesini mas hehe...
terima kasih mas :)

bagus bangettt lambangnya
percis kaya kesebalesan sepak bola ^_^

wah klub sepakbola mana mas yang lambangnya seperti gambar di atas ?? hehe

yuih, besar banget ya kang mahkotanya :-d

gak besar2 amat kok mas...ya seukuran kepala saja :)

Saya nonton saja Kang, sambil belajar.

Dari setiap makhkota yang di pergunakan oleh raja setiap daerah memiliki filsafat tersendiri, di mana di dalam setiap gambarnya terdapat pembelajaran untuk budi pekerti dengan maksud dan tujuan dari setiap simbol kerajaan di kawasan daerah. Itulah slah satu uniknya keindahan seni budaya indonesia yang beragam janis, namun tetap dapat bersatu.

Salam,

iya pak setuju sekali, terima kasih telah menambahkan...
salam

inasun medal inasun madangan.. kalau bahasa jawa artinya "saya medal(genjot sepeda ontel) saya suka makan" hehehehe

memang setiap daerah pasti punya sejarah mas.. tapi sampai sekarang saya nggak tau sejarah kota tempat tinggal saya.. mungkin kurang di espos kali ya.. hehehehe

ihirrr dapat pencerah baru dari kang WS.. saya baru kata2 seperti itu kang langsung save permanen ah biar ga lupa :) hehehe

kunjungan rutin mas,,
happy blogwalking

itu kerennya indonesia raya
setiap nama daerah selalu membawa sejarah masing-masing
tapi jadi bingung kalo liat nama cilembu. harusnya banyak sapi disana bukannya ubi, hehe

saya bawa ember, untuk nutupi kepala biar tidak di kecup basah

wuihh...komentarnya rame bget disini. Ikutan nongol ah..

madangan...kalau di daerah ane artinya suka makan...doyan mangan :D

Jadi belajar banyak mengenai sejarah sumedang di sini mas...
Terima kasih berbagai ilmu dan pengetahuannya ini

Oalah, ternyata begitu asal-usul nama Sumedang. Unik, ya :)

=)) pasti kelihatan keren kalau pakai itu
boleh dipinjem buat foto foto ga tu :-t

Saya Bawa penghulu aja deh biar sakalian rame yah Kang WS hahhaa

Saya sudah tau Mas Index tapi dari artikelnya Kang WS ini :-)

Selamat siang Kang WS Datang lagi nyimak lagi
Biar lebih paham cerita sejarah asal-usul Kota Sumedang :>)

hahahah :-) Mas Nady bisa aja yah arti artikel Kang WS ini
Kira in kata inasun medal inasun madangan artinya
Mari kita ramaikan Artikel asal usul Kota Sumedang hhh

saya mau bawa bon utang aja deh, tak bagi-bagikan sama semua...kali aja ada temen2 yang perlu hehe

saya juga baru tau loh kalau kang karrys n mas index ini baru tau :-)

mas nady : hee iya mas tiap daerah beda bahasa beda lagi artinya ya :))

kang karrys : hayu atuh sok justru saya senang pisan kalau begitu hehe :)

hee mas bisa saja...silahkan mas, hati2 kena virus hehe :)

terima ksih mas...
happy blogwalking juga

iya ya kang :))

sepertinya disana juga banyak sapi kang...hanya mungkin kurang terekspose, coba kalau kang lembu bikin blognya tentang sapi cilembu...pasti terkenal deh

silahkan mbak...sering2 ya nongolnya :))

hee iya ya sob beda daerah pasti beda lagi artinya :)

sama-sama mas...terima kasih juga telah berkunjung kesini

iya mas...begitulah asal usulnya :))

kalau sekarang sepertinya tidak boleh sob hehe...
tapi dulu pernah dipinjam dan dipakai oleh seorang artis dalam prosesi pernikahnnya

