Friday, 28 June 2013

Kesenian Kuda Renggong

Kesenian Kuda Renggong
Para Petugas Sedang Mengatur Iring-iringan Kuda Renggong
Merujuk pada beberapa sumber, Kuda Renggong merupakan kesenian pertunjukan rakyat yang berasal dari desa Cikurubuk, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Kata Renggong dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata ronggeng yaitu kamonesan (keterampilan) cara berjalan kuda yang dilatih untuk seakan-akan menari mengikuti irama musik, jadi jika mendengar musik baik dari tabuhan kendang dan lainnya Kuda Renggong ini akan jalan berjingkrak-jingkrak seolah sedang menari, menarik bukan?

Kesenian Kuda Renggong
Salah Satu Peserta Lomba Kuda Renggong
Beberapa Waktu Lalu
Kesenian Kuda Renggong biasanya diadakan untuk syukuran anak yang telah dikhitan atau disunat, atau istilahnya dikariakeun. Anak tersebut akan diarak keliling kampung menyusuri jalan raya menaiki Kuda Renggong dengan diiringi musik dan rombongannya, dan kebanyakan dari mereka ikut menari mengikuti irama musik.

Biasanya penduduk yang rumahnya kebetulan dilewati oleh rombongan Kuda Renggong ini akan berbondong-bondong keluar untuk menonton. Dalam sebuah rombongan arak-arakan Kuda Renggong sendiri bervariasi jumlah Kuda Renggongnya, mulai dari 2, 4, atau sampai 8 ekor bahkan lebih, tergantung dari si empunya hajat (syukuran).

Admin sendiri dulu pernah naik Kuda Renggong, kalau tidak salah nama kudanya adalah "Lipur", dan si Lipur ini adalah seekor kuda yang jago silat, ya, silat sob! dia bisa berkelahi dengan manusia, dengan pawangnya tentunya, Kuda Silat ini merupakan variasi atraksi dari Kuda Renggong seperti yang pernah admin ceritakan di postingan berjudul Patung Kuda Silat.

Lihat : Patung Kuda Silat

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

105 komentar

horeee ...pertamax

wah ramai acaranya, baru tahu ada kuda renggong

indonesia memang sangat kaya dengan budaya yang unik indah dan bernilai nilai ...luarbiasa :-)

di pulau sumatera ada ni sobat, adik saya kemaren sunat , diarak pakai kuda, pakai pakaian jawa, keren deh kebudayaan indonesia. salut

wah kalau kesenian kuda renggong ini saya belum pernah melihat secara langsung sob.. cuma pernah lihat di tv saja hehhe

wah disini kemarin pertamax ditimbun mbak pas mau naik harga bbm hehe...
iya mbak, disini kalau ada Kuda Renggong pasti ramai :)

iya mas Hariyanto...mari kita lestarikan bersama :)

iya ya mas, kebudayaan Indonesia memang keren banget, bermacam-macam dan unik-unik...
wah Kuda Renggong sampai ke Sumatera juga mas ?? Alhamdulillah kalau begitu, jadi lega n bangga juga rasanya kalau kesenian asal Sumedang bisa sampai ke Sumatera :)
mudah2an masyarakat dan sahabat-sahabat di Sumatera menerima dan menyukainya, amin

WS juga kalau sekarang2 mah sudah mulai jarang lihat mas hehe...
sekarang rasanya memang semakin jarang lihat Kuda Renggong ini, apa karena bukan musim sunat kali ya hehehe

kuda renggong memang mantap

kesenian kuda renggong memang banyak diminati termasuk di daerah mamang juga, mudah mudahan dapat dilestarikan ya kang

si bungsu kalau liat kuda pasti pengen naek...padahal ayahnya mah paling takut naek kuda....ngga keren banget kan?!

wah di subang juga ada ya mang ??
amiiiin, semoga tetap lestari sampai akhir nanti :D

jah kenapa atuh bapanya mah bet takut ?? :D
tetap keren kok kang cilembu

oh iya, asyik nih. anak saya pernah melukis acara ini. cuma nggak persis sihh, tapi maksudnya acara ini. baru tau kalo namanya kuda renggong.

kalo saya bilang sih emang bapaknya kurang keren

Mirip di daerahku ada juga acara semacam ini kalau ada anak di khitankan ataupun telah lulus TPQ

kl aku bilang folback, gimanatuh?

salah satu kekayaan budaya indonesia yang harus dan wajib kita lestarikan...!!! tetap dijaga ya tradisi nya..!!!

#salam terhangat dari misterdhi

Kuda beneran ya yg di pakai ngrenggongnya kirain pakai kuda lumping.

Wah saya baru tahu kang ada kuda bisa nari...seru yah sepertinya kang

Sip banget dah kesenian daerah bisa lestari. Apa apgi ini kuda rongeng bahkan malah diambil orang itali jadi ikon produk mobil gitu..

Kang Zac : akang Cilembu, bukan WS yang bilang yaaaaa...

