Friday, 5 October 2012

Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur

Stasiun Gubeng
Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Ketika berkesempatan singgah di kota Surabaya, Wewengkon Sumedang berkesempatan mengunjungi Stasiun Gubeng, sebuah stasiun yang telah menjadi bangunan Cagar Budaya di kota Surabaya...karena bangunan Stasiun Gubeng ini merupakan bangunan Cagar Budaya, maka tentunya kita dilarang merusak, dan bahkan jika stasiun ini akan dibangun pun dilarang untuk mengubah bentuk aslinya, jika dilanggar maka tentunya akan mendapat hukuman pidana sesuai undang-undang. Kabarnya Stasiun Gubeng yang merupakan stasiun terbesar di Kota Surabaya ini dibangun dengan arsitektur lebih modern dan lebih luas pada tahun 1990-an, disisi timur rel KA, sedangkan pada waktu awal dibangunnya stasiun ini dibangun di sisi sebelah barat rel KA.

Stasiun Gubeng
Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur utama, di mana jalur 1 (paling barat) biasanya digunakan untuk pemberangkatan KA Ekonomi ke arah selatan, jalur 2 untuk kedatangan kereta dari arah selatan, jalur 3 dan 4 digunakan untuk tempat singgah KA Logawa, Sri Tanjung, dan Penataran Icon selama proses langsiran lokomotif dan sebagai jalur berjalan langsung untuk KA Barang, jalur 5 digunakan untuk kedatangan KA Mutiara Selatan dari Bandung dan juga sebagai jalur berjalan langsung untuk KA Barang dan jalur 6 (paling timur) digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan KA Bisnis dan eksekutif. Di bagian utara jalur 6 ada jalur yang bercabang menuju Balai Yasa (BY)/bengkel KA Surabaya Gubeng. Saya sampai ke Stasiun Gubeng dengan cara menaiki kereta api Mutiara Selatan ketika pelesiran ke Surabaya, tepatnya ketika akan berkunjung ke Monumen Kapal Selam.

Sumber Rujukan : http://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Surabaya_Gubeng

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

2 komentar

Stasiunnya terlihat bersih dan tertata rapi ya mas. Jadi nyaman sekali untuk dikunjungi :)
Bisa dijadikan contoh yang bagus untuk stasiun kereta di daerah yang lain :)

iya mbak, hanya sayang diemperannya banyak yang menginap atau bermalam, mungkin menunggu sanak saudara yang akan datang ke surabaya dari stasiun ini...

jadi kalau malam ya lumayan terlihat berantakan juga hehe, *menjadi saksi karena ikut bermalam di stasiun ini hehe. Tapi menjelang pagi sudah bersih lagi karena penjaga kebersihannya sigap membersihkan sampai stasiun ini kinclong kembali


EmoticonEmoticon