Monday, 28 October 2013

Sumpah Pemuda, dan Realita Anak Bangsa

Markas Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia
Markas Persatuan Aksi Pelajar Indonesia
SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Teks Sumpah Pemuda dalam ejaan gaya lama diatas merupakan bukti kebulatan tekad  putra dan putri Indonesia untuk bersama-sama menjalin persatuan dan kesatuan, demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Apa sobat ada yang hafal teks nya? atau sila-sila dari Pancasila, hapal atau tidak? Lagu kebangsaan Indonesia Raya? jika misalkan tidak hapal, mari kita hapalkan bersama-sama, bukan apa-apa, nyatanya sekarang ini banyak yang tidak hapal Pancasila dan lagu kebangsaan, apalagi  Sumpah Pemuda dan lain-lain. Bahkan mungkin, salah satu dari mereka yang tidak hapal itu adalah kita sendiri.

Secara tersirat maupun tersurat, teks diatas menjadi bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober lah bangsa Indonesia dilahirkan, apa sobat setuju? tapi, kenapa di lagu 17 Agustus ada lirik yang berbunyi  "hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia, merdeka !! sekali merdeka tetap merdeka....".  Penggalan lirik lagu 17 agustus itu seperti mengingkari eksistensi sumpah pemuda, dan admin yakin banyak diantara kita yang tidak menyadarinya, tapi entahlah, itu cuma opini dan pemikiran admmin saja, hanya merasa sayang kalau dua hal yang sama-sama menghembuskan semangat kemerdekaan malah seperti saling mengingkari satu dengan lainnya, tidak selaras.

Teks Sumpah Pemuda diatas dibacakan pada waktu Kongres Pemuda yang diadakan di Jakarta pada tanggal 27 - 28 Oktober 1928 dimana Panitia kongresnya terdiri dari :
- Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)
- Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)
- Sekretaris : Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)
- Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)
- Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)
- Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)
- Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)
- Pembantu IV : Johanes Leimena (yong Ambon)
- Pembantu V : Rochjani Soe'oed (Pemoeda Kaoem Betawi)
(Sumber : sumpahpemuda.org)

Peserta Kongres Pemuda II
Kita tahu. bahwa kemerdekaan Indonesia diraih bukan hanya dengan perjuangan fisik semata, tapi juga tentunya melalui perjuangan pemikiran, para pejuang model ini lahir tidak terlepas dari politik etis atau politik balas budi yang melahirkan kaum-kaum terpelajar di tanah air pada waktu itu. Kaum terpelajar inilah yang pada akhirnya menjadi aktor utama penggerak seluruh elemen bangsa dengan membakar semangat mereka untuk meraih kemerdekaan melalui banyak cara, salah satu caranya dengan mengobarkan semangat persatuan di seluruh penjuru bangsa, dan juga membuat kelompok-kelompok diskusi yang  berujung pada lahirnya kelompok kelompok yang intens membahas perkembangan politik di tanah air.

Para pemikir ini juga membuat perjuangan fisik yang dilakukan menjadi semakin efisien, mereka melakukan lompatan besar soal perlawanan, jika di jaman sebelumnya perjuangan merebut kemerdekaan selalu identik dengan melawan penjajah menggunakan bambu runcing, maka dijaman mereka, perjuangan secara fisik ini dilakukan dengan melakukan berbagai pergerakan yang terorganisir lewat organisasinya.

Setelah lahir organisasi-organisasi yang dibangun kaum Intelektual-lah perjuangan merebut kemerdekaan yang telah lama dirintis mulai menemui titik terang untuk bisa diraih, dimana pemikiran-pemikiran yang diaplikasikan melalui penggalangan kekuatan dan persatuan menjadi modal utamanya. Kita tahu dulu ada Boedi Utomo (20 Mei 1908), Indische Partij (25 Desember 1912), Indische Social Democratische Vereeniging/ISDV (asal mula PKI, 1914), Indische Vereeninging (1908), kemudian berubah nama menjadi Indonesische Vereeninging dan terakhir berganti nama lagi menjadi Perhimpunan Indonesia (1925) yang berfungsi sebagai wadah diskusi dan menuangkan pemikiran-pemikiran demi perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

