Saturday, 6 October 2012

Angkor Wat, Angkor, Kamboja

Angkor Wat
Angkor Wat
Siapa yang tak tahu dengan Angkor Wat, ia adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja yang dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia yang ada. Tapi sungguh sayang  ketika berkunjung tidak bisa masuk karena satu dan lain hal, tapi untungnya sempat mengabadikan salah satu sudutnya Angkor Wat ini, itupun hanya sedikit (tapi tak apa-apalah daripada tidak sama sekali), ya kira-kira  seperti diatas lah bentuk penampakan dari Angkor Wat ini.

Mengutip dari Wikipedia, katanya Angkor Wat ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12 dan pembangunannya memakan waktu selama 30 tahun, Angkor Wat  ini disahkan menjadi daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor karena memiliki ciri menara tengah tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat . Raja Suryavarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat Dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu.

Sebagaimana mitologi gunung Meru, kawasan kuil Angkor Wat dikelilingi oleh dinding dan terusan yang mewakili lautan dan gunung yang mengelilingi Dunia. Jalan masuk utama ke Angkor Wat yang sepanjang setengah kilometer dihiasi pagar susur pegangan tangan dan diapit oleh danau buatan manusia yang disebut sebagai Baray. Jalan masuk ke kuil Angkor Wat melalui pintu gerbang, mewakili jambatan pelangi yang menghubungkan antara alam dunia dengan alam dewa-dewa.

Angkor Wat berada dalam keadaan yang baik dibandingkan dengan kuil lain di dataran Angkor disebabkan Angkor Wat telah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara serta digunakan secara terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu  di Angkor pada abad ke-13. Kuil Angkor pernah dijajah oleh Siam  pada tahun 1431.

Nama modern Angkor Wat, berarti "Kuil Kota", Angkor adalah bentuk perubahan dari kata nokor yang berasal dari kata nagara dalam bahasa Sanskerta yang berarti ibu kota atau negara. wat adalah istilah dalam bahasa Khmer untuk kuil atau candi. Sebelumnya nama asli candi ini adalah Preah Pisnulok atau Vishnuloka (tempat dewa Wishnu bersemayam), berdasarkan nama anumerta raja pembangunnya, Suryawarman.

Sumber Rujukan : http://id.wikipedia.org/wiki/Angkor_Wat

Cinta itu katanya butuh bukti, jadi mungkin, blog ini semacam ekspresi cinta dari Admin dan generasi muda Sumedang lainnya; mencintai Sumedang dengan coba ikut memperkenalkan segala sesuatu tentangnya pada dunia.

12 komentar

izin mau duduk di sini boleh kan?

Abis dari kamboja ya Kang...??? hehehe, ajak dong sekali2 :))

wah barusan saya dari sebelah topiknya juga sama tentang candi angkor wat di kamboja hehe...
keren dan megah yah mas WS, saya juga pengen jalan-jalan ke sana mas :)

Keren si akang sudah ke Cambodia...
Bahasanya orang sono lucu kalo lagi ngomong, kayak gimana gitu..

yuk ah sob sekali-kali kita refreshing bareng2 :))

hee topiknya sama dengan blognya mbak Juragan Cipir ya mas eka :))
seperinya kita lagi sehati hehehe.

hayu mas kita kesana bareng2, janjian di monas ya ketemunya :)

sepertinya lidahnya belibet ya kang hehe...tapi itu sih kata kita, bahasa kita juga mungkin menurut mereka mah aneh hehe

sesama sahabat blogger memang harus selalu sehati ya mas, hehehe x-)

negara kita Indonesia ini sudah kalah yaa mas dengan Kamboja pada hal kita merdeka duluan dari kamboja :o


EmoticonEmoticon