selamat siang juga kang karrys...treima kasih mas sudah sering mampir kesini bahkan ketika saya tidak apdet dan entah lagi dimana hehehe

trus saya bawa naon atuh heuheu,,,,,kumaha kang WS damang,nembe tiasa kadieu deui yeuh maklum nuju panen dodol heula heuheuheu,,,,

jadi sumedang berasal dari kata itu ya

Alhamdulillah pangesto kang...sawalerna ?? enya atuh kamana wae kang meni awis tepang hehe....asiiik bakal bagi2 dodol yeu jigana mah :)

iya mas yitno :)

mas ainnul : tapi bukan perasaanmu padaku kan ?? heheh, gubrak *error

Tentu sebuah nama mengandung makna dan harapan dari 'pemangku'nya (h) . Sebuah harapan yang luhur dari para pendiri suatu daerah kepada keturunan, abdinya, rakyatnya, dan generasi penerusnya x-) . Cita-cita yang hendaknya dapat digapai oleh mereka sehingga tercipta suasana yang sejuk, tenteram, adil, dan makmur :o . Bukan hanya berupa lambang, ucapan, dan tulisan saja, namun dapat membumi di wilayah tersebut ;(( . Sharing yang amat menarik. Semoga Sumedang menjadi bumi yang makmur (f) dan sejahtera, amin. Salam cemerlang! :>)

aamiin pak, terima kasih atas tambahan dan doanya :)

Menarik sekali cerita sejarah ini..
Bahasanya rupanya mirip juga dengan bahasa Bali kuno ya.. Senang membacanya...
jadi bisa sedikit mengenal Sumedang selain tahunya yang ngetop itu..

sejarah dan budaya indonesia ternyata begitu banyak, jika mau memahami rasanya butuh onsenkuensi secara maksimal ya
b-( [-(

terima kasih mbak, dan terima kasih juga telah berkunjung kesini :)

oh bahasanya mirip dengan bahasa bali kuno ya ?? saya malah baru tau mbak, apa mungkin karena asalnya satu rumpun bahasa ??

iya mbak...tentunya butuh totalitas untuk bisa memahami dan mendalaminya...kita mah mungkin setengahnya saja tidak hehe

tapi kalo liat mang lembu ga mau angkat soal sapi
jangan jangan mang lembu doang yang jadi sapinya, hahaa
kabuur...

Datang deui ka bumi Kang WS Bari bawa kopi sa ember buat yang mau
Kumaha kabar nya Kang WS Meuni Plengggg.. muga baik-baik saja yah :c:
Di tunggu artikel baru nya Kang di lajeng gitu Rojer (o)

Makin rame pisan yah Kang WS kaya pasar Tumpah Kang hhhh :-)
Sobat pada kumpul di sini semua kalau ada seranga Bom enak nih ahahah ;((

Kade Kang Tong babari getas harupat. semangat terus ada saya penyemangat
Perjuangan Akang maju terus pantang mundur kibar kan bendera Sumedang larang

hee iya kang, meni lagi sbuk pisan ni =))

ssiiaaap kang

terima kasih kang karrys sudah selalu memberi semangat buat saya mengelola blog ini :)

yup kang...semangat2 hehe

weh kalau lagi kumpul jangan di bom kang kasian....cukup kentut saja ditengah kumpulan...pasti bubyarrrrr heheh :-)

blognya udh difollow kang ;) hehee

Pernah mempelajari tentang ini waktu SMP kelas satu, baca ini serasa diingatkan kembali... nuhun Kang.... :)

Bisa bawa anduk kecil untuk ngelap. he,, he, he,, 8-)

Pengertian dari insun medal insun madangan sangat bagus dan memiliki makna yang luas ya Mass.Apalagi bila di lihat dari lambangnya memiliki seloka yang dalam.

Salam

sami2 teh :)
heee iya teh jadi berasa balik lagi ke jaman SD ya :))

iya pak...terima kasih atas tambahannya :)


EmoticonEmoticon