Kehadiran Boedi Utomo, Indische Vereeninging, dan lain-lain pada masa itu merupakan suatu episode sejarah Indonesia yang ditandai oleh munculnya sebuah angkatan pembaharu dengan kaum terpelajar dan mahasiswa sebagai penggerak dan aktor utamanya. Walaupun berbeda kelompok, tapi mereka mempunyai misi yang sama yaitu menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan dikalangan rakyat Indonesia, untuk memperoleh kemerdekaan dan membebaskan diri dari penindasan kolonialisme. Di Kabupaten Sumedang sendiri, ada tempat-tempat yang dijadikan markas pergerakan kaum intelektual tersebut, salah satunya adalah tempat yang pernah dijadikan Markas Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia Zainal Zakse, bertempat di dekat kantor Disperindag Kabupaten Sumedang.

Kembali lagi kepada Sumpah Pemuda, mari kita bertanya pada diri kita masing-masing, apakah semangat dari Sumpah Pemuda yang tertuang dalam 3 point di atas sudah ada pada diri kita? karena sangat ironis bahkan mungkin bisa dibilang tragis, jika kita hidup dan berpijak di tanah yang bernama Indonesia, makan minum dan berpakaian dari hasil bumi Indonesia, tapi ternyata bahkan kita tak hapal lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebenarnya begitu banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuktikan bahwa kita cinta tanah air Indonesia ini, misal dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan tidak merusak alam sekitar kita, cukup sederhana, bukan?

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

137 komentar

walaupun saya belum pernah ke Sumedang, info ini sedikit memberi gambaran kang, makasih infonya

Artikelnya fresh nih.. hari ini sumpah pemuda yah.. sempet bertanya2, kok yah tumben ada upacara bendera td pagi pas lewat depan gedung BPBD.. ga taunya.. baru inget klo hari ini hari sumpah pemuda.. Maklum.. sdh kelamaan ga sekolah.. jd lupa.. xixixii....

opininya masuk akal mas...
Masih banyak fakta sejarah yg belum terungkap dan terkadang terlihat klise dengan apa yg diajarkan pada buku-buku sekolah.
Bagaimana pun juga, kita adalah pemuda penerus bangsa...kita harus bergerak, walaupun gerkannya sangat lamban. Itu lebih baik dari pada diam
Overall :>)

ini secara tidak langsung mengingatkan kepada diri pribadi, gimana tidak di ingatkan lha isi sumpah pemuda aja saya tidak hafal mas. ngenes sekali deh saya.

berarti bangsa kita lahir dua kali ya mas :))

kalo ditanya seperti itu sepertinya semanagt sudah pada luntur ya kang, pemuda sekarang sepertinya kebanyakan tidak bangga dengan nusa, bangsa dan bahasanya, yaitu Indonesia

banyak para pemuda jaman sekrng sudah kehilangan rasa nasionalisme,, tak membayangkan giman perjuangan pemuda jaman dahulu

saya bangga dengan pemuda Indonesia, tapi dulu, sekarang? ya sebagian saja, yang lainnya memble :D

Semoga posting di atas jadi motivasi untuk semua,husus nya saya pribadi
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau ga hapal lagu kebangsaan sungguh terlalu!betul kang!?

bertepatan dengan hari ni ya sob..... mari para pemuda kita berkarya untuk bangsa

Kalau ngak hapal lagu kebangsaan, wah berbahaya apalagi kalo sudah jadi pejabat tinggi. Seperti kasus kemarin :)

saya hafal teks sumpah pemuda ^^
yukk berjiwa nasional dengan melestarikan kuliner indonesia :D

Pemuda jaman sekarang banyak sekali yang sudah tak perduli lagi dengan hal yang seperti ini

hhe iya mbak kalau terlalu sibuk dengan aktifitas kita sehari2 kadang ga ingat dengan hal-hal lain ya, apalagi yang setaun sekali seperti hari sumpah pemuda ini :)

intinya kita harus kritis ya mas...jangan terlalu manut dengan apa2 yang diajarkan, ataupun hanya mengamini informasi yang kita lihat, dengar dan dapatkan selama ini...