Mas Suratno : kalau bilang folback WS bakal bilang terima kasih folbacknya :D

iya kang, namanya Kuda Renggong, bukan nyai ronggeng ya hehe

wah ada juga ya mas kesenian yang seperti ini di daerah Mas Suratno ?? namanya apa mas ?? atau memang sama, Kuda Renggong ?

iya mas setuju, mari lestarikan :)

#salam hangat juga dari Wewengkon Sumedang

pastinya Kuda beneran dong mas cik awi :D

seru kang apalagi kalau naik, tapi harus disunat lagi kalau mau naik heheheh

ahaha bener ya mas, ada jadi ikon produk mobil :D

mau nganterin gelas kopi mas heheheh.. trmksih sob infonya aq juga suka sob sama kuda renggong apa lgi kuda liar heheheh

ya ada di sumatera, persis kayak gini, ada musiknya, tapi pakaian nya aja yang beda. muter2 keliling komplek, keren banget, wah pengen jadi anak kecil lagi. hihihi

baru tahu nih kesenian kuda renggong..makasih infonya semoga tetep berjalan dan dapat dilestarikan

contoh komentar spam itu gimana ya gan..saya kurang tahu hehe

iya mas, sama...pengen jadi anak kecil lagi biar bisa naik Kuda Renggong lagi...coz memang asik heheh. Kalau udah segede gini mah malu naiknya hahaha

wah iya tadi gelas kopi WS ketinggalan di mas Brebes ya sehabis nganterin kopi :D
wah kuda liar gimana naikinnya mas hehehe

Selamat sore gan.
Koment dikit gan, hehehhr
Kalau kuda renggong kudanya pintar jingkrak-jingkrak gan.
Kalau nyai ronggeng, pinter goyang gan.
Hehehhehe.

WS juga sama kurang tau sob :D
itu gambar yang ngelarang komentar spam cuma ikut2an aja sama kaya blog sobat2 kebanyakan hehehe

selamat sore mas, terima kasih sudah mampir untuk coment...
iya mas, soalnya kalau nyai ronggeng pinter jingkrak2 justru aneh ya mas hehehe

Saya malah baru lihat di blognya kang WS

Kalau musiknya diganti keroncong apa metal sekalian, kudanya mau nari gak kang WS ?

hadeuh jadi ingat dulu Kang waktu saya disunat dikariyakeun ku kuda renggong,saya masih ingat tuh sampai sekarang hahaha

walaupun musiknya dangdut,tetepwe joget kudana,malah tambah heboh kali yah hahaha

wah beneran mas ?? berarti misi WS memperkenalkan kebudayaan asal Sumedang berhasil dong heheh

wah ga tau mas kalau musik2 itu mah kudanya mau goyang apa engga hehehe...
tapi kalau dangdut mah masih mau goyang dia...

iya sama kang, asa wararaas nya hehehe...

belum pernah lihat mas,,,,, huhuhu,,
trimakasih dah berbagi,,,,

kan sekarang lihatnya mbak hehehe...
sama-sama :)

kalau di kampung saya di sebut jaran kecak. keren sekalai..

asyik tuh mas..kalo bisa liat acaranya langsung...keliat meriah dan ramai banget ya :)

kudanya joget yg bawa juga ikut joget...asssiikkk

nah iya mas, mungkin seperti itu keseniannya...
saya juga penasaran jaran kecak itu seperti apa dan gimana, soalnya sekilas mirip sekali dengan Kuda Renggong....

iya mas, biasanya ramai banget :)
karena yang dagang/jualan makanan ato minuman pasti banyak yang ngikut juga hehehe

terus yang ndak takut, bapaknya naik apa dong?

serrr serrrr dungplak dungplak *suara kendang maksudnya...

naik mobil pengangkut ubi cilembu pastinya mang hehe

betul tuh gan...bisa kelihatan Meriah + Rame

mbak iis pertamax..saya pertamina aja deh

Wah saya telat yah datengnya, udah bubar kuda renggongnya hehe...

Kesenian kuda renggong seperti ini harus semakin dilestarikan karena masih banyak masyarakat Indonesia masih asing dengan kesenian-kesenian seperti ini, semoga kesenian tradisonal bisa semakin berkembang :)

Mau disunaaaaat hehehehe....

wah iya mas rombongan Kuda Renggong nya baru aja bubar, telat sih mas Anthonie hehe

amiiin mas, semoga kesenian ini tetap lestari kedepannya :)

boleh mbak Barbie, tinggal hubungi dokter sunat heheh

beda ya sama reog yang gede?hihihi

amin juga mas... Btw saya udah follow back, makasih salam kenal dan sukses selalu :)

iya mas trimakasih follbacknya...salam kenal juga ya mas :)

This comment has been removed by the author.

eemmm...banyak juga adat2 dr negara jiran ni, yg KY rasa sedikit aneh dan unik

kudanya pada loyo, mslhnya suruh joget terus

kan udah dikasih jamu penambah stamina mbak hehehe

iya kak KY, malah banyak juga yang sepertinya diluar kendali manusia seperti kesurupan dan lain-lain

Contohnya komentar yang bikin kotor. Jorok sih dia biasanya setelah berkunjung menyisakan koran bekas, bungkus nasi, kulit jeruk, kulit pisang dan semacamnya yang bikin kotor gitu kayaknya.??

Harus jelas dulu yang dilukis kuda jantan atau betina, karena beda kuda beda namanya. Begitu kayaknya

oh jadi kalau kudanya kuda betina jadinya kuda ronggeng mungkin ya mas :D

secara sederhana mah mungkin artinya komentar yg ngotori blog kita ya mas musdjono...

wah makasih gan buat infonya :)

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon