Monday, 11 February 2013

Kelomang

Kelomang
Kelomang
Sobat, ingat zaman kita Sekolah Dasar ?? di sekitaran SD, pada jam-jam tertentu misalnya jam istirahat, biasanya banyak yang berdagang mulai dari makanan, mainan, bahkan sampai binatang peliharaan, salah satunya kelomang, yaitu binatang laut yang bisa hidup di darat dan bisa bersembunyi dalam rumahnya kalau ketakutan.

Kelomang atau orang Sunda biasanya menyebutnya "kumang" memang biasanya dijual pada anak-anak SD, admin yakin diantara sobat pasti ada yang pernah memeliharanya, bukan ? makanannya berupa mnetimun dan sayuran lain).

Sekarang, yang jual kelomang atau kumang ini makin kreatif, misalnya saja dengan menghias rumah (cangkang) kelomang tersebut dengan cara diwarnai dengan cat dan membuat rumah-rumahannya. Admin sendiri baru menjumpai lagi pedagang kelomang seperti di atas di Alun-alun Sumedang, tepatnya di dekat Monumen Lingga dimana pada hari-hari tertentu di tempat tersebut ramai oleh pedagang.

Lihat : Monumen Lingga

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

3 komentar

waktu kecil malah belum ada yang jual klomang di SD ku. sekarang mah paling anakku suka bawa dari sekolahnya, kreatif dan berseni banget sih kalau liat kandang dan klomangnya.

duh maaf kang klewat uy gtau ada koment disini :D
...iya ya kang skarang mah kreatif yang jual kumang teh, ada yang diwarnai sperti buah strobery dll...jang ngolo barudak mah gimana weee mren y caranya. ai pas jaman akang usum yang jual naon atuh di halaman SD, muncang nya ?? heheh


EmoticonEmoticon