iya mungkin kang ucup, hebat ya :))

dan parahnya mungkin sebagian kecil anak muda sekarang lebih bangga dengan negara luar ya kang, kita bisa lihat dari musik, gaya/style, dll nya...mudah2an fenomena seperti ini tidak semakin mewabah kedepannya ya kang

nampaknya kebulatan tekad yang tertuang dalam sumpah pemuda saat ini banyak meluntur, coba bahsa aja bnyak yg diluar pakem, yang 4lay lah dll....mesti dikobarkanlagi semangat sumpah pemuda tempo doeloe

mudah2an kedepannya segera ada perubahan ya mas...karena nasionalisme tentunya bisa dipupuk dan dibangkitkan dengan cara apapun, termasuk lewat olahraga seperti yang sekarang ini sedang booming yaitu sepakbola Indonesia

dan pastinya pemuda jaman dulu sekarang sudah tua ya kang hehehe :))

iya kang, maksud posting ini juga sebenarnya adalah catatan untuk saya pribadi agar terus bisa introspeksi....

nah itu kang, mungkin bisa dibilang kebangetan kalau ga hapal lagu kebangsaan

iya sob...yuk mari kita terus berkarya, salah satunya melalui ngeblog hehe

iya sob itu parah pisan dan malu2in banget ya...jadi ikut malu kita kalau begitu :-t

yuk mbak...itu juga pastinya bisa menjadi jalan untuk membuktikan rasa nasionalisme kita :)

mudah2an kita termasuk salah satu dari mereka yang perduli ya mas

iya mas saya setuju sekali, bahasa sekarang2 sudah parah...dimulai dari terbitnya kamus gaul lah, sampai sekarang bertebaran bahasa 4lay yang bisa dibilang merusak bahasa Indonesia yang baku yang kita banggakan, kreatif yang tidak pada tempatnya kalau menurut saya

pemuda pemudi bersumpah tapi cuma di hafalin saja mas....setelah diucapkan saat upacara bubar barisan sumpahnya lupa...hehehe
kunjungan pertama mas maaf lambat

hhe mbak bisa saja...dan takutnya kita sendiri termasuk pemuda pemudi bubar jalan itu ya mbak, mungkin kita juga harus introspeksi.

Terima kasih mbak telah berkunjung kesini :)

pemuda zaman sekarang sudah banyak kehilangan semangatnya,yang ada tawuran dan berantem,kami sekeluarga pernah jadi korban,semoga mereka sadar

Betapa gigihnya perjuangan para pahlawan terdahulu untuk memperjuangkan bangsa indonesia bebas dari belenggu penjajah. Dengan memperingati hari sumpah pemuda, bisa mengingatkan kita kembali akan arti penting sebuah kebersamaan dan persatuan antar elemen masyarakat. Meskipun kita berbeda-beda, tetapi kita tetap satu,:)

Coba dari pagi saya baca ini mungkin bisa dapat hadiah nih :D
Dikasih paertanyaan tentang hari sumpah pemuda dan sayangnya tidak bisa menjawab. Hadeuh :D

pemuda pemudi harapan bangsa tapi terkadang harta dan kedudukan membuat sumpah itu bisa di beli walau dalam sumpah itu bilang sampai titik darah penghabisan...justru malah takut kehilangan uang

mungkin salah satu contohnya seperti para koruptor ya mbak...mereka banyak yang lupa akan sumpah jabatannya

iya setuju sekali semoga mereka cepat sadar ya mbak atas perbuatan mereka itu...kalau hanya bisa berantem dan merusak, untuk apa sekolah tinggi2 ya...saya benar2 tidak mengerti dengan anak muda tipe2 seperti itu, padahal waktu muda waktunya mereka bisa lebih menunjukan eksistensinya

