Thursday, 6 December 2012

Jatigede DAM Project

Waduk Jatigede
Salah Satu Daerah Bakal Genangan Waduk Jatigede
Salah satu daerah bakal genangan Waduk Jatigede ini sebenarnya merupakan foto arsip lama sekitar tahun 2010-an, pada waktu penelitian untuk keperluan menyusun skripsi di daerah genangan. Foto ini diambil dari arah Kecamatan Situraja. Bisa dibayangkan bahwa bukit-bukit yang kita lihat di foto akan ditenggelamkan ??  bahkan ini hanya sebagian kecil saja, ditempat-tempat bakal genangan yang lain banyak bukit yang dibom, dibor, dan lain sebagainya demi Pembangunan Waduk Jatigede.

Dari berbagai sumber banyak dikatakan bahwa begitu banyak kenekaragaman hayati yang belum terinventarisir dengan baik pada waktu itu, itu berarti bahwa secara otomatis banyak keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna yang akan hilang ditenggelamkan begitu saja di tempat ini, tanpa sempat tercatat dan terinventarisasi dengan baik jika memang tidak ada perbaikan dalam hal pencatatan kekayaan flora dan fauna tersebut.

Tapi, mudah-mudahan sekarang kendala dalam hal tersebut sudah bisa diatasi, dan anak cucu keturunan Sumedang nanti terutama yang asal daerah genangan bisa tahu daerah tempat tinggalnya dulu beserta kekayaan dan keindahan alam yang ada di dalamnya. Ditambah lagi kebanyakan daerah genangan yang akan ditenggelamkan adalah tanah leluhur Sumedang yang tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sumedang. Ssungguh sangat disayangka, di tempat ini begitu banyak situs bersejarah peninggalan masa Kerajaan Sumedang Larang, contohnya mungkin seperti Situs Karamat Inten yang dulu pernah saya ceritakan.

Lihat : Situs Karamat Inten

Waduk Jatigede
Pembangunan Waduk Jatigede
Foto diatas merupakan foto salah satu tahapan pembangunan Waduk Jatigede, yaitu pembuatan terowongan pengelak dan semua akses yang menuju padanya saat itu, bisa dilihat terowongan pengelak berada disamping kiri foto. Bisa kita bayangkan, dalam proses pembuatan terowongan pengelak tersebut  bukit dilubangi dengan menggunakan dinamit. Sayang, meski sekarang Waduk Jatigede sudah hampir selesai, menurut berita dampak sosial yang ditimbulkan akibat pembangunan Waduk Jatigede ini belum selesai seenuhnya sampai sekarang.

Sinohydro Corporation
Sinohydro Corporation
Sinohydro Corporation, sebuah perusahaan kontraktor asal China yang turut serta dalam mega proyek Pembangunan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang. Seperti yang telah banyak kita ketahui, proyek Waduk Jatigede adalah proyek yang pembangunannya cukup lama menggantung di Kabupaten Sumedang, bagaimana tidak, pembangunannya sudah digagas semenjak tahun 1963 dan sejak itu pula semua detil perencanaannya mulai disusun.

Pembebasan lahan yang diperlukan untuk membangun waduk tersebut kabarnya mulai dibebaskan pada kisaran tahun 1984-1986, dan kemudian setelah itu proyek tersebut seolah tenggelam dan tak jelas bagaimana kelanjutannya. Baru kemudian pada beberapa tahun kebelakang proyek ini dapat dilanjutkan kembali setelah ada investor dari China bersama WIKA (PT. Wijaya Karya) dan beberapa perusahaan lainnya bergabung dalam sebuah konsorsium guna melanjutkan pembangunan Waduk Jatigede. Dilihat dari rentang waktu tersebut, Waduk Jatigede ini bisa dibilang menjadi sebuah proyek waduk yang pembangunannya terlama di Indonesia, atau bahkan mungkin di dunia.

Pembangunan Waduk Jatigede awalnya ditargetkan rampung tahun 2012, namun karena satu dan lain hal diperkirakan proyek ini baru akan selesai pada tahun 2013 dan akan diresmikan pada awal tahun 2014 oleh Presiden Republik Indonesia. Kantor Sinohydro Corporation ini letaknya tepat berada dijalan menuju proyek Waduk Jatigede dari arah Kecamatan Jatigede, disini berkibar bendera Republik Indonesia, Republik Rakyat China, dan tentunya bendera perusahaan.

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

semoga jadi taman wisata yg menyenagkan waduk tersebut

amin mas...
mudah2an juga bisa bermanfaat banyak bagi masyarakat Sumedang dan luar Sumedang,
dan semoga permasalahan yang mengiringi pembangunan Waduk tersebut juga bisa cepat terselesaikan...
terima kasih mas


EmoticonEmoticon