Friday, 13 September 2013

Rumah Tua

Rumah Tua
Rumah Tua
Rumah atau bangunan-bangunan tua...entah kenapa admin pribadi cenderung suka dan mengagumi bentuk-bentuk rumah jaman dulu, walaupun kadang nampak angker, tapi entah kenapa menurut admin rumah-rumah atau bangunan-bangunan jaman dulu itu terlihat lebih unik dan artistik, seperti Menara Loji contohnya. Dan bukan rahasia lagi kalau rumah-rumah atau bangunan  jaman dulu itu lebih kuat dari bangunan jaman sekarang.

Lihat : Menara Loji, Riwayatmu Kini

Di Sumedang sendiri biasanya pemandangan rumah-rumah seperti ini terdapat di daerah yang dekat dengan pusat kota, seperti di lingkungan admin tinggal ada beberapa rumah atau bangunan tua seperti ini, menurut admin pribadi bentuk dan gaya bangunan yang berbeda dari bangunan lain disekitarnya membuatnya jadi gampang tertangkap oleh pandangan dan mencuri perhatian, karena dengan gaya bangunan kolonial zaman dulu yang nampak jelas, rumah-rumah seperti ini terlihat berbeda dan  mencolok dibanding bangunan lain disekitarnya.

Rumah Tua
Rumah Tua
Kalau rumah tua yang satu ini, konon dibawahnya terdapat semacam bunker atau terowongan, tapi admin sendiri belum sempat melihat dan membuktikannya. Banyak yang percaya, rumah atau bangunan tua apalagi yang tidak ditinggali oleh manusia itu suka ada "penghuni"nya, tapi terlepas dari itu, tentu tidak ada salahnya kalau kita mengaguminya sebagai sebuah karya seni tanpa menghubung-hubungkannya dengan hal-hal yang berbau klenik, bukan begitu??

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

85 komentar

rumah ini jadi milik negara atau masih punya pribadi?
Pasti udah banyak 'penghuni' nya ya?

Rumah jaman landa dengan arsitektur khasnya rata-rata dibangun dengan perencanaan yang matang, tata letak, bangunan serta kegunaan makanya memberikan kesan kokoh dan anggun.

kalau rumah tua seperti itu biasanya ada penunggunya kang hehehe :D kayak di filem-filem horor getu dech hehehe :D

wah, namun keliatan seram ya, mungkin kalau ada hal mistik bisa dijadikan berita utama saya lho heheheh

kebanyakan bangunan londo kok nuansanya sintro gitu yah mas :)

aku suka gerilya ke web belanda macam tropenmuseum buat nyari nyari foto jaman kolonial yang aku kenal daerah atau bangunannya. kalo dapet, suka aku foto daerah tersebut buat dibandingin. ada rasa yang susah diungkap dengan kata kata kalo bisa ngejejerin foto bangunan yang sama padahal sudah terpisah rentang waktu sampai seabad

mungkin yang bikin serem adalam bentuk rumahnya yang besar dan tidak umum di Indonesia jadi terlihat angker, perlu dilestarikan nih.

biasanya terkesan angker om kalau rumah yang udah tua gini..tp harganya kadang juga selangit sih

kalau menurut saya pribadi rumah tua atau rumah jadul lebih terlihat antik di jaman modern seperti sekarang ini.. kalau maalah angker atau tidak, itu tergantung pemiliknya.. kalau di rawat insya allah aman, tapi kalau di biarkan kosong untuk waktu yang cukup lama, ya bisa saja jadi angker.. hehe

biarpun tua... tapi masih tetep laku kan kalo dijual hahah...

Kalau bangunan tua biasanya memang lebih kuat dan tahan lama, tidak gampang retak dan ambruk, serta bangunannya yang besar dan biasanya bangunan dulu atapnya tinggi-tinggi jadi nggak terlalu sumpek.

mas WS,,, hati" ntar malam siap d datangi penghuni rumah tua,,,,karena mas WS sudah publish rumahnya,,,,,
hehehehehe

Di daerah saya banyak juga kang rumah-rumah peninggalan jaman Belanda, sampai saat ini masih terawat baik

sepertinya masih milik pribadi mbak...
wah kalau itu ada penghuninya atau tidak Ws kurang tau juga :D

iya ya mas, mungkin karena perencanaan yang matang serta paduan bahan bangunan yang pas sesuai prosedurlah salah satu sebab kenapa bangunan jaman dulu itu kokoh dan kuat bertahan lama, selain itu juga arsitekturnya unik mempunyai ciri khasnya tersendiri

kalau di film2 horor penunggunya itu kalau ga hantu juragan yg punya rumah pasti hantunya cwe cantik ya mbak hehehe

iya ya pas banget sama temanya blog mbak hehehe, baru ngeh ni =D

serasa gimanaaaaa gitu ya kang, melihat bangunan yang sama tapi terpaut rentang waktu yg cukup lama...terbayang dia menjadi saksi bisu dalam berbagai kejadian selama rentang waktu itu

iya jendela2 dan pintu2 yg besar juga membuat kesan yg berbeda ya mas

pastinya mungkin gitu ya mas...udah kaya barang antik sih hehe

karena kalau dibiarkan kosong dalam waktu yang lama nanti yang tinggal disitu jadi makhluk yg lain ya mas...hiiiii =D

pasti laku sob apalagi kalau ditengah kota..

nah itu ya mas pas banget, sirkulasi udaranya juga lancar kan ya jadi di dalam tu ga sumpek ato gerah...perhitungannya luar biasa

waaaaaa kabuuuuuurrrrrr !!!!!!! hehehehe

iya kang, pastinya banyak di setiap daerah...WS suka sekali dengan rumah-rumah model seperti ini. Kapan2 ke tempat akang buat berburu gambarnya ah :)

Kalau yang jaga rumah tua tersebut cewek cantik, orang-orang pada lari mas. Tapi lari mendekat wkwkwkwk :D

memang unik rumah2 tua, kadang penghuninya dari dunia lain :)

mau dong uji nyali di rumah tua :p

Sayang sekali yaa sudah tidak ditinggali lagi,, padahal rumahnya masih layak untuk ditempati..

tapi setelah mendekat...pas berbalik muka si cwe cantiknya pasti penuh luka dan darah hhhhhiwhiwihiwhiw :D

tapi kadang2 kan mas hehehe...kalau disetiap rumah tua ada penghuni dari dunia lainnya kasian orang yg tinggal disitu =D

boleh mbak, di sudut2 sana sudah kita pasang kamera...kalau nanti gak kuat lambaikan tangan ya :p

iya masih terlihat bagus dan kokoh ya rumahnya..

met siang mas. Hem aq jga mas suka dngn bngunan2 ymg jman dulu. Soalnya sdkit unik bgku.

apanya yg menyeramkan sob ?? rumah tuanya apa blog WS ini ??? hehehe

selamat siang juga mas brebes :)
iya ya mas bangunan2 jaman dulu itu memang terkesan unik dan kereeen =D

padahal rumah tua bisa dijadikan objek wisata loh Kang. tentunya harus dirawat dan dilestarikan sebagai cagar budaya ya...

bahan bangunan yang digunakan juga dari kayu pilihan

si cewek cantiknya punya senyum yang ngedap-edapi dan tawa yang renyah ya...

bangunan tua pasti selalu bernuansa klasik dan unik, misal beberapa gedung di Jogja yang merupakan peninggalan belanda. Sekarang sebagian dilestarikan menjadi museum...tapi tetep...nuansa seremnya itu loh yang nggak nahan..

dipusat kota sumedang masih sangat banyak rumah tua peninggalan jaman belanda, tapi sepertinya dinas pariwisatanya masih belom ngeh dengan kepentingan rumah bersejarah itu....bego kayanya isi dinasnya euy...bilangin saya gituh yang bilang ya!!

Kalau saya mah, melihat rumah tua teh suka merinding bulu kuduk, apalagi kalau melihat di acara televisi sering di tayangkan acara uji nyali, yang mana tempatnya di bangunan-bangunan tua, serem juga kang, tapi untuk menjaga peninggalan yeng bersejarah saya juga mendukung bagi para pelindung sejarah dengan menjaga rumah-rumah yang menjadi saksi perjuangan.

iya mbak jadi gak mudah rapuh dan keropos ya..

pokoknya bikin bulu kuduk merindiiiiiing hehe

wah mantap ya mbak kalau di jogja bangunan bangunan tuanya banyak banget, kadang suka bikin serasa kembali ke masa lampau...wah keren deh pokoknya jogja, karena memang WS suka sekali nuansa seperti itu hehe. Nah itulah salah satu daya tariknya =D

iya kang, sebagai salah satu saksi bisu perjalanan sejarah tentunya harus dilindungi kan ya :)

"bapak2 ibu2 di dinas ini akang cilembu bilang begitu loooh"

udah dibilangin kang :D

Klasik dan penuh mistik rumah tua nya kang..

kayak rumah orang tua saya di Cilacap, Kang. tua banget.

wah pasti nuansa rumahnya gimanaaaa gitu ya kang :)

Benar sekali mas,,, mengapa rumah tua bisa menarik perhatian siapa saja? krn rumah2 tua seperti itu memiliki keunikan tersendiri dan mengandung nilai seni yg tinggi.
nice share!