Bhineka Tunggal Ika ya mbak :)
terima kasih mbak atas tambahannya

ah mas ardy suka merendah deh :)

yuk ah kita hapalkan sama2, tapi nanti hadiahnya bagi 2 ya :))

saya ijin kutip texs sumpah pemudanya ya mas.. soalnya saya sering lupa kalau di suruh nyebutin.. kan malu kalau di tanya adik saya tentang sumpah pemuda kalau saya tidak tau hehehehehe.... (jangan bilang bilang ya mas) ckckkckckckc

udah sejak lama saya termasuk orang yang ngga NASIONALIS kang...makanya, maaf kalau soal peringatan seperti ini saya malah antipati....tiap tahun diperingati...hasilnya negeri ini malah tambah ancur tuh....?!
kalau boleh milih,mendingan jadi suaminya Ratu Atut gubernur banten deh ih.

kondisi bangsa sangat berpengaruh dengan kondisi pemuda dan jarang sekali kebalikannya. Jaman dulu, bangsa ini terjajah dan terdholimi yang membangkitkan semangat persatuan pemuda. Dan jaman sekarang, kondisi carut marut maka pemudapun terlarut kedalam ketidak pedulian

siap-siap disampluk panci kalo nekat milih

Semangat itu tentu terus digelorakan kedalam dada generasi muda utamanya :o dan umumnya masyarakat Indonesia dalam berbagai kesempatan penting di sela kehidupan sehari-hari (h) . Bila semangat itu tipis, hampa, dan tidak berbekas lagi =)) maka tunggu saja keruntuhan negeri yang indah ini 8-) . Negeri Indonesia yang kuat, sejahtera, adil, dan makmur adalah idaman kita semua cheer . Salam cemerlang! :>)

silahkan mas, ejaan gaya lama diatas itu saya juga dapat ngutip heheh...
iya mas sedia payung sebelum hujan y :)

nah loh, ntar disambit panci rame2 kalau nekat milih

nggak nasionalis kok jadi kades :-)
y justru itu mungkin kang, masih suka diperingati saja negri ini masih tambah hancur apalagi kalau tidak diperingati...
yang salah mungkin bukan bangsanya tapi yg mengemban amanahnya...

iya mas, mungkin bangsa ini harus benar2 hancur dulu supaya semangat persatuan itu bangkit lagi....apa memang harus seperti itu gitu ya jalannya ??

salam cemerlang cheer

setuju sekali mas, terima kasih tambahannya

Makanya lain kali kalau Mas Agus ke sini kasih bangku Mas WS. :d

jadi ingat masih jaman muda, tapi ngomong-ngomong sumpah ini berlakuknay berpa lama ya Kang ? Sebab para pembaca sumpah ini juga ada yang tersandung sebagai oknum pengkhianat amanh rakyat loh. Tuh para yang terbukti makan uang rakyat. he,,, he,,he,,,,

Salam,

selamat hari sumpah pemuda.. sumpah, saya masih muda :)

sudah mas Indra, malah lengkap WS kasih meja, kursi, dan cemilannya juga hehe @-)

iya ya mas itu mah mungkin sumpahnya hanya di lisan, lain dimulut lain dihati cuma gombalan saja kali ya mas Indra =)
tega2nya mereka menggombali negri ini

semangat sumpah pemuda sepertinya kian pudar dikalangan anak muda sekarang,yg diingat cuma upacaranya saja sbg simbol hari perayaan,tpi isi sumpah pemuda saja kalo ditanya masih sering lupa

nah itu ya mas, cuma jadi seremonial saja tanpa diresapi dan dihayati

saya bangga menjadi putri indonesia walau tidak pernh secara resmi memperingatinya,,,,,,,

Sangat jelas sekali uraiannya mas WS,,, sangat bermanfaat bagi pembaca agar bisa memahami sejarah sumpah pemuda yang sbenarnya ^_^
Makasih sudah berbagi...
:>)

semoga secepatnya ada perbaikan ya mbak...kita mulai dari diri kita sendiri :)

karena ga ada sumpah pemudi ya mbak ?? hehe...yakin kok maksudnya sumpah pemuda itu ya sumpah pemuda pemudi :))

harus menambah semangat nasionalisme lebih banyak lagi nih
(h)

mari kita lakukan bersama-sama mas (h)

