Monday, 1 October 2012

Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Ranu Klakah
Ranu Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Saat admin mengunjungi Kabupaten Lumajang, admin berkesempatan mengunjungi Ranu Klakah, Ranu Klakah ini merupakan salah satu ranu yang menjadi objek wisata di Kabupaten Lumajang. Ranu Klakah berada di Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berbentuk sebuah danau yang cukup luas, mungkin letaknya kira-kira sekitar 10 km di sebelah utara kota Lumajang.

Dari tempat ini jelas terlihat Gunung Lamongan yang nampak berdiri dengan begitu gagahnya...hanya sayang ketika berkunjung ke ranu Klakah ini cuaca agak mendung dan hampir hujan, jadi gunung Lamongannya tertutup awan. Suasana sekitar Ranu Klakah ini juga tidak kalah indahnya, disini banyak tumbuh pohon besar dan rindang yang membuat udara semakin sejuk.

Ranu Klakah ini dipergunakan sebagai tempat budidaya ikan konsumsi seperti ikan mujair dan ikan nila oleh masyarakat setempat. Menuju ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi cukup mudah karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Lumajang, tapi kalau dengan cara mengendarai kendaraan umum admin kurang tau rutenya . Oh ya, Kabupaten Lumajang sendiri terkenal dengan sebutan Kota Pisang, dan inilah salah satu Landmarknya yaitu patung petani pisang...

Patung Petani Pisang

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

10 komentar

Kalau sudah ngomongin LUMAJANG saya langsung ingat rekan Ceting saya dulu. Saat jaman jamannhya ngetren MiRC saya ada kawan ceting di daerah LUMAJang. Dia namanya Mas ROni. Sampai sekarang pun kami sering kontak kontakan via facebook. Dia sering menyebut LUMAJANG dengan JATIROTO Apa ya kira kira kaitannya LUMAJANG dengan JATIROTO? Apa LUMAJANG masih kondang dengan penghasil TEBU nya?

sekarang lumajang kondangnya disebut dengan kota pisang kang, tapi memang di lumajang ini buaaanyak sekali kebun tebu...saya pun disana melihat kebun tebu hampir di setiap tempat kecamatan/desa, jadi mungkin penghasil tebu juga selain kota pisang.

kalau jatiroto itu sudah perbatasan mau ke jember kang, kalau ndak salah jatiroto itu nama salah satu kecamatan di lumajang, saya kurang tau juga kenapa beliau selalu menyebut lumajang dengan jatiroto

Memang sih kang Lumajang terkenal dengan hasil dari tanaman pisangnya, dan ini merupakan salah satu yang menjadi andalan perkbunan bagi masyarakat daerah Lumajang, Jawa Timur.


Salam,

aku baru tahu nama Ranu Klakah , maklum jarang jalan-jalan. Maskot kota nya unik, pak tani dengan pisangnya.

iya kang, saya disana memang melihat banyak sekali tukang pisang, dan pisangnya pun besar-besar tidak seperti yang sering kita lihat pisang pada umumnya.

Salam,

WS juga baru tahu ketika berkunjung ke Lumajang ini mas :)

Sebenarnya ada maskotnya yg lain mas yaitu replika pisang buah andalan kabupaten lumajang, tempatnya ada di dekat alun-alun kota...tapi sayang saya tidak sempat mengabadikannya =))

wah saya kebetulan belum pernah ke lumajang mas. Paling-paling ke jawa timur yang sudah pernah ke kediri saja, itupun pas ikut kursus di kampung inggris hehe :D
tapi sepertinya menarik tempat ranu klakah ini. bisa dijadikan alternatif untuk mengisi liburan :)

hehe iya mbak lumayan menarik karena di dekat ranu klakah ini ada dua ranu lainnya sayang saya tidak sempat mengunjungi karena keburu hujan.

wah ke kampung inggris sepertinya menarik dan seru ya mbak, WS juga kepengen kesitu tapi belum kesampaian ;(

Main aja mas ke kampung inggris. 2 minggu disana atau 1 bulan sudah lumayan kok untuk mengenal bahasa inggris dan juga untuk jalan-jalan hehe :)

hehe iya ya mbak pastinya, lebih asik daripada kursus b.Inggris ya toh kmampuan yg dihasilkan sama :))

aamiin mudah2an suatu saat bisa main kesana :))


EmoticonEmoticon