Rumah tua memang mempunyai nilai eksotis mas, seperti logdee atau loji rumah belanda jaman dulu yang masih banyak di surabaya.
kalau rumah tua model rumah adat di desa masih banyak mas

rumah tua memang jempol... itu siapa pemiliknya ya kang... kalau ditempat saya rumah tua udah jarang padahal pemiliknya sudah tua - tua, tapi rumahnya ndak disebut tua... kalau besi tua banyak kang eheheh

Rumahnya Keren Gan Pake Gaya Klasik Pasti Bagus Tuh Klo Misalnya Tuh Rumah Di jadiin Obyek Wisata :D

wah kalau rumah tua model rumah adat di dekat tempat tinggal WS sudah tidak ada sama sekali nampaknya mas...

wah WS juga ga tau siapa pemiliknya mang hhehe...
ABG tua sama besi tua di tempat WS sama2 banyak kayanya mang =D

tapi kalu rumah tuanya cuma 1 n terpisah-pisah mah kayanya rada nanggung juga sob

aku juga suka melihat rumah tua, terasa lebih asik. bisa menembus batas masa lalu rasanya.

wah ternyata hobi kita sama ya..? suka berburu foto jadul di KITLV gak..?

iya kang suka...keren2 ya futunya di KITLV
bisa di edit di tempat ya itu mah...

terima kasih sudah berkunjung sob...salam kenal juga :)

Fotonya pakai efek (gak warna-warni) jadi tambah serem mas :))

This comment has been removed by a blog administrator.

entah kenapa saya kalo punya rumah cita-citanya pengen kayak gitu :)

antik ya teh jadi keren rumahnya kalau model gitu (m)

emang bener sih gan .. kalo kita bisa ngeliyat rumah tua jaman koloni emang keren dan masih kokoh bangunannya ketimbang bangunan jaman sekarang

iya sob...bangunan2 jaman dulu emang kuat2 ya

klasik nih,peninggalan djaman doeloe haroes tetap dilestarikan

sayang ya sob kalau ga dilestarikan, bangunannya keren2

Maaf mas saya anak pemilik rumah diatas. Alhamdulilah walau keliatan tua tp g ada ko hantu y.. emang sih g dihuni.. cmn sekali2 aja kesana maklum sibuk...

Maaf mas saya anak pemilik rumah diatas. Alhamdulilah walau keliatan tua tp g ada ko hantu y.. emang sih g dihuni.. cmn sekali2 aja kesana maklum sibuk...

aduh maaf ya kang telah mendokumentasikan rumahnya tanpa izin :)
saya melakukannya karena tertarik dengan bentuk bangunannya yang sangat keren dan unik. Terima kasih kang telah mengklarifikasi bahwa akang adalah anak dari pemilik rumah ini dan menambah informasi kepada saya. Iya kang karena dipusat keramaian dan tampak rapi juga...sumedangnya tinggal dimana kang ?? Oh iya, rumah yang akang maksud milk ortu akang itu yang mana ya ?? yg gambar pertama atau yang kedua ??

Dari saya kecil sampai dewasa saya tinggal di rumah tua yg pertama,oleh warga sekitar lebih dikenal dengan sebutan "Rumah Asco" rumah ini cukup nyaman dan sy belum pernah melihat hal2 aneh di dlmnya. Sebagai info rumah tsb masih milik pribadi dan beralamatkan di jln.Pangeran Geusan Ulun No.150.

mmmm begitu ya teh ?? jadi pernah tinggal di rumah ini ya...kebetulan sekali, selama ini saya selalu bertanya-tanya tentang hal tersebut karena jujur saja dari dulu saya selalu tertarik dan mengagumi bangunan ini namun tidak tahu siapa pemiliknya dan siapa yang tinggal di tempat tersebut. Iya teh, terima kasih atas informasinya

Nama Pemilik rumah tersebut beliau adalah djaya praja..rumah tersebut selsai dibangun pada tahun 1914..dan pemilik meninggal pada tahun 1927..kosong berpuluh-puluh tahun..dan pada tahun 60 atau 70 an ditempati oleh alm kakek saya wd.sujana praja kurang lebih selama 16-18 tahun..dan skrg ditempati masih oleh kerabat juga kang agus pakpahan..trims


EmoticonEmoticon