Wah memang mantap pemuda Indonesia haha SALAM SUMPAH PEMUDA ;) blognya sudah saya follow ditunggu di ikerenki.blogspot.com

mat hari sumpah pemuda, hehe telat ngucapkannya :o

Lagu Indonesia Raya versi asli yg panjang gak hapal tahunya cuma versi sekarang

selamat hari sumpah pemuda juga mas, gak apa2 mungkin mas...toh yang penting kan bukan hanya sekedar memperingati sumpahnya, tapi melaksanakannya :))

pastinya cukup hapal yang sekarang suka dinyanyikan saja mas

saya malah nggak hapal isi dari sumpah pemudah Mas..hehe *parah

peringatan hari sumpah pemudah barengan sama hari blogger ya..

Wah telat 2 hari saya gak masuk di blog Kang WS
Mantep nih Kang, memperingati Sumpah Pemuda
Tetap semangat 45, MAJU TERUS PANTANG MUNDUR.

luar biasa sekali perjuangan pemuda tempo dulu, berbeda sekali dengan pemuda sekarang.

sangat salut dengan perjuangan pemuda jaman dahulu, kalo jaman sekarang mana ada remaja yang jadi pahlawan [-(

This comment has been removed by a blog administrator.

serasa belajar sejarah lagi mas _ _"

jujur sih, saya lihat banyak yang semangat terutama di sosmed pada sebutin selamat Hari Sumpah Pemuda! tapi saya sendiri kok ngga merasakan euforia itu ya, rasanya berlalu begitu saja

saya suka sukun rebus deh ah....
hehehe

saya seringkali berfikir, bagaimana sejarah itu tidak hanya diajarkan secara formalitas, namun juga dihayati dan dimaknai agar memperoleh suatu kebijaksanaan hidup lebih lanjut untuk generasi kita dan yang akan datang.... ^_^

tulisannya bagus, kang... :)
mudah--mudahan banyak dibaca khususnya oleh anak-anak muda Sumedang :D

di daerah ane mahasiswa malah demo di depan pendopo bupati buat memperingati sumpah pemuda :-)

Ironisnya, banyak yang lupa dengan sumpah pemuda. Setiap tanggal berapa saja Sumpah Pemuda diperingati aja banyak yang nggak tau. Terserah itu beralasan lupa atau apa, tapi saya cukup miris dengan itu.

iya mas barengan sama hari blogger, gimana kalau kita buat sumpah para blogger juga yuk mas hehehe

mungkin disitulah sulitnya ya kang, seolah sejarah itu tidak dijiwai...hanya sekedar tau atau hafal, tapi tidak meresap kedalan jiwa dan tidak bisa memaknainya...mungkin itu yang banyak terjadi sekarang

hee saya juga sudar berhari-hari ga melongok blog nya mas ni ya...beberapa hari ini rasanya sibuk sekali =))

yuk mas maju terus pantang mundur :)

iya mas :)

tapi pemuda jaman sekarang juga banyak yang membuktikannya dengan prestasi sehingga mengangkat nama Indonesia di kancah internasional

iya mas kalau pahlawan secara bertempur mungkin tidak ada ya hehehe

namun kini banyak yang membuktikannya dengan prestasi, seperti timnas u-19 kemarin :))

iya mas, rasanya hanya sebatas formalitas saja untuk memperingati, tapi seperti tanpa dijiwai ya..

kalau disini banyaknya demo buruh nuntut kenaikan upah mas hehehe :))

iya mas...itu juga yang membuat prihatin kita semua tentunya ya....semoga kita bisa menjadi bagian dari mereka yang bisa menjiwai sumpah pemuda ini

Wah rupanya Kang WS Blogging super sibuk yah Kang?
Salm sukses aja Kang. buat saya tetap offtimis demi mengobati
Rindunya pada Sobat saya selalu datang menjumpai, Kang WS
Dan sobat blogging lainya

Semangat terus Pemuda Indonesia, dengan mengisi makna arti sumpah Pemuda
Nah kalau, untuk orang tua sumpah nya sumpah apa yah..? semangat terus Kang WS

walaupun sudah tua, kita harus acungi jempol bahwa jiwa mudanya beda daripada yang lain :D

