Saturday, 6 October 2012

Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur

Monkasel
Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur
Ketika berkunjung ke kota Surabaya, selain singgah di Stasiun Gubeng admin juga sempat mengunjungi Monumen Kapal Selam atau sering disingkat Monkasel yang terletak di Jalan Pemuda, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya...tepat di pusat kota Surabaya bersebelahan dengan Plaza Surabaya...dilihat dari jauh dari sebrang jalan, saya sudah terkagum-kagum...maklum belum pernah lihat kapal selam.

Monkasel
Monumen Kapal Selam, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nah ini loh sob Monumen Kapal Selam tersebut jika dilihat dari dekat, keren kan ?? katanya Monumen Kapal Selam ini merupakan Monumen Kapal Selam terbesar di Asia dengan panjang 76,6 m dan lebar 6,30 m, jadi Monumen Kapal selam ini bukan replika, tapi merupakan kapal selam asli...monumen ini merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 yang dilibatkan dalam pertempuran di Laut Aru ketika Indonesia melawan pendudukan Belanda di Irian Barat.

Monumen Kapal Selam Wewengkon Sumedang Pelesiran
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Ketika masuk ke dalam ruangan kapal selam ini kita bisa lihat bagian demi bagian ruangannya, mulai dari ruangan tidur perwira, ruang kemudi, ruang torpedo, dan lain-lain...seperti foto ruang kemudi di atas, wah serasa mau perang...bagian-bagian di setiap ruangan di Monumen Kapal Selam ini masih lengkap dan tidak kurang sedikitpun.

Monkasel
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Nah kalau yang seperti foto diatas ini mungkin kita sudah sering lihat di film-film ya sob...untuk melihat ke atas air itu loh, tapi admin kurang tahu bagian ini apa namanya...kebetulan ketika masuk ke ruangan ini Guidenya tidak ikut mendampingi.

Monkasel
Salah Satu Ruangan di Monumen Kapal Selam
Gambar diatas adalah ruang torpedo haluan dengan dua buah torpedo...masuk ke ruangan demi ruangan di Monumen Kapal Selam ini bisa menambah pengetahuan kita tentang seluk beluk bagian-bagian dari sebuah kapal selam milik negara kita yang ikut berperan dalam rangkaian sejarah Indonesia, yang menjadi warisan tak ternilai bagi kita semuanya...

Berikut spesifikasi dari Kapal Selam KRI Pasopati 410
  • Panjang : 76,6 m
  • Lebar : 6,30 m
  • Kecepatan : 18.3 knot di atas permukaan, 13,6 knot di bawah permukaan
  • Berat penuh : 1.300 ton
  • Berat kosong : 1.050 ton
  • Kemampuan penemuan : 8.500 mil laut
  • Baterai : 224 unit
  • Bahan Bakar : Diesel
  • Persenjataan : 12 Torpedo Uap Gas
  • Panjang : 7 m
  • Baling-baling : 6 lubang
  • Awak kapal : 63 orang termasuk Komandan
  • KRI Pasopati memiliki jumlah 7 ruangan:
  • Ruang untuk haluan Torpedo, dipersenjatai dengan 4 torpedo propeller, juga bertindak sebagai penyimpanan untuk torpedo
  • Ruang Komandan, Ruang Makan, dan Ruang Kerja. Di bawah dek adalah Ruang untuk Baterai I
  • Jembatan utama dan Pusat Komando. Penyimpanan Makanan di bawah dek
  • Ruangan Awak Kapal, Dapur, dan penyimpanan untuk Baterai II di bawah dek
  • Ruangan Mesin Diesel dan Terminal Mesin
  • Kamar Mesin Listrik
  • Ruangan Torpedo untuk bagian buritan. Berisi dengan 2 buah Torpedo.
Bagaimana sob ?? tertarik untuk masuk ke dalam kapal selam ini dan mengetahui lebih jauh ?? kalau ada waktu luang coba saja kesini, dijamin menjadi sebuah pengalaman yang menarik.

Sumber Rujukan : monkasel.com

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

11 komentar

Kebetulan saya juga pernah melihat monumen kapal selam tersebut mas tapi di tivi, saat di liput getu hehe :D Memang sangat besar sekali kapal selam tersebut. Selain ada ruangan-rungan mesin, setir, ada juga ruang tidur lho. Tapi sempit banget ruangannya. Jadi penasaran saya ingin melihat kapal selam tersebut secara langsug dech hehe Tapi kapan nggak tahu hehe :)

iya mbak memang ada ruang tidur juga, tapi sayang sepertinya tidak ada MCK hehe...
kapan2 berkunjujng saja mbak, dijamin yahuuud deh :))

Salam Kang WS. Kunjungan sore di artikel Menarik tentang Monumen
Dan Kapal selam. yang saya belum tau aslinya, dengan menyimak
Artikel ini jadi sedikit tau, karena sangat lengkap pengetahuan Kang
Admin ini, sangat pandai menulis artikel yang Bermanfaat ini terima kasih
Kang WS atas artikelnya

Oh yah samapai Lupa ada Mbak Rin diatas
Apa kabar Mbak ? semoga Sobat semua dan Kang Admin
Baik-baik saja. salam blogging

terima kasih mas karrysta :)
WS gak tau banyak kok tentang monkasel ini, uraian diatas juga kan banyaknya nyontek dari rujukan sumber hehehe :))

salam mas karrysta

hehe iya tuh mbak ririn sepertinya marah karena sudah dicuekin mas karrysta :))

Terus terang saya salut dengan TNI yang telaten :-? dalam merawat persenjataan yang dimilikinya disamping juga prihatin dengan senjatanya yang sudah kuno [-( . Persenjataan model lama yang tetap terawat dengan baik. (h) Bersih, mengkilap, kuat, kokoh, dan masih berfungsi dengan baik. Semoga keberadaan Monumen Kapal Selam di Kota Pahlawan Surabaya ini dapat menarik minat kalangan generasi muda untuk mencintai bahari x-) dan berkarier di matra laut sebagai prajurit TNI-AL yang profesional :o . Salam cemerlang! :>)

iya ya mas semoga saja begitu...ini bisa jadi inspirasi bagi kaula muda untuk meneruskan jejak langkah para pahlawan yang tak gentar berada di kedalaman laut =p~

hehehe iya mas, memang begitu faktanya, banyak kendaraan tempur kita yang tertinggal dari negara-negara tetangga...tapi walaupun begitu katanya kekuatan tempur Indonesia juga mulai diperhitungkan dunia (k)

luar biasa pengetahuan mas WS. .
Pintar Membahana dah.

hee kan ada rujukannya mas lubis, dapet nyontek :)

ini baru wisata pendidikan
di monumen kapal selam yang besar
makasih infonya


EmoticonEmoticon