Tugu Perbatasan #1 (Sumedang - Garut)

Tugu Perbatasan
Perbatasan Kabupaten Sumedang - Kabupaten Garut
Hujan baru saja reda ketika saya melewati tugu ini...Tugu perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Garut. Tugu ini terletak di Kecamatan Wado, yang berbatasan langsung dengan daerah Malangbong Kabupaten Garut dan jaraknya cukup dekat dengan Masjid Besar Wado di pusat Kecamatan Wado. Seperti terlihat dalam foto di atas sebuah mobil baru saja masuk daerah Kabupaten Garut. Jalur Wado - Malangbong ini biasanya digunakan sebagai jalur alternatif ketika musim mudik Lebaran tiba jika jalur Nagreg sudah mengalami kemacetan yang cukup parah.

Lihat : Masjid Besar Wado

Bagi sobat-sobat yang akan melewati jalur ini baik dari arah Sumedang menuju Garut ataupun sebaliknya sebaiknya lebih berhati-hati dan cek dahulu kebugaran kendaraan terutama rem, karena kontur jalan di daerah ini naik turun dan berkelok...ditambah lagi jika keadaan sedang hujan atau gerimis, jalanan pasti licin. Sobat pernah dengar atau baca berita tentang bus Maju Jaya yang masuk ke jurang di daerah Wado Sumedang ?? nah daerah tempat terjadinya kecelakaan tersebut tidak begitu jauh dari perbatasan ini, diduga kuat penyebab utama kecelakaan tersebut adalah karena rem blong, maka dari itu...sekali lagi, cek selalu keadaan rem kendaraan jika akan melewati atau menuju ke daerah ini.


About Jery Yanuarlan

Sesuai dengan filosofi asal kata Sumedang yaitu "Insun Medal Insun Madangan" yang kurang lebih mempunyai arti "Aku Dilahirkan Untuk Memberikan Penerangan", maka demikian juga dengan blog ini. Semoga tulisan-tulisan di blog ini bisa memberikan gambaran tentang banyak hal pada pembaca semua, tentang sebuah daerah yang pernah dijuluki sebagai Het Paradijs van Java, Kabupaten Sumedang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment