Thursday, 1 November 2012

Terminal Ciakar Sumedang

Terminal Ciakar Sumedang
Terminal Ciakar Sumedang
Terminal Ciakar Sumedang, Terminal yang berada di jalan Prabu Gajah Agung dan berjarak tidak terlalu jauh dari Tugu Adipura ini melayani rute pemberangkatan ataupun transit orang maupun barang ke kota-kota besar seperti Depok, Jakarta, Bandung, dan Cirebon. Maka dari itu setiap musim mudik terminal ini selalu dipenuhi penumpang yang baru pulang dari perantauan ataupun calon penumpang yang mengantri untuk kembali ke kota tempatnya bekerja. Terminal ini dibangun pada tahun 1990-an dan selesai direnovasi kembali pada akhir tahun 2011 dengan kucuran dana dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar 3,4 miliar.

Seperti yang telah disebutkan tadi terminal ini ramai pada musim mudik, tapi pada hari-hari biasa terminal ini relatif sepi seperti yang bisa dilihat pada foto atau gambar diatas. Dari beberapa sumber yang admin baca disebutkan bahwa letak dari terminal ini kurang strategis, sangat jauh dari pusat-pusat keramaian seperi pasar dan lainnya. Namun demikian masalah ini tengah dicari solusinya oleh pemerintah setempat agar terminal ramai dan bisa lebih menguntungkan dari segi ekonomi bagi daerah.

Terminal ini berada di jalan Prabu Gajah Agung atau jalan By Pass, tidak begitu jauh dari Kantor Bupati Sumedang. Karena lokasinya yang katanya kurang strategis, bus ataupun kendaraan lainnya yang ngetem atau menunggu penumpang di tempat ini relatif sedikit dan bahkan tidak ada sama sekali diwaktu malam ataupun subuh, biasanya mereka menunggu di tempat-tempat lain yang lebih strategis dan banyak dilalui orang seperti di dekat Polres Sumedang atau dekat Taman Endog.

Lihat : Taman Endog, Pelajaran Dari Sebutir Telur

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

8 komentar

Endah pisan, meni resik

Ternyata ada yang comment dari tahun 2012 yang lalu..
Gagal maning pertamaxnya :)

hehehe maap kang...ini postingan lama malah ke share lagi...kepijit tombol share Google+ heheh :))

resik tur apik terminana kang...

terminalnya asyik ya mas,,, saya kalo singgah ke terminal cikarang ingin makan tahu sumedang panas sama cabe rawit, hehehe pasti asyik :-)

heee diterminal ini memang banyak yang jual tahu sumedang mbak...pas sekali :-)


EmoticonEmoticon