Weiiihh,. kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus semangat yahh mas., :)
masa moral generasi mudanya mau hancur begitu sajahh.,

Setuju kang...ya walopun ada juuga sih pemuda jaman dulu yg dulunya sangat berapi api...eh pas uda mnjabat di pmerintahan malah korupsi y

Blogger sibuk enggs juga sih mas, sibuknya sibuk musiman sja nih hehe. Salam sukses juga mas karrysta

Untuk orang tua y mungkin sumpahnya sumpah orang tua ya mas hehehe. Semangat trus juga ya mas karrysta...keep blogging yaa

Stuju sekali mas...yuk ah kita mulai sama2 dari sekarang n mulai dari diri sendiri untuk ikut andil dlm mmprbaiki moral generadi pemuda skarang ini...yes yes yes hrhehe

Ya .. kita patut bertanya, apakah semangat itu mash ada?

Iya mbak, banyak fenomena skarang ini yg mmbuat qt prihatin

Yang tua aja tak hafal ama teks sumpah pemuda, butir pancasila bahkan lagu Indonesia Raya, apalagi yang muda tambah tak akan hafal. Ada tokoh sumpah pemuda yang namanya dicoret dari sejarah yaitu Kartosuwiryo.

Semoga rasa patroit generasi saat ini..ndak luntur dg perubahan zaman ya mas

dan malah digolongkam dalam deret orang2 yang membangkang ya mas..

aamiin mas...ga ilang ko mas, karena memang belum bikin postingan yang baru hehe

Kami Putra dan putri Indonesia berjanji.. utk mencintai kuliner asli hasil olahan anak bangsa ini..
Salah satunya... Kurupuk Seuhah.. hehehe....

sumpah adalah janji, jadi mari kita sama-sama meresapi dan introspeksi apakah kita sudah menepatinya

yup setuju sekali kang...mantap hehe
termasuk tahu sumedang juga tentunya kuliner asli Indonesia :))

sama lho, saya yang lagi ke kedai kok nampak murid-murid pada upacara...apaan sih, baru ngeh setelah lihat berita di televisi, rupanya sumpah pemuda...ya ampuuun sedah sedemikiannya kita lalai?

setuju sekali mas, yuk mari kita sama2 introspeksi

kita kadang terlalu asyik dengan diri sendiri ya mbak sampai tidak memperhatikan yang seperti ini...apalagi ini cuma staun sekali, n pas kalau lagi mu mumet mah boro2 sumpah pemuda, makan aja lupa hehe

berarti kades yang ngga nasionalis...keren teu?....;o)

#coba siapa yang kades...coba?

patinya keren sekali kang :-)

hayoh siapa yg kades ?? sok tebak

Datang lagi Kang WS, Wuih makin ramai yah Kang
Sobat blogging semua sangat antosias dengan Blog
Dan arikelnya Kang Ws Ini salam buat semua.

Pemuda dan Pemudi sudah saat kita untuk buktikan
Bahwa Indonesia, juga bisa menyaingi negara luar
Majulah Indonesia ku MERDEKA ..!!!!

Alhamdulillah kang kalau begitu, padahal artikel seadanya hehe
terima kasih mas sudah berkunjung lagi...salam juga :)

setuju sekali mas...yup Majulah Indonesiaku !!! :))

BaGUs banged nih artikelnya. Ikut lomba blog sumpah pemuda VIVA NEWS juga kah?

engga kang...saya telat bikin artikelnya =)), deadlinenya kan tanggal 25 oktober ya ??

iya sob, jangan kan semangat, arti kata dan hafal saja kadang kita lupa.. maksi uda mengingatkan wlau saya komentarnya telah =))

iya sob..itulah kita, banyak lupanya ya hehe
gak apa2 sob hehe..terima kasih telah berkunjung ke blog ini :)

Selamat Hari Sumpah Pemuda Kang, semoga tambah semangat :)

Terlambat euy,,,,
Selamat hari sumpah pemuda untuk semuanya,,,,,,tetap semangat wahai Pemuda Indonesia,,,
stop bully membully......hehe


EmoticonEmoticon